Sabtu, 10 April 2021
Indonesia | English

Warga Lansia Di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Lega Sudah Mendapat Vaksinasi Covid-19

04 Maret 2021 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Khusnul Khotimah


Vaksinasi untuk lansia yang digelar RSCK ini berlangsung 4 hari dari 22-25 Februari 2021. RSCK mengerahkan tiga tim vaksinasi, di mana satu timnya terdiri dari tujuh orang yang bekerja sejak pukul 08.00- 17.00 WIB. 

Warga lansia di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang difasilitasi oleh Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi (RSCK), Rabu 24 Februari 2021. Pada pukul 13.00 WIB, warga mulai berdatangan ke lokasi yakni di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.

Warga datang secara bertahap sesuai jadwal yang mereka terima di masing-masing RT. Sebelum mendapat vaksinasi lebih dulu mereka diperiksa tekanan darah dan menjalani proses screening terkait riwayat kesehatan, kondisi kesehatan saat ini, juga tingkat kerentaan mereka.


Sebelum divaksin, warga lansia yang namanya sudah terdaftar dalam sistem milik pemerintah ini tetap harus diperiksa tekanan darah dan menjalani proses screening.

Aminuddin (66), salah satu warga Rusun, bisa dibilang adalah lansia yang sehat. Ia begitu bersemangat mengikuti vaksinasi ini.

“Ini kan untuk kesehatan kita, selain itu program pemerintah kan harus kita ikuti. Dengan adanya virus Covid ini ya tentu kita harus semangat untuk divaksin,” ujar Aminuddin yang sudah 20 tahun tinggal di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi.


Proses screening ini terkait riwayat kesehatan, kondisi kesehatan saat ini, juga tingkat kerentaan mereka.

Suharti (60) warga lainnya, juga mengaku sangat lega usai divaksin. Ia juga berterima kasih dengan perhatian Tzu Chi selama masa pandemi ini, mulai dari bantuan sembako hingga vaksinasi hari ini yang berjalan sangat baik.

“Lega sudah divaksin, memang agak takut sedikit, tapi kan ini untuk kebaikan kita sendiri. Saya juga selama ini sangat menjaga diri kayak minum vitamin, pakai masker, tiap habis pegang apa cuci tangan, pokoknya saya ikuti saran pemerintah,” ujarnya.


Pak Aminuddin mengaku lega sudah divaksin. 

Selain warga rusun dan warga sekitar RSCK, sebelumnya pada hari Senin dan Selasa, vaksinasi juga diberikan kepada para relawan lansia Tzu Chi. Ini dalam rangka persiapan pembagian satu juta paket beras di wilayah Jabodetabek, yang mana diperlukan partisipasi relawan dalam penyalurannya.

“Sebenarnya ada dua hal, bahwa Tzu Chi memang sangat memperhatikan warga sekitar, yang paling dekat kan warga rusun dan warga sekitar rusun. Lalu juga tenaga-tenaga relawan kita sekarang ini sedang dipersiapkan untuk program bagi beras. Agar mereka semua aman, kami lindungi dengan vaksinasi,” terang Dr. Tony Cristianto, Direktur RSCK Tzu Chi.


Dr. Tony Cristianto, Direktur RSCK Tzu Chi menjelaskan, warga lansia yang divaksin selama empat hari ini ada sekitar 1.000 orang.

Pembagian satu juta paket beras ini sendiri dimulai hari ini Kamis, 25 Februari 2021 di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ini merupakan pembagian paket sembako tahap ke-3 bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19. Sebelumnya tahap pertama Tzu Chi Indonesia telah membagikan sekitar 446.000 paket sembako, lalu tahap kedua sebanyak 5.000 ton beras.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 1147 kali


Berita Terkait


Tzu Chi Talk: Vaksin Covid-19 Apakah Perlu?

31 Januari 2021

Vaksinasi Covid-19 Dimulai di RSCK Tzu Chi

18 Januari 2021

Pemberian Vaksinasi MR dan Pengenalan Penyakit Kaki Gajah

26 Oktober 2018


1 komentar


ASEP MUHTAROM On Sunday, 14 Maret 2021, 03:31:11 wrote:

mohon info utk vaksinasi usia 80thn keatas, ada programkah? Bagaimana prosedurnya, terima kasih dan salam



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat