Wujud Cinta Kasih, Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Berbagi Takjil

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Asriani, Kennardy, Kennedi, Hendri, Flemming, Mulyady, Gunarny (Tzu Chi Pekanbaru)

Muda-Mudi mengemas takjil dengan penuh cinta kasih.

Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru membagikan takjil sebagai bentuk cinta kasih mereka kepada saudara-saudari muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, Minggu 17 Maret 2024. Sebanyak 55  Muda-Mudi dibantu tujuh relawan Tzu Chi membagikan 866 paket takjil kepada masyarakat yang lewat di sekitar Kantor Tzu Chi Pekanbaru.

Takjil yang dibagikan ini bukan hanya merupakan bentuk cinta kasih muda-mudi, melainkan juga cinta kasih dari para donatur yang menyumbangkan berbagai jenis makanan untuk dibagikan. Sebanyak 60 donatur bersumbangsih dan menyiapkan berbagai menu gorengan, kue basah, mi goreng, donat, dan roti.

Sejak siang hari, muda-mudi menyiapkan-paket takjil dengan penuh semangat. Walaupun ada beberapa yang tengah berpuasa, mereka tetap semangat mengemas makanan.

Elpi Sukaisi membagikan takjil ke masyarakat dengan gembira.

“Sayasenang karena bisa berbagi sama orang-orang sekitar apalagi ini bulan suci Ramadan. Bulan puasa kita cari berkah juga, sebenarnya enggak harus bulan puasa, hari-hari biasa pun bisa. Cuma ada keistimewaannya sendiri,  lebih terasa kebersamaannya karena kami dari agama yang berbeda dan punya toleransi tinggi,” ujar Elpi Sukaisi, muda-mudi yang tengah menunaikan ibadah puasa.

Slogan ‘Satu Takjil, Satu Keluarga, Indahnya Kebaikan di Bulan Ramadan’ muda-mudi gaungkan dalam pembagian takjil ini. Slogan ini bertujuan untuk meminta masyarakat mengambil takjil secukupnya, agar yang lain tetap kebagian. Takjil dibagikan dengan sistem drive thru, siapa yang lewat di sekitar Kantor Tzu Chi Pekanbaru dapat mampir dengan kendaraan mereka. Muda-mudi membagikan takjil sembari mengucapkan Gan En, karena masyarakat telah memberi kesempatan kepada mereka untuk menciptakan berkah melalui pembagian takjil.

“Sangat membantu buat masyarakat yang di jalan menunggu berbuka. Karena kalau untuk pulang kan memang tidak terkejar lagi waktunya setelah mencari rezeki untuk keluarga,” kata Doddy, salah satu pengemudi ojek online.

Muda-mudi berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberi kesempatan untuk berbuat baik.

Walau hujan turun di tengah pembagian takjil, semangat muda-mudi tidak surut. Dengan saling berpayungan dan mengenakan jas hujan, muda-mudi tetap membagikan takjil dengan penuh senyuman kepada masyarakat yang terus berdatangan.

“Sangat senang sekali, bahagia dapat untuk berbuka, Alhamdulillah. Ini sangat baik, bertoleransi dalam beragama,” kata Dewiyana, warga sekitar yang menerima takjil.

Muda-mudi juga membagikan paket takjil kepada para polisi yang telah membantu mereka, juga kepada para tahanan Polsek Sukajadi. Muda-mudi kemudian menutup berbagi takjil ini dengan acara buka puasa bersama yang merupakan bentuk cinta kasih dari 13 relawan tim konsumsi Tzu Chi Pekanbaru.

Usai membagikan takjil, Muda-mudi lanjut berbuka puasa bersama.

“Dari kegiatan kali ini, hal yang didapat adalah kebersamaan, kerja sama tim. Dengan kita berbagi ini, InsyaAllah takjil dari kita itu bermanfaat,” kata Minaty Julia, relawan yang turut serta membagi takjil.

Dari pembagian takjil ini, muda-mudi dapat menciptakan berkah dengan berbagi kepada masyarakat, sekaligus mencerminkan indahnya toleransi di bulan Ramadan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi di Bulan Ramadan dengan Pembagian 500 Paket Takjil

Berbagi di Bulan Ramadan dengan Pembagian 500 Paket Takjil

31 Maret 2023

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 2023, Tzu Ching Makassar menggelar kegiatan berbagi Takjil (makanan untuk berbuka puasa). Ada 500 buah paket takjil yang disediakan bagi para pengemudi ojek online, supir angkot, dan warga lainnya.

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

Berbagi 1.000 Paket Takjil Menjelang Berbuka Puasa

27 April 2022

Menjelang waktu berbuka puasa, Perkumpulan Muda-Mudi Mahasiswa Tzu Chi Indonesia (Tzu Ching Indonesia), bersama insan Tzu Chi He Qi Timur membagikan 1.000 paket takjil, Minggu, 24 April 2022.

Wujud Cinta Kasih, Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Berbagi Takjil

Wujud Cinta Kasih, Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Berbagi Takjil

02 April 2024

Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru membagikan takjil sebagai bentuk cinta kasih mereka kepada saudara-saudari muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -