Memberi Perhatian Untuk Tenaga Kesehatan Di RSCK Tzu Chi

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Relawan Tzu Chi Teguh Bunarto memindahkan dari mobil berdus-dus minuman kaleng pengganti ion tubuh, yang akan diserahkan kepada para tenaga kesehatan di RSCK Tzu Chi.

Senin, 19 Juli 2021, dua orang relawan He Qi Barat 1 datang memberikan perhatian kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK), Cengkareng, Jakarta Barat. Relawan memberikan 17 dus minuman kaleng pengganti ion tubuh untuk 400 tenaga kesehatan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini selain memberi perhatian juga memberi dukungan kepada tenaga medis yang sedang berjuang menyembuhkan para pasien Covid-19. Sebelumnya relawan melakukan survei terlebih dahulu dengan menanyakan pada tim medis RSCK kira-kira barang apa yang sedang dibutuhkan. Dari tim medis RSCK, relawan lalu mengetahui bahwa mereka membutuhkan minuman untuk mengganti ion tubuh agar kesehatan mereka tetap terjaga.

Nelly Kosasih menghitung kembali dus minuman yang sudah ditata di depan RSCK.

“Soalnya Nakes (tenaga kesehatan) kalau bertugas kan lebih cepat cape, tapi tidak bisa makan kecuali jam istirahat, jadi minum lebih menolong,“ tutur Nelly Kosasih, salah satu relawan Heqi Barat 1 yang mengantarkan minuman tersebut.

Selain memberi perhatian kepada tenaga kesehatan RSCK Tzu Chi, relawan juga memberikan perhatian untuk tim vaksinasi Yayasan Buddha Tzu Chi berjumlah 5 orang yang sedang bertugas di Sekolah Cinta Kasih. Relawan mengantarkan makan siang, roti vegan, buah, dan vitamin untuk mereka.

Nelly Kosasih dan Teguh Bunarto menyerahkan 17 dus minuman yang diterima langsung oleh staf RSCK.

Nelly merasa terharu melihat tim medis RSCK yang cape tapi tidak pernah berhenti merawat pasien. Terlebih lagi saat ini rumah sakit cenderung penuh karena angka pasien Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan.

“Sangat berterima kasih dan bersyukur kepada tenaga medis mereka mau memberikan waktunya untuk masyarakat,” ucapnya.

Relawan menyiapkan makan siang, roti, dan buah untuk diberikan kepada tim vaksinasi yang bertugas di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng.

 

Harapan Nelly dari kegiatan ini supaya semakin banyak relawan yang bersama-sama bersatu hati tergerak hatinya untuk memberi perhatian dan dukungan lebih kepada tenaga medis. Walaupun tidak bisa memberi banyak, setidaknya bisa memberikan cinta kasih dan perhatian.

“Semoga mereka tetap sehat bisa menjalankan tugas, karena peran mereka saat ini sangat penting,” kata Nelly menutup pembicaraan.

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Tetap Memberi Perhatian di Masa Pandemi

Tetap Memberi Perhatian di Masa Pandemi

14 Juli 2020

Dimasa pandemi Covid-19, relawan Tzu Chi bersatu hati membuat prosedur pengiriman barang yang aman dan nyaman untuk dirinya sendiri dan penerima bantuan. Semua upaya dilakukan agar para penerima bantuan (Gan En Hu) terpenuhi kebutuhannya. 

Memberi Perhatian Terhadap Sesama

Memberi Perhatian Terhadap Sesama

31 Juli 2018
Untuk melatih empati anak-anak terhadap kekurangan fisik orang lain, Kelas Budi Pekerti Qing Zhe Ban mengambil tema “memberi perhatian terhadap sesama”. Ada 31 anak yang mengikuti kelas yang diselenggarakan di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng Gedung B lantai 5, Minggu 22 Juli 2018 ini.
Memberi Perhatian Untuk Tenaga Kesehatan Di RSCK Tzu Chi

Memberi Perhatian Untuk Tenaga Kesehatan Di RSCK Tzu Chi

19 Juli 2021

Senin, 19 Juli 2021 relawan komunitas He Qi Barat 1 memberikan perhatian kepada 400 tenaga kesehatan RSCK Tzu Chi dengan memberikan 17 dus minuman Pocari Sweat. Di hari yang sama juga memberi perhatian untuk tim vaksinasi di Sekolah Cinta kasih dengan membawakan makanan serta vitamin.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -