Bantuan untuk Para Pengemudi Ojek Online di Masa PPKM

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung, Lim Tek Soe memberikan paket bantuan berupa 5 kg beras dan 10 maskes medis untuk pengemudi ojek online yang kebetulan tengah yang mengisi bahan bakar di SBPU Cibereum.

Relawan Tzu Chi kembali membagikan beras untuk para pengemudi ojek online yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan diberikan pada Jumat, 29 Oktober 2021, berlokasi di SPBU Panghegar Mintra Abadi, Cibereum, Kota Bandung. Sebanyak 600 paket beras (@ 5 kg) dan masker medis (10 buah) dibagikan kepada para pengemudi ojek online ini.

"Saya senang ya ada pembagian ini, kita bagi beras lagi untuk ojek online. Kemarin kita bagikan di lokasi yang berbeda, dan kali ini di SBPU Cibereum sehingga diharapkan secara merata bisa semua terbagi," kata Lim Tek Soe, relawan Tzu Chi.

Para penerima paket bantuan ini adalah para penegemudi ojek online dan angkutan kota yang terdampak pandemi karena kurangnya penumpang.

Sebanyak 600 paket bantuan diberikan kepada para pengemudi ojek online dan angkutan kota.

Mayang Sari Salah satu pengemudi ojek online yang menerima bantuan ini mengaku sangat senang. Ia mengatakan meski pandemi sedang melandai namun nyatanya pendapatan mereka belum pulih seperti dulu. Ditambah lagi kini Mayang menjadi sosok kepala keluarga karena suaminya telah tiada.

“Buat aku sebagai seorang Ojol Driver sekaligus ibu rumah tangga merasa sangat bersyukur mendapat bantuan beras ini, semoga semuanya dibalas oleh Tuhan Yesus. Yang kedua, sehat-sehat semua donaturnya, terima kasih juga buat PT. Panghegar Mitra Abadi dan Yayasan Buddha Tzu Chi. Makasih banyak pokoknya semuanya,“ ungkap Mayang haru.Adanya bantuan ini setidaknya sedikit membantu Mayang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ia dan ketiga anaknya.

Para pengemudi ojek online dan angkutan kota sangat terdampak pandemi karena berkurangnya penumpang akibat pembatasan kegiatan masyarakat.

Kebahagiaan juga dirasakan relawan Tzu Chi, Lim Tek Soe. “Sangat gembira sekali ya bisa membantu warga (ojek online dan supir angkutan umum), kita bisa sedikit membantu meringankan beban mereka. Terlebih di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat -red) cari uang lagi agak susah, adanya bantuan ini semoga bisa  meringankan mereka,“ kata Lim Tek Soe.

Sistiani, Corporate Finance Manager PT. Panghegar Mitra Abadi beharap kegiatan ini bisa terus akan terus berlanjut dan rutin dilaksanakan. “Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, mudah- mudahan semuanya berkah untuk (pengemudi) Ojol maupun Angkot, buat SPBU dan Buddha Tzu Chi juga selanjutnya mudah mudahan bisa terus mengadakan acara seperti ini. Di SPBU sendiri ini bukan kali pertama, dulu ada di SPBU Panghegar yang di Jalan Soekarno- Hatta, dan sekarang ada di Jalan Cibeureum,” terang Sistiani. 

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Sinergi Tzu Chi Bersama TNI AL Dalam Peringatan Hari Armada Ke-78

Sinergi Tzu Chi Bersama TNI AL Dalam Peringatan Hari Armada Ke-78

01 Desember 2023

Dalam rangka peringatan Hari Armada Ke-78, Tzu Chi Indonesia memberikan dukungan berupa 1.000 paket karung beras kepada Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) untuk kegiatan bakti sosial bagi keluarga prasejahtera di Kelurahan Kemayoran.

Menjalin Hubungan Erat dengan Menyebarkan Cinta Kasih

Menjalin Hubungan Erat dengan Menyebarkan Cinta Kasih

13 Oktober 2022

Selasa, 11 Oktober 2022 relawan Tzu Chi mensupport kegiatan TNI dengan memberikan bantuan 500 karung beras (@5 kg) untuk warga Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Tzu Chi dan Kodim 0501/JP BS Bagikan 1.500 Karung Beras untuk Warga Kemayoran

Tzu Chi dan Kodim 0501/JP BS Bagikan 1.500 Karung Beras untuk Warga Kemayoran

10 November 2021

Pasiter Kodim 0501/Jakarta Pusat BS Mayor ARH Jhon Apolandibersama jajaran Koramil 0501/ JP BS, dan relawan Tzu Chi, secara simbolis menyalurkan 15 ton atau 1.500 karung paket beras untuk warga di Kecamatan Kemayoran.

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -