Vaksinasi Covid-19 TNI dan Tzu Chi: Melindungi Diri Sendiri, Melindungi Orang Lain

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Tentara Nasional Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mulai dilakukan pada 7-9 Juli 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, Jakarta Barat ini menargetkan 1.500 peserta yang menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama setiap harinya.

“Hari ini kita mulai vaksinasi Covid-19 yang diadakan TNI bersama dengan Tzu Chi. Kegiatan ini sendiri melibatkan personil dari Tzu Chi Indonesia, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng, serta dukungan dari tenaga medis dan perawat dari Mabes TNI,” ungkap Andre Zulman, Divisi Eksternal Tzu Chi Indonesia yang ikut menangani program vaksinasi tersebut.

Salah satu masyarakat mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 Tentara Nasional Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Program ini juga bertujuan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang angkanya setiap hari semakin naik. Jadi untuk menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat, maka pemerintah Indonesia dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Tzu Chi Indonesia untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Semoga masyarakat yang sudah mau divaksin dapat terus menjaga protokol kesehatan karena bukan berarti dengan vaksin dapat kebal dari Covid-19. Dengan vaksin ini diharapkan dapat mendorong Herd Immunity di masyarakat,” tambah Andre.

Bertempat di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi cengkareng, Jakarta Barat, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan TNI dan Tzu Chi Indonesia berlangsung dari tanggal 7-9 Juli 2021.

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan TNI dan Tzu Chi Indonesia ini juga dapat dilakukan secara online atau langsung datang ke lokasi vaksinasi. Salah satu peserta yang mendaftar secara online adalah Deli Karyono (40,) warga Kapuk, Jakarta Utara yang setiap hari bekerja sebagai pengemudi ojek online (ojol). “Dapet infonya dari kantor, lewat sms. Trus karena rekan-rekan sudah ikut vaksin, jadi ikut juga supaya tenang, aman,” kata Deli.

Tak lupa dalam kesempatan ini Deli juga mengapresiasi apa yang dilakukan Tzu Chi bersama dengan TNI khususnya dalam penanganan Covid-19. “Untuk Buddha Tzu Chi dan TNI semakin maju, dan semakin giat bersumbangsih,” tegas Deli seusai mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Andre Zulman, Divisi Eksternal Tzu Chi Indonesia mengatur dan mengarahkan masyarakat yang datang langsung untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Lebih Tenang Setelah Vaksin

Penularan Covid-19 juga sangat rentan terjadi kepada kelompok masyarakat yang pekerjaannya harus bertemu dengan banyak orang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah para pengemudi ojol. Dalam kegiatan ini, salah satu pengemudi ojol yang juga secara pribadi ingin divaksin adalah Iwan setiawan (43).

Setiap hari, Iwan bekerja di pergudangan wilayah Kapuk, Jakarta Utara. Setelah bekerja, waktu yang ada ia gunakan untuk menambah penghasilan dengan menjadi pengemudi ojol. “Pulang kerja narik (menjadi ojol). Biasanya dari habis Maghrib sampai jam sembilan malam sekalian pulang,” ungkap pria yang berdomisili di wilayah Leuwiliang, Kab. Bogor, Jawa Barat tersebut.

Iwan setiawan (43) saat menerima suntikan vaksinasi Covid-19 tahap ke-1 oleh tenaga medis dari mabes TNI.

Karena sering bertemu dengan banyak orang, semenjak pandemi Covid-19 ia pun kerap merasa was-was saat mengangkut penumpang. Iwan pun cemas karena takut terpapar virus Covid-19. Semenjak adanya program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah, Iwan pun merasa harus melindungi diri sendiri dan orang lain dengan ikut vaksinasi.

“Kalau saya melihat wajib ya (vaksin), soalnya makin ke sini makin banyak yang kena (positif Covid-19). Kalau dapat penumpang juga suka pada ketakutan,” kata Iwan.

Setelah mendapat vaksinasi, Iwan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 miliknya. Kini ia bisa merasa tenang dalam menjalankan kegiatannya sebagai pengemudi ojol.

Pria yang sudah 4 tahun menjadi ojol ini juga merespon baik dengan adanya vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan TNI dan Tzu Chi Indonesia. “Lega, tenang. Walaupun ada kemungkinan bisa terkena, tapi paling enggak meringankan, nggak ada rasa was-was lagi. Terima kasih buat TNI dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang udah ngadain vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat,” ungkap Iwan setelah mendapatkan kartu vaksinasi Covid-19.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Sukacita Para Relawan Tzu Chi di Palembang Bersumbangsih Pada Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Sukacita Para Relawan Tzu Chi di Palembang Bersumbangsih Pada Kegiatan Vaksinasi Covid-19

10 Agustus 2021

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Kodim 0418/Palembang mengadakan vaksinasi Covid-19 ke-2 pada Kamis, 5 Agustus 2021di Gedung Rajawali Grand Ballroom, Jalan Rajawali, Palembang.

Vaksinasi Covid-19 di Lampung

Vaksinasi Covid-19 di Lampung

23 Juni 2021

Pada Jumat, 18 Juni 2021 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Penghubung Lampung mengadakan vaksinasi Covid-19 yang bekerjasama dengan Polda Lampung. Dalam kegiatan ini, sebanyak 230 peserta yang berhasil divaksinasi.

Vaksinasi Bagi Para Tokoh Agama di Kota Batam

Vaksinasi Bagi Para Tokoh Agama di Kota Batam

04 Agustus 2021

Pada tanggal 27 Juli 2021, Tzu Chi Batam kembali dipercaya untuk mengadakan kegiatan vaksinasi. Berbeda dengan vaksinasi pada umumnya, vaksinasi kali ini Tzu Chi dapat sekaligus menjalin jodoh dengan 400 Tokoh Agama dan Pengurus Vihara di Kota Batam.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -