Audiensi Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan ke Tzu Chi Indonesia

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma menerima cinderamata yang diserahkan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P.(K) dalam kegiatan audiensi Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan ke Tzu Chi Indonesia.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Tzu Chi Hospital menerima audiensi dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan pada Jumat, 13 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang meeting lt.6, Tzu Chi Center, PIK ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma dan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P.(K).

Selain bersilaturahmi, dalam kunjungan ini juga membahas tentang rencana potensi kerja sama antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia (Tzu Chi Hospital) dengan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dalam hal medis. Hal ini karena Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan segera akan mengadakan transplantasi paru-paru pertama di Indonesia dan Tzu Chi Indonesia diajak sebagai salah satu mitra dalam kegiatan tersebut.

Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P.(K) menyerahkan draf MoU kerja sama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan kepada Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma untuk dipelajari lebih lanjut.

“Pada hari ini kami dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan melakukan audiensi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam rangka penjajakan rencana kerja sama dalam hal medis yaitu transplantasi paru-paru. Kami membutuhkan kolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi dan rumah sakitnya untuk membuat jaringan penerima donor dan pendonornya,” jelas Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P.(K).

Direktur Utama Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Susanto Sp.Bs berdiskusi dengan pihak Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan terkait transplantasi paru-paru.

Pihak Tzu Chi Indonesia khususnya Tzu Chi Hospital juga menyambut baik penjajakan potensi kerja sama ini. Direktur Utama Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Susanto Sp.Bs yang ikut dalam audiensi ini juga saling berdiskusi terkait transplantasi paru-paru dan seputar kerja sama dalam bidang medis yang bisa dilakukan.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan juga menyerahkan draf MoU kerja sama untuk dipelajari oleh pihak Tzu Chi Indonesia. Setelah audiensi berakhir, juga dilakukan pertukaran cinderamata antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma beserta Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Prof. DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P.(K) berfoto bersama didamping jajaran Tzu Chi Hospital dan jajaran dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan setelah kegiatan audiensi.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma juga menyambut baik penjajakan potensi kerja sama antara kedua belah pihak. Tzu Chi Indonesia pun menerima dan akan mempelajari draf MoU yang diserahkan oleh Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan.

“Ini merupakan suatu pekerjaan yang luar biasa, untuk kemanusiaan. Dan memang visi misinya sama seperti Tzu Chi. Tentunya saat ini baru akan kita diskusikan bentuk kerja samanya seperti apa ke depannya dengan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan,” kata Sugianto Kusuma.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Audiensi BPBD Jawa Barat ke Tzu Chi Indonesia

Audiensi BPBD Jawa Barat ke Tzu Chi Indonesia

20 Juli 2018 Pada Rabu, 18 Juli 2018, Tzu Chi Indonesia menerima kunjungan dari rombongan BPBD Jawa Barat. Selain untuk bersilaturahmi, kunjungan ini juga menjadi momen untuk saling bertukar pikiran dan berencana menjalin kerja sama.
Audiensi BNN Jakarta Utara ke Tzu Chi Indonesia

Audiensi BNN Jakarta Utara ke Tzu Chi Indonesia

19 Juli 2022

Tzu Chi Indonesia menerima kunjungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini, kedua belah pihak membahas potensi kerja sama yang dapat dilakukan di masa mendatang.

Audiensi Fair Winds Foundation ke Aula Jing Si

Audiensi Fair Winds Foundation ke Aula Jing Si

02 Agustus 2017

Jumat, 28 Juli 2017 Fair Winds Foundation, Taiwan mengunjungi kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, PIK, Jakarta Utara. Kegiatan yang diikuti 20 orang tamu dari Fair Winds Foundation bertujuan untuk belajar tentang keberadaan Tzu Chi di Indonesia.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -