Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi di Kota Bandung

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Iday (kedua dari kiri), salah satu pemilik warung nasi yang dibantu pada program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi kali ini.

Meski saat ini angka kasus Covid-19 tengah menurun, namun tidak sedikit perekonomian masyarakat yang sudah kembali membaik. Berangkat dari keresahan ini Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung bergerak membantu para pedagang kecil melalui program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Dalam program ini Tzu Chi Bandung memesan nasi kotak vegetaris kepada warung nasi skala kecil dan kemudian membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian warung makan yang ditunjuk pun mendapatkan pemasukan.

Kulsum Kurniati, relawan di Xie Li Pagarsih tengah membantu Iday menyiapkan 30 nasi box.

Sejak tanggal 15 November 2021, relawan komunitas Pagarsih dan Dunguscariang melakukan kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi ini. Mereka memesan sebanyak 30 nasi box perhari di warung yang ada wilayah sekitar. Para penerima nasi ini yaitu warga kurang mampu, petugas keamanan, petugas kebersihan, tunawisma, pemulung, ojol, serta pedagang kecil yang ada di jalan raya.

Keakraban antara relawan dan pemilik warung nasi sangat terasa. Relawan membantu Sri Sunarti, salah satu pemilik warung nasi di Kelurahan Dunguscariang yang sudah membuka warung nasinya tidak kurang dari 10 tahun. Sri mengaku selama pandemi pendapatannya menurun karena kurangnya pelanggan yang makan di warungnya. Ia sangat senang warungnya dipilih dalam program ini sehingga pendapatannya bertambah dan warga sekitar lebih mengenal warungnya.

Sri Sunartih berfoto di depan warungnya yang ada di Kelurahan Dunguscariang.

"Sangat membantu menaikkan pendapatan. Sekarang saya bisa nambah modal lagi buat usaha dan jadi semangat lagi,” ungkapya senang.

Hal serupa diungkapkan Idah, pemilik warung nasi di Kelurahan Pagarsih. Ia mengaku senang warungnya dipilih dalam program ini dan menambah penghasilannya. Apalagi sang suami sudah tidak bekerja lagi karena lanjut usia.

“Terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi bisa membantu ekonomi keluarga saya,” lirihnya haru.

Relawan Tzu Chi di Xie Li Dunguscariang membawa nasi box yang siap dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Sementara itu sebelum program ini berjalan, para relawan juga membantu merapikan dan membersihkan warung nasi yang dibantu melalui program ini. Relawan antara lain membantu mencat ulang warung hingga mencuci peralatan masak.

“Karena kami lihat warung nasi ini identik kumuh, kotor jadi kami bantu berishkan. Selain itu kami juga sekaligus untuk mengenalkan masakan vegetarian yang mudah dan gampang dibuat,” kata Marlius, relawan Tzu Chi Bandung.

Dewi, warga sekitar yang menerima nasi box, sangat senang dengan adanya program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Program yang digalakkan mulai 15- 26 November 2021 ini dilakukan di dua kelurahan sebagai percontohan sebelum merambah ke tempat lain. Selain untuk membantu pedagang kecil juga membantu warga sekitar. Seperti Dewi (36), ibu yang mengandung anak keempat ini sangat terbantu dengan program ini. Suaminya yang dulu buruh konveksi sekarang beralih menjadi pengemudi ojek daring dengan penghasilan yang minim.  

"Terima kasih buat Tzu Chi untuk bingkisan nasi box nya, sangat bermaanfaat program seperti ini, membantu saya sekedar makan untuk kelurga saya. Semoga bisa terus menyebar dan merata bantuan seperti ini,” ungkapnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

27 September 2021

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur kembali bekerja sama dengan Yayasan Atmabrata untuk memberikan 300 kotak nasi hangat vegetarian kepada lansia, pemulung, dan warga kurang mampu di wilayah Cakung Drain Cilincing pada 19 Oktober 2021.

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

11 November 2021

Angka jumlah pasien Covid-19 saat ini sudah menurun jauh. Tetapi kondisi perekonomian masih belum kembali normal. Kondisi ini menjadi pertimbangan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk melanjutkan kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Sekotak Nasi Cinta Kasih

Sekotak Nasi Cinta Kasih

23 Desember 2021

Sabtu, 18 Desember 2021, Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung masih melaksanakan program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi. Sebanyak 200 Kotak nasi vegetarian di bagikan kepada pedagang kaki lima.

Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -