Tzu Chi Peduli Pahlawan Lingkungan

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Tommy Sulianto (Tzu Chi Pekanbaru)
Di atas bukit sampah, para pemulung mencari sampah organik, sampah yang bisa didaur ulang, untuk menopang kehidupan mereka. Tindakan yang bisa mengurangi volume sampah.

Menyambut Natal dan tahun baru, Tzu Chi Pekanbaru membagikan paket sembako kepada 328 pemulung dan pekerja yang berada di Tempat Pembuangan Akhir Muara Fajar Pekanbaru pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Sejak pukul 09.30 WIB, relawan sudah tiba di lokasi dengan memasang tenda, dan menyusun paket bantuan yang berupa beras 10 kg, minyak 2 liter, gula 1 kg, roti gabin 1 bungkus, susu kental manis 1 kaleng, sirup 1 botol, dan DAAI Mie 4 bungkus.

Pembagian paket bantuan ini pun berlangsung dengan diawali doa dan sambutan dari Ketua Hu Ai Tzu Chi Pekanbaru, Mettayani, serta Kapolsek Rumbai AKP Linter Sihaloho SH,MH.

Relawan mengajak anak-anak yang ada di sana untuk belajar isyarat tangan lagu Satu Keluarga untuk menghibur semua orang yang ada di sana.


Sambutan dari Kapolsek Rumbai dan Ketua Hu Ai Tzu Chi Pekanbaru.


Para penerima bantuan juga mengungkapkan ketulusan mereka untuk membantu orang lain melalui donasi celengan bambu.

Dalam sambutannya, Mettayani berharap paket sembako ini bisa memberikan kebahagiaan dalam menyambut Natal. “Semoga ungkapan kasih yang akan kami salurkan kepada bapak ibu ini bisa menjadi satu kebahagiaan dalam menyambut hari raya Natal” sambutnya.

Para penerima juga diajak untuk menciptakan berkah dengan mendonasikan dana melalui celengan bambu yang disediakan. Terlihat tidak sedikit para penerima yang mendonasikan cinta kasih mereka. 

Kapolsek Rumbai AKP Linter Sihaloho SH,MH mengajak para penerima bantuan untuk tetap menjaga prokes dan juga mengapresiasi para pahlawan lingkungan.

“Bapak ibu sekalian merupakan bagian dari pahlawan lingkungan, Kami dari kepolisian sangat mengapresiasi kegiatan bapak-bapak ibu-ibu di sini. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan terus, bertambah banyak kasih yang diberikan kepada masyarakat,” sambutnya.

Penerima paket, Husmi Dewita (46) bersyukur dan merasa terharu karena diperhatikan oleh Tzu Chi.


Para penerima bantuan segera membawa pulang bantuan yang diberikan.

Sementara itu, sukacita dirasakan oleh para penerima paket sembako, seperti yang dituturkan oleh Husmi Dewita (46).
“Sebelumnya, orang bapak ibu sudah menyumbangkan, tambah lagi ini sebelum Natal, puji syukur sama Tuhan. Sungguh luar biasa, banyak manfaatnya di mana kita di sini diperhatikan sama orang-orang yang banyak rezekinya, puji syukur sama Tuhan,” ungkapnya.

 
Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kebersamaan Dalam Menyambut Natal di Panti Sahabat Baru

Kebersamaan Dalam Menyambut Natal di Panti Sahabat Baru

24 Desember 2015

Para opa dan oma yang tinggal di panti ini umumnya dalam keadaan sakit dan jauh dari keluarga. Sehingga kehadiran 28 orang relawan Tzu Chi di tempat itu tentunya sangat menyenangkan dan menghibur mereka.

Hadiah Natal untuk Agatta

Hadiah Natal untuk Agatta

22 Desember 2017

Lima hari menjelang Hari Natal, belasan relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur, Kelapa Gading bersiap menuju Jalan Enggano, Tanjung Priok. Para relawan melakukan Kunjungan Kasih sekaligus mengantarkan ranjang untuk pasien Agatta, seorang remaja yang merupakan salah satu umat gereja St. Fransiskus Xav

Bingkisan Natal untuk Pak Markus

Bingkisan Natal untuk Pak Markus

24 Desember 2019
Tzu Chi Lampung memberikan bingkisan bagi umat Kristiani di Lampung. Markus, penjaga gereja salah satunya. Pembagian paket dilaksanakan hari Kamis, 19 Desember 2019. Ada 200 paket yang dibagikan di 4 gereja, yakni Pentakosta Kedaton, Pentakosta Way Galih, Santo Petrus Panjang dan Ratu Damai Teluk Betung. 
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -