Bantuan yang Tepat Waktu dan Sasaran

Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)

Di hari penyaluran bantuan, 12 September 2021, relawan Tzu Chi mengunjungi lokasi kebakaran dan melihat langsung puing-puing rumah warga sisa kebakaran.

Bencana kebakaran terjadi pada Rabu malam, 8 September 2021 di kawasan Perumahan Baloi Mas Indah, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam. Perlu disyukuri tidak ada korban jiwa pada bencana tersebut. Walau demikian, kebakaran ini telah mengakibatkan 120 warga kehilangan harta benda dan tempat tinggal mereka.

Pada 12 September 2021, 12 relawan Tzu Chi mendatangi Posko Pengungsian Sementara untuk menyalurkan santunan dalam bentuk uang tunai. Sebelum menyalurkan bantuan tersebut, pada 9 September 2021 relawan Tanggap Darurat Tzu Chi Batam terlebih dahulu mendatangi Posko Pengungsian Sementara untuk mengetahui kondisi korban dan bantuan yang mereka butuhkan. Relawan juga mengunjungi lokasi kebakaran yang berapa di belakang posko.

Hasan, selaku Koordinaor Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Batam menyampaikan pesan cinta kasih kepada warga.

“Para korban kebakaran ini, setelah kita survei, memang membutuhkan bantuan. Lewat survei, kami ketahui telah banyak masyarakat yang membantu korban dengan sembako. Setelah rapat, kami memutuskan untuk melakukan bantuan berupa dana,” tutur Steven, Koordinator Tim Tanggap Darurat Komunitas Hu Ai 2, Tzu Chi Batam.

Jamila, seorang pemilik rumah dari 21 rumah yang dihanguskan oleh si jago merah malam itu merasa sedih. Dalam beberapa jam, rumah yang telah ia miliki selama 20 tahun hanya tersisa puing. Walau ia sendiri tidak menerima santunan karena tidak tinggal di rumah yang telah ia jadikan kos-kosan tersebut, namun ia tetap lega Tzu Chi memberikan bantuan kepada 9 anak kosnya dan korban lainnya.

“Saya sangat berterima kasih untuk semua bantuannya, bukan hanya untuk anak kos saya saja. Saya berterima kasih,” kata Jamila.

Relawan Tzu Chi Batam menyalurkan santunan kepada korban kebakaran Baloi Mas Indah.

Senada dengan Jamila, Ketua RT Bapak Henri Dunan juga mengapresiasi Tzu Chi telah mensurvei sehingga dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban. “Kami mendengar Tzu Chi mau memberikan bantuan santunan 400 ribu per KK. Senang hati kawan-kawan di sini ada uang untuk sewa kontrakan,” ucapnya.

Ada sebanyak 44 KK yang menerima bantuan uang tunai dari Tzu Chi Batam. Dana yang disalurkan oleh Tzu Chi ini tentukan akan habis pada waktunya namun cinta kasih yang terkandung di dalamnya akan secara abadi terukir di hati setiap penerimanya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan Kala Bencana

Bantuan Kala Bencana

22 Februari 2016

Kebakaran hebat melanda Kedoya Utara, Jakarta Barat pada Selasa, 16 Februari 2016. Tim Tanggap Darurat Tzu Chi bergerak menyalurkan bantuan. Pada Jumat, 19 Februari 2016, relawan Tzu Chi menyalurkan 79 paket bantuan kebakaran serta lima terpal kepada korban kebakaran di posko pengungsian sementara.

Uluran Tangan bagi Korban Kebakaran di Simpang Keuramat, Aceh Utara

Uluran Tangan bagi Korban Kebakaran di Simpang Keuramat, Aceh Utara

31 Januari 2018

Relawan Tzu Chi di Lhokseumawe melakukan survei untuk mencatat apa yang dibutuhkan warga korban kebakaran di Desa Simpang Empat, Simpang Keuramat, Aceh Utara, Selasa, 30 Januari 2018.

Penyemangat di Tengah Duka

Penyemangat di Tengah Duka

22 Desember 2014 Sedikit harapan muncul ketika Tzu Chi memberikan bantuan. Sebanyak 100 paket kebakaran yang berisi berbagai perlengkapan sehari-hari diberikan kepada para korban kebakaran. Lastri turut berbahagia mendapat bantuan. “Syukur alhamdullilah,” tutur wanita berusia 27 tahun itu.
Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -