Antusiasnya Relawan Belajar Membungkus Bacang

Jurnalis : Felicite Angela Maria (He Qi Pusat), Fotografer : Felicite Angela Maria (He Qi Pusat)

Like Hermansyah memberikan pengarahan singkat kepada para relawan.

"Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus."
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Pagi itu sebanyak 50 relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat hadir dan berkumpul di depo pendidikan pelestarian lingkungan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat, Kamis 28 Desember 2023. Para relawan tampak semangat dan antusias belajar cara membungkus bacang.

“Ini sebagai persiapan kegiatan inti membungkus bacang bersama, di mana dalam kegiatan inti ini nanti kami relawan dari He Qi Pusat semua akan mempersiapkan 1.000 bacang untuk dibagikan sebagai bingkisan cinta kasih kepada para tamu pada acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023,” terang Lie Herlina selaku penanggung jawab.

Para relawan menyiapkan bahan isian bacang berbahan dasar nabati.

Tampak relawan sedang merebus daun bambu yang akan digunakan sebagai pembungkus bahan isian bacang.

Para relawan, pertama-tama diberikan pengarahan singkat tata cara membungkus bacang yang baik dan benar oleh relawan senior Like Hermansyah, didampingi, Lie Herlina dan relawan komite Lani Muliana. “Bacang-bacang ini akan menjadi hadiah dan suvenir kepada tamu-tamu, jadi bacang-bacang ini mewakili perwujudan cinta kasih Tzu Chi yang utuh, untuk itulah kita berkumpul bersama-sama belajar supaya mempunyai keseragaman,” ungkap Like Hermansyah.

Para relawan menyiapkan tali kenur untuk mengikat dan menggantung bacang.

Terlihat di beberapa sudut, ada relawan yang menyiapkan bahan-bahan nabati (vegetarian) sebagai isian bacang seperti beras ketan, berbagai jamur,  bumbu masak.  Ada pula relawan yang mencuci dan merebus daun bambu yang akan digunakan sebagai pembungkus bacang. Tidak luput juga beberapa relawan yang tampak menyiapkan tali kenur yang akan digunakan sebagai pengikat, juga untuk menggantung daun-daun bungkus bacang.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Persiapan Tim Konsumsi Menyambut Pemberkahan Akhir Tahun 2023

Persiapan Tim Konsumsi Menyambut Pemberkahan Akhir Tahun 2023

17 Januari 2024

Relawan Tzu Chi dari tujuh He Qi di Jakarta sibuk mempersiapkan acara Pemberkahan Akhir Tahun (PAT) Tzu Chi 2023. Mulai dari tim acara, tim barisan, tim performance, dan tim konsumsi, semua bersatu hati untuk kesuksesan acara ini.

Bacang untuk Tiga Perayaan

Bacang untuk Tiga Perayaan

29 April 2011 Meski Peringatan Hari Waisak, Hari Ibu, dan Hari Tzu Chi Se-dunia yang akan diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia akan jatuh pada hari Minggu tanggal 8 Mei 2011 mendatang, tetapi berbagai persiapan sudah dilakukan oleh relawan Tzu Chi.
Kesungguhan Para Relawan Bersumbangsih dalam Pembuatan Bakcang Vegetarian

Kesungguhan Para Relawan Bersumbangsih dalam Pembuatan Bakcang Vegetarian

06 Juni 2022

Tzu Chi Batam menyambut Perayaan Duan Wu atau Festival Perahu Naga dengan membuka pesanan untuk masyarakat Batam yang ingin memesan Bakcang Vegetarian Tzu Chi.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -