Setetes Darah, Ungkapan Cinta Kasih

Jurnalis : Indah Puspita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Indah Puspita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Antusiasme karyawan dan rekanan untuk mengikuti donor darah di Employee Facility Sinar Mas Downstream Lampung.

“Seandainya kita dibutuhkan dan dapat menyumbangkan sesuatu bagi orang lain adalah kehidupan yang paling berbahagia”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Donor darah kembali digelar relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung. Ini adalah donor darah yang ke-3, setelah sebelumnya dilakukan pada Februari dan Mei 2022. Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan 100 tahun semangat #pantangmenyerah pendiri Sinar Mas Grup, Bapak Eka Tjipta Widjaja.

Meski pandemi Covid-19 sudah mulai menurun, kegiatan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Donor darah ini digelar dua hari; pada 10 Agustus 2022 di Employee Facility Sinarmas Downstream Lampung yang berhasil mengumpulkan 71 kantong darah. Dan pada Sabtu, 13 Agustus 2022, relawan memfasilitasi antusiasme warga Desa Rangai Tri Tunggal yang sudah terbiasa berdonor. Acara yang digelar di halaman PAUD SIP Bahari ini berhasil menghimbun 40 kantong darah. Sehingga total kantong darah yang berhasil dihimpun sebanyak 111 kantong darah.

Relawan membantu mengarahkan karyawan yang ingin donor dalam mengisi formulir pendaftaran.

Sebanyak 111 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam donor darah yang dilakukan di Employee Facility Sinar Mas Downstream Lampung dan Paud SIP Bahari Desa Rangai Tri Tunggal, Lampung.

Indah menjelaskan, donor darah merupakan kegiatan rutin di lingkungan Sinar Mas Downstream Lampung, yang juga telah tertuang dalam Dokumen Komitmen Bersama dan Dukungan terhadap kegiatan Donor Darah PMI yang ditandatangani Gubernur Provinsi Lampung. Pada momen peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada bulan Juni 2022, Sinar Mas Downstream Lampung/ Tzu Chi Sinar Mas Xie Li DS Lampung mendapat penghargaan dari PMI Provinsi Lampung sebagai salah satu dari lima kelompok donor darah terbaik tahun 2022. Piagam penghargaan ini ditandatangani dan diserahkan langsung oleh Ibu Riana Sari Arinal, istri Gubernur Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Provinsi Lampung.

Donor darah di Paud SIP Bahari Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.

Sementara itu, Dedy Humaidi staf Desa Desa Rangai Tri Tunggal yang mewakili kepala desa mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Sinar Mas Downstream Lampung baik Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung maupun CSR, karena sudah mengajak dan melibatkan warganya melaksanakan aksi kemanusiaan yang penuh cinta kasih. Ia menambahkan, bahwa kini masyarakatnya sudah mulai sadar betapa bermanfaatnya donor darah bagi penerima darah ataupun pendonor.

“Saya juga ikut bangga ternyata beberapa ibu-ibu warga kami sudah menjadi relawan Dharma Wanita Tzu Chi Xie Li Downstream Lampung.

Relawan memberikan suvenir kepada warga setelah melakukan donor darah.

Di akhir acara, Uji, koordinator PMI Provinsi Lampung yang hadir pada kegiatan donor darah di Desa Rangai Tri Tunggal mengapresiasi semua relawan.

“Terima kasih atas semua kebaikan dan kesempatannya sehingga kami bisa menjangkau desa ini untuk membuat kegiatan donor darah,” ujarnya.

Sementara Abi Yadi dari Dusun Mataram, Desa Rangai Tri Tunggal yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah difasilitasi oleh relawan sehingga bisa dengan mudah berbagi kebaikan melalui kegiatan donor darah.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mengajak Pengunjung Mall Berdonor Darah

Mengajak Pengunjung Mall Berdonor Darah

15 Juli 2016
Relawan Tzu Chi Pekanbaru membantu PMI Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi donor darah kepada pengunjung pusat perbelanjaan.
Donor Darah dan Menggalang Hati

Donor Darah dan Menggalang Hati

26 Mei 2015
“Dengan donor darah yang kita lakukan dapat menyelamatkan nyawa seorang ibu, berarti kita telah menyelamatkan sebuah keluarga, dan berharap ke depannya Yayasan Buddha Tzu Chi Jambi juga dapat melakukan donor darah ini secara berkala dan akan sangat kami dukung.”
Donor Darah di Bulan Ramadan Penuh Berkah

Donor Darah di Bulan Ramadan Penuh Berkah

17 April 2023

Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kota Palembang. Donor darah kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Meski begitu, donor darah berjalan baik dan banyak calon peserta yang mendaftar.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -