Uluran Kasih untuk Warga Kampung Sidoharjo

Jurnalis : Donny G. Picauly (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Hasto Amansyurizki (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan melihat sebagian atap rumah warga yang terbawa angin puting beliung yang melanda warga Kampung Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

"Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Minggu 15 Januari 2023 merupakan hari yang cerah di Kampung Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Seperti hari-hari yang lain, aktivitas warga berjalan normal. Ada yang membuka toko, ada juga yang pergi ke ladang. Namun selepas siang, tiba-tiba hujan turun sangat deras disertai angin puting beliung. Akibatnya banyak atap rumah warga yang hancur. Pohon juga banyak yang tumbang.

Keesokan harinya, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Lampung yang juga merasakan hujan dan angin puting beliung tersebut mendapat kabar jika banyak rumah yang rusak di Kampung Sidoharjo. Ketua Xie Li Lampung Humala Sinaga segera membuat tim untuk melakukan survei dan koordinasi dengan Tzu Chi Pusat. Di saat bersamaan juga dilakukan penggalangan dana di lingkungan perusahaan, baik yang berada di kantor maupun di kebun.

Humala Sinaga (kiri), Ketua Xie Li Lampung ikut berdonasi untuk meringankan beban warga Kampung Sidoharjo.

Tim survei yang terdiri dari Sarmudi, Toha, dan Donny segera melakukan kordinasi dengan kepala kampung dan kepala camat untuk melakukan survei lapangan yang didampingi pihak Polsek dan TNI setempat. Dari hasil survei tersebut didapati 78 rumah warga yang terdampak angin puting beliung dengan skala kerusakan ringan hingga sedang. Saat melakukan survei relawan juga ikut segera membantu dalam perbaikan sementara untuk mencegah rusaknya atap rumah dikarenakan pada siang harinya hujan turun kembali dengan sangat deras.

Relawan bergotong royong membagikan paket sembako kepada para korban yang dilakukan dari rumah ke rumah, 18 Januari 2023. Sementara itu, donasi yang terkumpul disalurkan kepada 22 keluarga yang berdampak cukup parah dan kurang mampu sehingga dapat meringankan beban biaya mereka dalam perbaikan rumah mereka.

Pekerja yang berada di kebun juga ikut berdonasi.

Relawan bergotong royong membagikan paket sembako kepada para korban yang dilakukan dari rumah ke rumah.

Bantuan yang diberikan relawan sangat dibutuhkan warga. Imam Muchtar, salah satu warga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan relawan. “Terima kasih Pak yang sudah mau membantu kami dan warga lainnya. Responnya sangat cepat. Bapak-bapak semua mau datang membantu perbaikan sementara genteng dan atap rumah kami yang terbawa puting beliung. Sekarang bapak-bapak juga memberikan kami sembako yang jelas kami perlukan. Terima kasih sekali,” ujar Imam Muchtar, warga Kampung Sidoharjo.

Kebahagiaan dalam memberikan bantuan dirasakan para relawan. Salah satunya Tatok Gito Wibowo. “Terima kasih bapak ibu semua yang sudah mau menerima bantuan dari kami. Mungkin nilai yang kami berikan tidak sebanding dengan apa yang bapak ibu rasakan, tetapi kami berharap dapat meringankan penderitaan yang bapak ibu rasakan saat ini. Semoga jalinan jodoh kita tetap terjalin,” tuturnya.

Penyerahan bantuan paket sembako untuk warga Kampung Sidoharjo.

Relawan juga berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga Kampung Sidoharjo yang tertimpa musibah angin puting beliung dan warga bisa segera bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Peduli Kelud: Bantuan Darurat untuk Pengungsi

Peduli Kelud: Bantuan Darurat untuk Pengungsi

17 Februari 2014

Bencana alam tak dapat seorang pun bisa menduga dan meramalkan kapan datang terjadinya, dan tiada kekuatan di alam ini yang dapat menahannya.

Saling Bersinergi Membangun Kembali Kota Palu

Saling Bersinergi Membangun Kembali Kota Palu

06 Desember 2018

Sejumlah organisasi filantropi hadir dalam focus group discussion (FGD) yang membahas percepatan pembangunan hunian tetap bagi warga korban tsunami dan gempa Palu. FGD yang digelar di Ambhara Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018 ini diinisiasi oleh Ditjen Cipta Karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Banjir Manado: Para Pahlawan Hati

Banjir Manado: Para Pahlawan Hati

14 Februari 2014 Kalimat di atas adalah kutipan lirik lagu “Satu Keluarga” yang sudah sangat sering kita dengar di Tzu Chi, tetapi baru kali ini benar-benar saya rasakan keindahannya.
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -