Jumat, 21 Februari 2020
Indonesia | English

Mengenang Sosok Eka Tjipta Widjaja dalam Rangkaian Kegiatan Sosial

10 Februari 2020 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Lisa Kristiani, Randhy Putra, Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)


Keluarga besar Sinar Mas mengadakan kegiatan sosial (donor darah) dalam mengenang wafatnya Bapak Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas.

Tzu Chi Sinar Mas secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah. Tiga bulan sekali kegiatan amal ini dilaksanakan di ruang Narwastu, Sinar Mas Land Plaza, Jakarta Pusat. Pada 4 Februari 2020, kegiatan donor darah dilaksanakan sedikit berbeda. Kegiatan hari itu sekaligus menjadi momen untuk mengenang setahun wafatnya pendiri Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjaja.

Sebagai bentuk peringatan dan penghargaan atas nilai luhur yang beliau tinggalkan, keluarga besar Sinar Mas melaksanakan “Tribute to Bapak Eka Tjipta Widjaja - Give Back to Society”. Peringatan ini diselenggarakan dari 26 Januari hingga 26 Februari 2020, dalam bentuk kegiatan donor darah di berbagai pilar dan unit usaha Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

 

Franciscus Costan, CEO Perkebunan Sinar Mas wilayah Riau yang juga merupakan Pembina Tzu Chi Sinar Mas wilayah tersebut juga turut serta mendonorkan darahnya.


Widodo, karyawan Sinar Mas Agribusiness and Food sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan donor darah.

Eka Tjipta Widjaja merupakan salah satu orang yang banyak mendukung perkembangan Tzu Chi di Indonesia di masa awal berdirinya. Yang dilakukan oleh beliau menjadi sejarah bagi kemanusiaan, penuh inspirasi dan kehangatan. Melalui kegiatan donor darah ini, kiranya semangat beliau dalam kemanusiaan dapat terus tumbuh dan berkembang dalam diri banyak orang, khususnya para karyawan Sinar Mas.

“Selain karena kesehatan, alasan saya ikut donor darah karena ingin berbagi. Seperti apa yang dulu pernah disampaikan oleh Bapak Eka yaitu adalah supaya kita bersama-sama dapat berbagi untuk membantu sesama,” ujar Widodo karyawan Sinar Mas yang telah bekerja selama 23 tahun.

Nilai-nilai kebaikan Eka Tjipta Widjaja tidak hanya dikenang oleh karyawan yang telah bekerja puluhan tahun saja, nilai luhur yang beliau tinggalkan juga memberikan kesan bagi karyawan generasi muda.

 

Ada 331 orang yang berhasil mendonorkan darahnya hari itu.

“Dengan adanya kegiatan donor darah ini mengingatkan saya kepada semangat Bapak Eka untuk membantu orang lain dan kepedulian beliau dengan sekitarnya,” ungkap Miftah, karyawan yang telah bekerja selama 6 tahun.

Para karyawan dari lintas pilar dan unit usaha bergerak untuk mendonorkan darah mereka. Sebanyak 380 karyawan di sekitar area perkantoran Sinar Mas Land Plaza, Jakarta Pusat mendaftarkan diri dalam kegiatan donor darah pada hari itu. Namun, yang dinyatakan lolos untuk mendonorkan darah mereka setelah mengikuti serangkaian tes kesehatan adalah sebanyak 331 orang.


Para karyawan Sinar Mas juga berkesempatan menuangkan celengan bambu mereka. Sehari dua kebajikan dilakukan, berdonor darah dan bersumbangsih melalui celengan bambu Tzu Chi. 

Seperti salah satu pesan yang disampaikan oleh Bapak Eka Tjipta Widjaja yaitu hidup harus hemat, tapi beramallah sebesar-besarnya. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penuangan celengan bambu. Para karyawan dengan antusias menuangkan uang dalam celengan mereka untuk dapat turut serta membantu masyarakat yang membutuhkan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 256 kali


Berita Terkait


Setiap Detik Berlombalah untuk Berbuat Kebajikan

20 Januari 2020

Niat Membantu Sesama

19 Desember 2019

Menjaga Kesehatan Diri Sekaligus Membantu Orang Lain

13 Desember 2019

Butuh Tekad untuk Membantu Orang Lain

13 Desember 2019

Menjadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

17 September 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat