Antusiasnya Pengunjung Poins Mall untuk Donor Darah

Jurnalis : Widosari Tjandra, Felicite Angela Maria, Ruth Falina (He Qi Pusat) , Fotografer : Felicite Angela Maria, Ruth Falina (He Qi Pusat)

Tampak relawan Tzu Chi mendampingi peserta donor agar makin santai saat mendonorkan darahnya.

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Selatan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menyelenggarakan donor darah di Poins Mall, Jakarta Selatan, (26/5/2024). Donor darah yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB ini disambut antusias masyarakat dengan total 175 orang mendaftar untuk mendonorkan darah.

Di bawah koordinasi Rien dan Suwanti, 38 relawan Tzu Chi bahu membahu melayani para donor dengan ramah. Donor darah ini pun berhasil mengumpulkan 123 kantong darah. Angka ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Ibu Justina penuh semangat mengikuti donor darah Tzu Chi untuk ketiga kalinya.

Bagi Ibu Indraswati, donor darah di Poins Mall ini menandai kali ke-63 dalam hidupnya mendonorkan darah.

Di sela-sela donor darah, para relawan juga memanfaatkan peluang menjalin jodoh baik dengan para pengunjung mall untuk mengenalkan dunia Tzu Chi Indonesia dan menggalang relawan baru.

Justina (67), penuh semangat mengikuti donor darah Tzu Chi untuk ketiga kalinya. Ia yang biasanya melihat kegiatan Tzu Chi melalui tayangan DAAI TV merasa senang dapat berkontribusi langsung dalam kegiatan sosial ini. "Saya sudah lebih dari 50 kali donor darah, biasanya rutin setiap 6 bulan sekali, di mana saja ada kegiatan donor darah, atau kadang langsung ke PMI.“ tuturnya.

Sementara bagi Indraswati (61), donor darah di Poins Mall ini menandai kali ke-63 dalam hidupnya mendonorkan darah. Sejak muda ia rutin berdonor darah, dengan niat untuk membantu sesama. “Saya sebenarnya takut jarum suntik, tapi diawali dengan niat ingin membantu sesama, meskipun tidak dalam materi, apa yang dapat saya sumbangkan yaitu berdonor darah.“

Para relawan menyiapkan penganan dan minuman bagi peserta donor.

Selain dengan PMI, Tzu Chi Indonesia juga bekerjasama dengan Yayasan Jantung Sehat Indonesia memberikan pemeriksaan kesehatan gratis.

Ketakutan akan jarum suntik tidak menjadi penghalang bagi beberapa donor yang untuk pertama kalinya mendonorkan darah.  Seperti Agus (38), salah satu staf yang bekerja di Poins Mall, yang tergerak untuk donor darah setelah diarahkan oleh para relawan Tzu Chi.

“Saya akhirnya memberanikan diri karena salah satu relawan Tzu Chi tadi membantu menyakinkan. Saya senang dapat merasakan ada kebersamaan karena akhirnya saya dapat membantu sesama manusia melalui berdonor darah." Tuturnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tetesan Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Tetesan Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

16 Juni 2022
Relawan Tzu Chi Palembang (komunitas Xie Li Kemuning) mengadakan kegiatan donor darah di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech.
Benih Cinta Kasih Melalui Donor Darah

Benih Cinta Kasih Melalui Donor Darah

11 April 2016
Pada tanggal 24 Maret 2016, Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), melaksanakan kegiatan donor darah dan penuangan celengan bambu di head office Sinar Mas.
Kebahagiaan Ganda dari Berdonor Darah

Kebahagiaan Ganda dari Berdonor Darah

20 September 2024

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Muara Karang bekerjasama dengan PMI Jakarta Barat mengadakan donor darah di Tzu Chi Hospital PIK, Jakarta Utara. Sebanyak 131 orang pun berhasil mendonorkan darahnya.

Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -