Alat Permainan Edukatif untuk Balai Penitipan Anak Lenggana

Jurnalis : Oza Silvia Mega, Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Seven David Siringo Ringo, Oza Silvia Mega (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Para relawan memberikan bantuan mainan edukasi untuk anak-anak kepada para pengasuh.

Adanya cinta kasih di dalam hati membangkitkan kekuatan yang tidak terhingga. Jika ada ikrar untuk bersumbangsih, tidak ada hal yang tidak bisa di lakukan.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Pagi yang syahdu diiringi rintik hujan mengguyur Kebun Lenggana. Meski sedang menjalankan ibadah puasa, tidak menyurutkan langkah relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 berbagi kasih untuk dua Balai Penitipan Anak (BPA) Selasa (26/03/2024). Rute pertama menuju lokasi terdekat dengan Perumahan Emplasment yaitu BPA di pondok 1 dengan jumlah 25 anak dan dilanjutkan ke BPA pondok 2 dengan jumlah 35 anak. 

Balai Penitipan Anak (BPA) merupakan satu wadah yang disediakan perusahaan sebagai tempat menitipkan anak-anak karyawan ketika orang tua mereka bekerja. Kunjungan pertama dilakukan di BPA Pondok 1. Suasana tampak hening. Tiga pengasuh Sutimah, Rima, dan Siti Kalimah sedang menidurkan anak-anak di ayunan.

Relawan berbincang dengan para pengasuh. Tak lama anak-anak mulai terbangun. Melihat relawan membawa mainan edukasi, mereka segera mendekat. Ada puzzle berbentuk huruf alfabet, angka, hewan, dan buah-buahan, juga mainan lego. Ni Made Wedaswari membantu membukakan satu persatu mainan tersebut.

“Suka gak dapat mainan?” tanya Ni Made Wedaswari. “Suka bu,” jawab anak-anak serentak. “Wah asyik nih bisa mainan sama teman-teman, aku suka mainannya.  Terima kasih ibu-ibu sudah kasih kita mainan ini,” ucap Hafis (4).

"Ibu-ibu, mainan ini dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang dititipkan kepada kami untuk dibagikan ke setiap BPA yang ada di perkebunan kita. Saya harapkan mainan ini bermanfaat, membuat anak-anak nyaman dan betah berada di BPA. Pesan saya tolong dijaga dan dirawat mainan ini ya bu. Dan saya harapkan ibu-ibu semua dengan sepenuh hati menjaga anak-anak, anggap mereka anak-anak ibu juga, perlakukan mereka dengan baik" pesan Ni Made Wedaswari.

Para relawan Tzu Chi menemani anak-anak bermain dengan alat permainan edukatif.

Relawan mengajak anak-anak bermain. Mereka sangat bersemangat. elesai bermain, relawan mengajak anak-anak membereskan mainan.  Sebelum meninggalkan BPA Pondok 1 relawan menyempatkan berfoto bersama anak-anak dan pengasuh. Tak lupa relawan membagikan sedikit buah tangan untuk anak-anak berupa snack dan susu. Hal ini menambah kebahagiaan bagi anak-anak dan pengasuh.

Setelah dari Pondok 1, kunjungan dilanjutkan di BPA Pondok 2. Lokasinya tak terlalu jauh. Ditempuh dengan berkendara kurang lebih 5 - 10 menit dari Pondok 1. Sama seperti suasana di BPA pondok 1, anak-anak sedang beristirahat ditemani tiga pengasuh, Desti Eka Wati, Siti Shoimah, dan Riaz Meisya Gauria.

Relawan langsung menyerahkan mainan kepada pengasuh, dan tak lupa pula menitipkan snack dan susu untuk anak-anak saat mereka sudah bangun. Weda juga menyampaikan pesan yang sama kepada para pengasuh BPA di Pondok 2 agar menjaga dan merawat mainan yang sudah diberikan.

"Terima kasih banyak ya bu, ibu-ibu semua sudah datang berkunjung ke BPA kami ini. apalagi membawa mainan, jajan dan susu, anak-anak pasti sangat senang menerimanya" ucap Desti, pengasuh. "Iya sama-sama bu, nanti kita aturkan waktu biar bisa sering-sering datang berkunjung ke BPA melihat anak-anak dan bermain bersama mereka," ucap Weda.

Meski sebentar, kunjungan kedua BPA ini membawa kebahagiaan bagi relawan. "Ikut senang dan bahagia melihat anak-anak di BPA ceria. Semoga mainan yang kita berikan bisa menambah pengetahuan mereka selama tinggal di BPA,” kata Oza Silvia Mega semangat meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

TK Tzu Chi Indonesia Donasikan 31 Model Permainan ke Sekolah Atmabrata, Cilincing

TK Tzu Chi Indonesia Donasikan 31 Model Permainan ke Sekolah Atmabrata, Cilincing

29 Mei 2017

Bekerja sama dengan Daai Mama dan orangtua murid, TK Tzu Chi Indonesia mengumpulkan donasi dan menyalurkannya ke sekolah lainnya. Sekolah Atmabrata yang berlokasi di Cilincing, Jakarta Utara, menjadi satu dari empat sekolah yang menerima donasi tersebut.

Permainan dan Penghargaan

Permainan dan Penghargaan

04 September 2009
Menyatukan hati dan kebersamaan bagi keluarga besar Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Cinta Kasih Tzu Chi, demikianlah tema gathering RSKB Tzu Chi pada tanggal 15-16 Agustus 2009 lalu di Java Joglo Lestari, Lembang, Bandung.
Makin Kreatif dengan Alat Permainan Edukatif

Makin Kreatif dengan Alat Permainan Edukatif

21 Desember 2023

Untuk mendukung kreativitas pada anak, Xie Li Kutai Barat wilayah 3 memberikan seperangkat permainan edukatif pada TK Tunas Lestari Sungai Basung. 

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -