Sabtu, 14 Desember 2019
Indonesia | English

Bergotong Royong Meringankan Derita Korban Bencana Kebakaran

02 April 2018 Jurnalis : Elin Juwita (Tzu Chi Tebing Tinggi)
Fotografer : Lidyawati (Tzu Chi Tebing Tinggi)


Saling bergotong royong, relawan mengangkat dan membersihkan bongkahan materi yang terbakar di lantai dua milik Lim Ling Hui di Jln. Vihara II Lk. 3, Kel. Tebing Tinggi Lama.

Berselang 10 hari pasca pemberian bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Tualang Tebing Tinggi, kebakaran kembali terjadi. Kali ini kebakaran melanda rumah permanen milik Lim Ling Hui di Jln. Vihara II Lk. 3, Kel. Tebing Tinggi Lama. Kebakaran yang terjadi pada Kamis 22 Maret 2018 sekitar pukul 06.00 pagi ini menghanguskan semua harta benda dan ruangan yang berada di lantai dua. Lima mobil pemadam yang dikerahkan berhasil memadamkan api di lantai dua sebelum api sempat menyebar ke rumah tetangga dan lantai bawah  yang dihuni oleh Tio Theng Huat (75) beserta istri, dan anaknya, Masri.

Akibat kejadian ini, Tio Theng Huat mengalami shock dan luka ringan di beberapa bagian tubuh dan sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit. Mendapat informasi tentang kebakaran tersebut, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi segera menuju ke tempat kejadian hari itu juga, di mana satu tim melakukan survei lokasi dan satu tim menuju rumah sakit guna memberi pendampingan kepada korban. Saat relawan tiba di rumah sakit, tampak Tio Theng Huat dan istrinya Lim Ling Hui (73) masih dalam keadaan shock. Relawan memberi semangat dan menenangkan batinnya.

Sebanyak 13 relawan daur ulang Desa Laut tador juga ikut dalam kegiatan pembersihan ini.

Pembersihan ini dilakukan untuk meringankan penderitaan dari korban dan istrinya yang sudah berusia lanjut.

Di samping itu relawan juga memberikan bantuan berupa paket kebutuhan sehari-hari dan uang pemerhati (santunan) kepada korban yang disaksikan oleh Rustam Effendi selaku Kepala Lingkungan setempat. 

“Saya sudah lama mengenal Tzu Chi dan menurut saya Tzu Chi ini banyak sekali membantu masyarakat baik agama apapun, Tzu Chi selalu siap membantu,” kata Rustam.

Beberapa hari kemudian, tepatnya Minggu, 25 Maret 2018, relawan Tzu Chi beserta tetangga membersihkan rumah korban. Pembersihan ini dilakukan oleh 32 orang, 17 relawan dan sukarelawan Tzu Chi Tebing Tinggi, 13 relawan daur ulang Desa Laut tador, beserta dua orang tetangga korban. Ini dilakukan untuk meringankan penderitaan dari korban dan istrinya yang sudah berusia lanjut. Dengan saling bergotong royong, relawan mengangkat dan membersihkan bongkahan materi yang terbakar sebanyak dua truk. Lantai bawah juga dibersihkan dan semua barang-barang milik korban dirapikan.


Lantai bawah  milik Lim Ling Hui ini dihuni oleh Tio Theng Huat (75) beserta istri, dan anaknya, Masri.


Setelah selesai pembersihan, relawan kembali mengunjungi Tio Theng Huat dan istrinya, Lim Ling Hu di rumah sakit untuk memberikan semangat. 

Terlihat alangkah indahnya kebersamaan dalam menyebarkan cinta kasih universal. Keragaam suku dan agama memberi nuansa tersendiri yang terlarut dalam rasa syukur dan sukacita di antara relawan karena bisa memberi manfaat kepada orang lain. Umar, salah satu relawan dari Laut Tador mengungkapkan rasa bahagia dan bangga karena bisa ikut serta dalam kegiatan ini.

“Saya merasa sangat senang hati dan bangga bisa membantu orang–orang yang kena musibah. Kegiatan ini saya lakukan dengan hati yang tulus,” ujarnya


Kondisi lantai dua setelah selesai dibersihkan.  

Setelah selesai bersih–bersih, relawan kembali mengunjungi kedua korban di rumah sakit. Ibu Lim Ling Hui tampak bersemangat menyambut relawan dan sangat terharu mengetahui rumahnya telah dibersihkan.

Mempraktekkan Dharma dan memberi manfaat ditengah masyarakat yang menderita, merasakan sukacita bathin. Inilah nilai kehidupan yang sesungguhnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 920 kali


Berita Terkait


Cinta Kasih Memberi Kekuatan dan Pelipur Lara

10 Juni 2019

Tzu Chi Medan Tanggap Darurat Musibah Kebakaran

16 Februari 2017

Tanggap Darurat Gunung Sinabung

26 Mei 2016

Meneruskan Cinta Kasih ke Nepal

05 Juni 2015


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat