Usia Senja Bukan Halangan Untuk Bersumbangsih

Jurnalis : Shelfi (He Qi Utara 1) , Fotografer : Joelianto, Marianie, Shelfi (He Qi Utara 1)

Donor darah telah menjadi agenda rutin bagi sebagian masyarakat baik di kota besar maupun di kota kecil.

Donor darah telah menjadi kebiasaan hidup sehat di masyarakat. Tzu Chi pun tidak mau ketinggalan untuk mendukung program hidup sehat tersebut. Seperti donor darah yang diadakan di Tzu Chi Center, Lobby Utama Lantai 1, Minggu 30 April 2023 dan di Tzu Chi Hospital pada Sabtu 20 Mei 2023.

Pagi itu terlihat kesibukan 36 relawan yang mulai melakukan persiapan, dari pendaftaran, skrining awal, alur, konsumsi, penuangan celengan bambu, hingga pendampingan. Acara dimulai pukul 08.00-13.30. Para calon donor mulai mengantre untuk melakukan registrasi ulang, mereka begitu antusias padahal masih dalam masa liburan. Barisan donor yang antre ini, semua kalangan ada dari yang muda hingga yang berusia lanjut.

Persiapan tim relawan seksi konsumsi menyiapkan roti dan kacang hijau untuk diberikan kepada donor yang belum sarapan dalam donor darah.

Nainai saat gagal mendonorkan darahnya, karena kurang sepekan dari waktu yang ditetapkan yaitu harusnya tanggal 6 Mei, tapi ia tetap semangat untuk donor dan tidak  putus asa.

Seperti Ibu Dewi Intan Surya Asih yang akrab dipanggil Nainai walaupun sudah berusia 70 tahun beliau sadar akan pentingnya melakukan donor darah. Beliau juga rutin melakukan donor darah dari usia 40 tahun setiap 3 bulan sekali.

”Sebetulnya donor darah itu menolong diri sendiri loh, ya soalnya kita donor darah tuh menolong orang lain tapi akhirnya juga menolong kita sendiri karena sirkulasi darah kita mendapat darah baru. Jadi sebetulnya kalau anak muda mau berdonor darah yang beruntung dia sendiri sebetulnya kalau mereka mau. Saya sangat bersemangat donor darah selagi masih memiliki umur saya ingin terus bersumbangsih”. Tetapi sayangnya Nainai gagal melakukan donor, dikarenakan kurang sepekan dari waktu yang ditetapkan yaitu harusnya 6 Mei, tapi beliau tetap bersemangat untuk donor dan tidak  putus asa.

 
Nainai bergembira karena lolos uji tes sehingga akhirnya bisa donor darah.

Meskipun sudah berusia senja tidak menjadi halangan bagi kita jika ingin melakukan donor darah asalkan memenuhi syarat. Berikut syarat-syaratnya dikemukakan oleh Rima Monica bagian Teknologi Bank Darah dari PMI Cabang Kota Tangerang.

“Pertama sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2015 No.91 tertulis bahwa yang berusia 60 tahun keatas tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya jika belum pernah sama sekali. Kalau sudah sering diperbolehkan melakukan donor dengan durasi 6 bulan sekali alasannya yang sudah sering itu artinya sudah ada track record kesehatan sebelum-sebelumnya, sudah sering donor. HB nya ternyata normal dan tensinya bagus maka masih bisa melanjutkan donor. Karena lansia yang belum pernah sama sekali melakukan donor darah dikhawatirkan metaboliknya sudah menurun, HB rendah dan tensinya turun. Bagi pendonor diusia aktif dapat melakukan donor darah 2 bulan sekali,” jelasnya.

Para donor begitu antusias menyumbangkan darahnya. Donor darah ini digelar di lobby utama Aula Jing Si.

Masih di area Tzu Chi Center, Sabtu pagi, 20 Mei, Tzu Chi Hospital mengadakan donor darah di Ruang Onkologi Lt.6. Para calon donor sangat antusias termasuk Nainai yang tidak mau menyia-nyiakan kesempatan kali ini. Nainai dengan penuh semangat kembali mendaftarkan diri untuk donor darah. Kerja keras pasti membuahkan hasil.

“Senang bisa membantu orang, sudah mendapat berkah, kita sendiri malah dapat sehat .” Dengan senyum berseri-seri, bahagia terpancar di wajah Nainai yang kali ini berhasil mendonorkan darahnya.

Budi ikut merasa haru dan bangga melihat tekad dan semangat Nainai yang sudah lanjut usia tapi masih semangat mendonorkan darahnya.

Budi, 39 tahun, karyawan Swasta, ketika melihat Nainai yang sudah berusia lanjut masih bisa donor darah terbangkitkan hasrat keinginannya untuk mengikuti jejak Nainai ingin menyumbangkan darah hingga sampai nanti lanjut usia  ”Saya juga mau kayak Nainai tadi, saya juga mau deh kalau bisa tiap bulan bisa donor.”

Peserta yang telah selesai melakukan donor darah pulang dengan membawa goodie bag yang telah disiapkan oleh PMI. Antusiasnya pendonor sangat besar, dan mulai tumbuh kesadaran bersumbangsih, sehingga bisa memenuhi target yang diminta oleh pihak PMI. Wawasan bertambah lagi yang mana kebanyakan anggapan orang umum berpikir bahwa hanya usia aktif yang dapat melakukan donor darah, namun nyatanya asalkan memenuhi kriteria, lansia pun dapat memiliki kesempatan menyumbangkan darahnya, bukan sekedar menolong sesama yang membutuhkan tapi membuka kesempatan diri sendiri menciptakan jalinan jodoh baik.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

"Niat Baik Berdonor Darah di Tengah Wabah"

28 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Xie Li Lampung melaksanakan kegiatan donor darah dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Untuk menghindari antrian yang menyebabkan pendonor berkerumun, relawan melakukan pengaturan kedatangan pendonor menjadi 5 sesi. Jumlah pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya adalah sebanyak 75 orang.

Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

17 Mei 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan RSUP Fatmawati kembali mengadakan bakti sosial donor darah di Trade Mall Seasons City pada 7 Mei 2023. 

Berdonasi Melalui Tetesan Darah

Berdonasi Melalui Tetesan Darah

26 Februari 2018
Adalah Edi Resman, karyawan Sinar Mas yang selalu semangat serta aktif membantu relawan Tzu Chi Sinarmas menggelar donor darah di Sinar Mas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat. Pria berusia 41 tahun ini dengan sigap mengatur mulai dari ruangan, kursi, hingga alat dan perlengkapan donor darah. Kehadirannya sangat membantu relawan.
Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -