250 Kg Beras untuk Pondok Pesantren Alkahiraat, Kaltim

Jurnalis : Hani Juwita Sanditya (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dok. Tzu Chi Sinar Cabang Mas

Relawan menurunkan bantuan beras untuk Pondok Pesantren Alkhairaat Muara Wahau.

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Bulan Ramadan dimanfaatkan relawan untuk berbagi berkah. Seperti yang dilakukan Relawan Dharma Wanita Xie Li Kalimantan Timur (Kaltim) 2 dari Unit Rantau Panjang Mill (RPNM). Pada Senin (18/3/24), relawan menyalurkan 250 kg beras untuk Pondok Pesantren Alkhairaat Muara Wahau yang menampung 280 santri.

Jarak tempuh dari Rantau Panjang Mill ke Pondok Pesantren sekitar 48 km dan harus menyebrang Sungai Telen. Panas udara Kalimantan Timur tak menyurutkan langkah 8 orang relawan. Beberapa relawan sedang menjalankan ibadah puasa.

Penyerahan bantuan beras secara simbolis. Sebanyak 250 kg beras disalurkan oleh relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kalimantan dari Unit Rantau Panjang Mill (RPNM) untuk Pondok Pesantren Alkahiraat Muara Wahau di bulan Ramadan.

Kegiatan ini tidak hanya diisi dengan penyaluran beras saja. Tetapi juga diisi dengan perkenalan awal mula terbentuknya Yayasan Tzu Chi oleh Margaretha Octavia Sirati dan berbagi kisah inspiratif yang dilakukan oleh Aurora Goesman, Duta Dharma Wanita Wilayah Kalimantan-Papua 2024-2025. Dengan harapan pengasuh pondok dan santri bisa mengenal lebih dekat tentang Tzu Chi.

Pondok yang berdiri pada tahun 2018 dan memiliki lebih dari 280 santri ini mengandalkan biaya operasional dari bantuan-bantuan perusahan dan pemerintah sekitar. Dalam penyerahan bantuan beras ini relawan disambut 100 santri. Sementara 180 santri lainnya ada yang tidak tinggal di dalam pondok pesantren dan ada santri yang masih memiliki jadwal kelas.

Aurora Goesman, berbagi kisah inspiratif untuk pengurus dan santri Pondok Pesantren Alkhairaat.

Kyai Nizar, Pimpinan Pondok Pesanten Alkhairaat menjelaskan kepada para relawan bahwa stok beras untuk konsumsi para santri memang sedang habis. “Kami sangat bersyukur menerima bantuan ini, karena biasanya kebutuhan beras kami selalu cukup untuk jangka panjang tapi saat ini kebutuhan beras kami habis. Sehingga kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Tzu Chi telah memberikan bantuan berupa beras untuk pesantren kami.” Sedikit kata-kata dari sang Kyai Nizar yang membuat hati para relawan tersentuh, “ Biasanya jika kebutuhan beras kami habis, saya akan keliling untuk mencari beras. Tapi atas ijin Allah hari ini kedatangan dari Tzu Chi. Terima kasih saya tidak perlu berkeliling lagi.”

Relawan juga menjelaskan kepada para santri bahwa beras yang disalurkan ini diperoleh dari bantuan banyak orang. Salah satunya melalui penggalangan dana melalui celengan bambu. “Beras yang kami bagikan ini tentunya diperoleh dari banyaknya uluran tangan manusia baik yang peduli akan sesama,” jelas Yuni, salah satu relawan.

Margaretha Octavia Sirait menjelaskan tentang Tzu Chi agar pengurus dan santri Pondok Pesantren Alkhairaat bisa saling mengenal.

Pondok Pesantren ini juga memberikan biasiswa kepada murid-murid yang kurang mampu dengan bebas biaya sekolah di pesantren dan menjadi jembatan untuk murid-murid memasuki universitas. Harapan dari Kyai Nizar sendiri agar Pondok Pesantren Alkhairaat dapat membangun sekolah yang lebih baik di dalam lingkungan pesantren.  Bantuan beras ini akan habis pada waktunya, namun cinta kasih yang terjalin tidak akan pernah habis. Demikian pula berkah yang diterima relawan dalam bulan penuh rahmat ini.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

01 September 2021

Tzu Chi Makassar salurkan bantuan beras PPKM Darurat sebanyak 200 ton ke Polda Sulawesi Selatan dan Kodam XIV Hasanuddin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan yang terdampak Covid-19 di Sulawesi selatan.

Tzu Chi Karimun Bagikan 350 Karung Beras untuk Warga Karimun

Tzu Chi Karimun Bagikan 350 Karung Beras untuk Warga Karimun

12 November 2021

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerjasama dengan Satpolairud Polres Tanjung Balai Karimun membagikan beras cinta kasih kepada warga yang sudah melakukan vaksinasi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Tzu Chi Jambi Salurkan Beras dan Pakaian untuk Pekerja TPA Talang Gulo Jambi

Tzu Chi Jambi Salurkan Beras dan Pakaian untuk Pekerja TPA Talang Gulo Jambi

30 November 2021

Tzu Chi Jambi menyalurkan bantuan 80 karung Beras @10 Kg dan 80 set Pakaian (1 set terdiri dari 12 pcs Pakaian) kepada buruh harian lepas TPA Talang Gulo, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.  

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -