Memberikan Darah Berarti Memberikan Kehidupan

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Para calon donor dicek Hemoglobin-nya.

Relawan Tzu Chi Palembang di komunitas Xie Li Tamken kembali mengadakan donor darah rutin yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 9 Juli 2023. Donor darah terus digelar mengingat masih dibutuhkannya pasokan darah. Donor darah ini diadakan di Sekolah Kusuma Bangsa, Jl. Residen Abdul Rozak, 8 Ilir Timur II, Palembang, berlangsung pukul 08.00– 12.00 WIB.

Calon donor terlebih dulu melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir.  Selanjutnya dicek kadar HB (Hemoglobin), bila sesuai standar, baru dapat mendonorkan darahnya.

Beny saat proses donor darah.

Dini yang adalah seorang donor aktif melakukan donor darah.

Beny mengetahui kegiatan ini dari anggota keluarganya. Kebetulan rumahnya bersebrangan dengan Sekolah Kusuma Bangsa. “Harapan saya semoga darah saya dan teman-teman yang lain bisa membantu orang-orang yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Donor lainnya adalah Dini yang merupakan donor aktif. “Kebetulan saya tahu info donor darah ini dari grup Whatsapp keluarga, biasanya sama-sama janjian untuk donor. Alhamdulillah di sini nyaman, lokasinya juga tidak panas. Kami datang langsung dilayani. Harapan saya ke depannya makin perbanyak info kegiatannya,” tutur Dini.

Tak hanya donor darah, pada kegiatan ini juga tersedia pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat gratis bagi para donor. Jumlah pendaftar pada kegiatan kali ini sebanyak 177 orang dan yang berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 159 orang.

Dokter Muchtar melakukan pengecekan kepada para donor berupa  cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Foto bersama para relawan dan Tim PMI Palembang usai kegiatan donor darah.

Junaidi Winarta, atau yang biasa disapa Afuk merupakan koordinator donor darah kali ini. Ia senang, jumlah donor bisa melampaui targetnya.

“Selama saya menjadi PIC, sudah 3 kali ini, hari ini saya paling senang, paling gembira karena target kami 150 kantong darah ternyata bisa melebihi target yaitu 159 kantong darah. Kami harap untuk kedepan bisa melebihi target kembali agar bisa menolong banyak orang,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Darah Anda Menyelamatkan Sesama

Darah Anda Menyelamatkan Sesama

26 Januari 2022

Setelah dua tahun tak menggelar donor darah karena dihadang pandemi Covid-19, relawan Tzu Chi di Kebon Jeruk, kembali menggelar donor darah di Kantor RW 05 Bojong Indah Jakarta Barat, Sabtu 22 Januari 2022.

Uluran Kasih Melalui Setetes Darah

Uluran Kasih Melalui Setetes Darah

20 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat Xie Li JB2 bekerja sama dengan unit transfusi darah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengadakan donor darah untuk pertama kalinya di Sekolah Tri Ratna, Jakarta Barat. 

Donor Darah, Menolong Diri Sendiri dan Orang Lain

Donor Darah, Menolong Diri Sendiri dan Orang Lain

30 November 2023

Sebanyak 78 kantong darah berhasil dihimpun pada donor darah yang digelar relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 di Semilar Estate, Kalimantan Tengah, Kamis 23 November 2023.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -