Selasa, 16 Juli 2019
Indonesia | English

Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

16 April 2019 Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Amir Tan, Hasan Tiopan (Tzu Chi Medan)


Tzu Chi Medan yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Pirngadi Medan (UTD RSPM) mengadakan kegiatan donor darah di Gedung PG-TK Sutomo I Yayasan Perguruan Sutomo, Medan.

Mengutip kata perenungan dari Master Cheng Yen. “Memberi perhatian pada orang lain sama dengan memberi perhatian pada diri sendiri. Membantu orang lain juga berarti membantu diri sendiri.” Inilah yang diwujudkan dalam kegiatan donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Bagi diri sendiri, donor darah memiliki banyak manfaat diantaranya menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah, juga bisa menurunkan berat badan karena setiap mendonorkan 450 cc darah akan membakar sebanyak 650 kalori. Selain itu donor darah juga dapat mendeteksi penyakit, karena setiap darah yang disumbangkan akan diperiksa apakah mengandung  penyakit berbahaya supaya tidak membahayakan orang yang menerima transfusi darah. Untuk itu dianjurkan agar secara rutin seorang mendonorkan darahnya dengan selang waktu 3-4 bulan sekali.


Sejak pagi para calon pendonor sudah berdatangan untuk mendaftarkan diri mengikuti kegiatan donor darah.

Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Cabang Medan, atau lebih tepatnya komunitas relawan Hu Ai Medan Timur juga secara rutin mengadakan donor darah. Kali ini donor darah dilakukan di Gedung PG-TK Sutomo I Yayasan Perg. Sutomo, Medan yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Pirngadi Medan (UTD RSPM) pada 14 April 2019.

Sewaktu pendaftaran, para calon pendonor diinformasikan kondisi-kondisi fisik tubuh dimana pendonor tidak dianjurkan untuk mendonorkan darahnya. Setelah para calon pendonor memahami, kemudian mereka diarahkan untuk memeriksa kondisi fisik dasar seperti tekanan darah, hemoglobin, dan berat badan.


Setelah mendaftar, para calon pendonor melakukan pengecekan fisik dasar untuk menentukan bisa atau tidaknya mendonorkan darah.

Satu persatu calon pendonor datang dan mendaftarkan diri. Dari 221 orang yang mendaftar, sebanyak 192 orang berhasil terpilih untuk mendonorkan darahnya. “Saya sungguh bahagia melihat masyarakat Kota Medan yang dewasa ini begitu antusias ikut donor darah. Dengan terkumpulnya 192 kantong darah maka diharapkan kita bisa membantu persediaan darah di Kota Medan. Setetes darah dari kita sangat berharga bagi orang yang membutuhkan dan dengan demikian kita juga menumbuhkan welas asih dan cinta kasih warga Kota Medan,” kata Imelda, koordinator kegiatan donor darah ini.

Hal yang sama juga dirasakan Elvida yang tahu adanya kegiatan donor darah dari DAAI TV. “Awalnya saya ikut donor darah hanya untuk kesehatan diri saya sendiri. Namun hari ini saya baru merasakan kebahagiaan saat donor darah karena ternyata disamping untuk kesehatan diri kita sendiri, kita telah berbuat kebajikan dan membantu orang lain yang membutuhkan darah,” jelas Imelda.

 

Kebahagiaan Stevanny yang berhasil mendonorkan sekantong darah yang menjadi pengalaman pertamanya ikut kegiatan donor darah.

Stevanny, salah seorang mahasiswa Universitas Prima Medan yang kebetulan ikut dalam kegiatan donor darah ini merasa takut karena baru pertama kali ikut donor darah. Ia pun ditemani mamanya dan juga didampingi  relawan Tzu Chi sehingga mengurangi rasa takutnya. “Tadi sewaktu baru sampai disini, hati saya sangat takut sekali karena ini pertama kali saya ikut donor darah. Namun sekarang setelah selesai donor darah, ada perasaan senang di hati saya karena dengan sekantong darah saya, saya bisa turut membantu orang yang membutuhkan darah,” ungkap Stevanny.

Kegiatan donor darah Tzu Chi Medan kali ini adalah pertama kalinya menjalin bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Pirngadi Medan sejak penandatanganan MOU antara Yayasan Buddha Tzu Chi dengan Rumah Sakit Prigandi tanggal 11 April 2019 yang lalu. Ka Instalasi Unit Transfusi Darah RSUD Dr. Pirngadi Medan, dr. Emi Memory Pakpahan, Sp. PK merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

 

Ka Instalasi Unit Transfusi Darah RSUD Dr. Pirngadi Medan, dr. Emi Memory Pakpahan, Sp PK (kerudung merah) sedang mendampingi pendonor.

“Saya sangat berterima kasih sekali dan memberikan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena mau bekerja sama dengan RS Pirngadi di dalam kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah. Pasien-pasien kami disini sangat membutuhkan darah setiap bulannya. Saya berharap kerja sama ini tetap berlanjut sehingga pasien-pasien kita bisa tertangani dan kebutuhan darah dapat terpenuhi,” kata dr. Emi Memory Pakpahan, Sp. PK.

Perasaan bahagia juga dirasakah semua relawan Tzu Chi Medan yang terlibat. Walaupun lelah namun melihat begitu banyak darah yang terkumpul rasa lelah pun hilang seketika. Dalam kesempatan yang sama, beberapa relawan dan anggota TIMA juga ikut berkontribusi mendonorkan darahnya.

 

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 345 kali


Berita Terkait


Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

03 Juli 2019

Kebaikan Dibalik Donor Darah

28 Juni 2019

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

07 Mei 2019

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

06 Mei 2019

Kesungguhan Hati Akan Selalu Membuahkan Hasil

15 April 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat