Master Menjawab

Master Menjawab: Bagaimana Melapangkan Hati?

29 September 2017
Ada seorang relawan Tzu Chi yang bertanya kepada Master Cheng Yen: Master mengatakan bahwa hati kita harus lapang, karena itu saya setiap hari menempatkan Master di dalam hati agar setiap menghadapi masalah saya tetap berlapang hati dan berpengertian.

Selalu Merasa Kurang Baik dalam Melakukan Sesuatu?

06 Januari 2017
Ada yang bertanya kepada Master Cheng Yen: Saya sering merasa kalau apa yang telah saya lakukan masih kurang baik dan kurang banyak?

Bagaimana mengendalikan emosi?

16 Oktober 2016
Sebuah cangkir yang gompal, jika kita tidak terlalu berfokus pada bagian yang gompal itu maka cangkir tersebut akan tetap terlihat bulat.  Jika kita senantiasa bersyukur, rasa amarah yang timbul sebelumnya akan segera tergantikan oleh rasa penuh rasa syukur ini. Rasa emosi pun juga akan surut dengan sendirinya.

Apakah Bermanfaat Berbagi Kasih Kepada Murid-Murid?

21 Maret 2016
Karena Tzu Chi adalah organisasi yang penuh cinta kasih, tiap orang dapat memberikannya tanpa syarat dan menjadikan para murid bisa merasakan kasih sayang. Di masa mendatang, mereka akan berterima kasih dan berbalik mengasihi orang lain.

Cara Menggerakkan Relawan Memberikan Bantuan Bencana

11 Juni 2014
Karena tujuan dan filosofi semua orang adalah satu, dengan sendirinya semua orang akan melangkah pada satu jalur yang sama dan setiap orang bersumbangsih atas inisiatif sendiri.

Bagaimana Cara Menenangkan Hati?

11 Juni 2014
Anda harus senantiasa menyimpan niat untuk berbuat hal yang bermanfaat bagi orang lain dan menciptakan berkah bagi semua makhluk.

Dapatkah Membina Diri Hanya Dengan Membaca Sutra?

24 Februari 2014
 Dalam kehidupan, kita jangan hanya sibuk mencari nama dan keuntungan saja, juga jangan dirisaukan oleh masalah hidup dan mati.

Pembinaan Diri Dinamis

24 Februari 2014
Sekarang saya mencoba memahami akan kebenaran, kebajikan dan keindahan dari dunia di dalam lingkungan yang dinamis. 

Bagaimana Memilih Antara Pekerjaan dan Misi?

24 Februari 2014
Tzu Chi adalah misi, misi berarti harus dilakukan dengan hati penuh keikhlasan, jika tidak ikhlas tentu tidak perlu dilakukan. Akan tetapi, sebetulnya misi dan pekerjaan tidak berbenturan.

Bagaimana cara melepaskan diri dari ketakhayulan?

24 Februari 2014
 Jika ingin menyampaikan penghormatan kepada arwah, “bervegetarian dengan tulus” adalah cara yang paling baik. Inilah gerakan “bervegetarian dan berbuat amal kebajikan demi melindungi kehidupan”.
Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -