Ubah Semak jadi Taman Desa

Jurnalis : Ibnu Anjar Nuryahya, Yolanda Hamdes Putri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Sartono, Sulistyorini (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Relawan Dharma Wanita Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Xie Li Kalimantan Tengah 3) bersama ibu-ibu PKK Desa Terawan menanam tanaman buah di taman Desa Terawan.

Pada tahun 2023, perangkat Desa Terawan dibantu masyarakat bahu membahu mengubah area semak yang tak terawat menjadi taman desa secara bertahap. Lokasinya berada di bundaran jembatan Desa Terawan. Mendengar hal ini, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Xie Li Kalimantan Tengah 3) segera berkoordinasi dan membantu penghijauan di taman desa ini dengan mengirimkan 40 bibit tanaman buah dan 120 bibit tanaman kayu hias pucuk merah (Syzgium myrtifolium).

Pada Rabu, 27 Desember 2023 pukul 06:30 WIB, relawan Xie Li Kalteng 3 berangkat bersama ke taman Desa Terawan dengan membawa segala perlengkapan mulai dari cangkul, ember, gayung, dan bibit tanaman. Pada Jam 07.30 Relawan tiba di taman Desa Terawan dan langsung menurunkan bibit tanaman serta menyiapkan lokasi penanaman.

Anton Isworo, perwakilan relawan Xie Li Kalteng 3 menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan pihak desa untuk bisa berkontribusi dalam penghijauan taman  Desa Terawan. “Mudah-mudahan bantuan bibit tanaman buah dan tanaman hias ini bisa mempercantik taman desa di sini. Semoga taman ini bisa menjadi ruang hijau bagi desa dan jangan lupa untuk dirawat agar bisa dimanfaatkan untuk waktu yang lama,” ujarnya.

Bibit tanaman buah dan tanaman hias Pucuk Merah dipersiapkan oleh relawan Xie Li Kalimantan Tengah 3.

Kepala Desa Terawan, Wahyudinor juga menyampaikan terima kasih kepada relawan Xie Li Kalteng 3 yang mendukung penghijauan taman desanya. “Saya ucapkan terima kasih untuk semua bantuan yang sudah diberikan. Semoga bibit-bibit tanaman ini bisa memberi kesejukan di tanam ini. Semoga warga dan anak-anak juga makin betah bermain di taman ini,” ungkapnya.

Panas terik matahari hinga peluh keringat yang bercucuran tak menyurutkan tekad, antusias, dan semangat dari relawan, perangkat desa, tokoh masyarakat dan ibu-ibu PKK untuk dapat menyelesaikan penanaman semua bibit tanaman buah dan tanaman kayu hias. Selama kegiatan, senyuman dan interaksi yang positif antar relawan dan peserta baik dari jajaran pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu PKK menjadi wujud manfaat positif lainnya karena dapat menumbuhkembangkan cinta kasih setiap individu dan mempererat rasa persaudaraan serta kekeluargaan.

Hingga pada akhirnya tepat pukul 11.00 WIB, sebanyak 40 bibit tanaman buah dan 120 bibit tanaman kayu hias pucuk merah telah selesai ditanam di Taman Desa Terawan. Risa Nofriyana, salah satu anggota ibu-ibu PKK menuturkan bahwa dirinya merasa senang bisa ikut kegiatan penanaman ini karena bisa bersumbangsih melestarikan lingkungan dan senang bisa bercengkrama dengan ibu-ibu Dharma Wanita Tzu Chi Cabang Siar Mas.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Xie Li Kalimantan Tengah 3) berfoto bersama dengan tokoh masyarakat, Pemdes, dan ibu PKK Desa Terawan.

Sementara itu, Arni, salah satu tokoh masyarakat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Tzu Chi Cabang Sinar Mas khususnya relawan Xie Li Kalteng 3 telah melaksanakan kegiatan yang sangat positif ini dan akan mengajak warga Desa Terawan untuk menjaga tanaman yang telah ditanam agar nantinya bisa berbuah dan bermanfaat bagi siapapun serta tanaman kayu hias bisa membuat taman desa ini terlihat semakin indah dan asri.

Tak lama setelah penanaman selesai, relawan pamit untuk pulang. Selanjutnya tim pun bersama-sama berkendara dari Desa Terawan menuju unit masing-masing. Kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan cinta kasih setiap individu, mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan, serta dapat mewujudkan rasa syukur yang nyata dalam membalas anugerah budi baik bumi melalui pelestarian lingkungan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membalas Budi Baik Bumi melalui Tanam Pohon

Membalas Budi Baik Bumi melalui Tanam Pohon

21 November 2018
Pada 7 November 2018, relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah Kalimantan Tengah 1 khususnya yang berada di sekitar wilayah Desa Derangga, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berkumpul di SMP Eka Tjipta Foundation Tasik Mas.
Menebar Benih Baik, Menghargai Sumber Daya Alam

Menebar Benih Baik, Menghargai Sumber Daya Alam

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 1 membantu penghijauan SDN 2 Derangga dan SMPN Satu Atap dengan menanam pohon buah dan pohon peneduh.

Aksi Tanam Pohon DAAI TV Medan

Aksi Tanam Pohon DAAI TV Medan

27 Januari 2022

Mengawali tahun 2022, seluruh jurnalis, staf DAAI TV Medan dan juga relawan Tzu Chi melakukan aksi tanam pohon di kawasan wisata Central Park Zoo & Resort di Pancur Batu Deli Serdang, Sabtu 15 Januari 2022.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -