Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi Ke-142 di Lampung: Tiga Puluh Tahun Hidup dengan Penyakit Hernia

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Ismanto merasa sangat beruntung memiliki Istri seperti Lisnawati yang benar-benar selalu ada di sampingnya dan tidak pernah berhenti untuk mendukungnya untuk sembuh.

Saat didatangi di kediamannya di daerah Kupang Teba, Lampung, Sumatera Selatan, Ismanto (42) terlihat sedang beristirahat mempersiapkan dirinya untuk hari besar yang telah dinanti-nantikannya, operasi hernia. Kebanyakan orang yang menderita hernia sering merasakan rasa sakit dibagian perutnya. Itu juga yang dirasakan oleh Ismanto sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Kurang lebih sudah 30 tahun lamanya ia menderita dan mencoba bertahan dalam kesakitan.

“Sejak kelas 5 atau 6 SD itu sudah kerasa ada benjolannya. Dulu air bersih susah jadi harus ambil air di sumur, saya timba terus angkat ke rumah dilakukan berkali-kali, kemungkinan besar karena itu hernianya muncul. Awalnya benjolan kecil, lama-lama semakin dewasa semakin membesar. Sekarang kurang lebih seperti bola tenis atau sekepal tangan ini,” cerita Ismanto sambil mengepalkan tangannya, menggambarkan benjolan hernianya.

Hingga di usianya yang sudah berkeluarga dan memiliki dua anak, tidak jarang Ismanto merasakan sakit tetapi sebisa mungkin rasa sakit itu ia sembunyikan. Ia berusaha untuk selalu kuat di depan Istri dan anak-anaknya. Sebagai kepala rumah tangga Ismanto sadar ia harus tetap berjuang mencari nafkah untuk kehidupan keluarga dan biaya sekolah kedua anaknya. Sudah tujuh tahun belakangan ini Ismanto mencari nafkah dengan bekerja sebagai ojek online, dan sejak itulah ia semakin sering merasakan sakit. Sebelumnya Ismanto bekerja serabutan.

Sering kali saat Ismanto mencari nafkah sebagai driver ojek online, ia merasakan sakit di perut hingga pinggang dan selalu menjadi penghalangnya saat beraktivitas.

“Kalau perjalanan yang dekat masih nggak terlalu terganggu, tapi saat perjalanan jauh itu sangat terganggu. Kendalanya kalau ketemu jalan yang jelek sakit banget di perut yang saya rasakan. Kalau kita istirahatkan duduk atau ditekan ke dalam udah nggak sakit lagi, cuma ketika saya berdiri sakitnya terasa lagi, kalau sudah begitu larinya ke pinggang juga,” keluh Ismanto. “Tapi harus terus dijalani demi mencari nafkah untuk istri dan anak, jujur di dunia ojek online ini sekarang lagi sepi banget tapi dicukup-cukupi dan bersyukur aja,” lanjut Ismanto dengan berlinang air mata.

Keinginan Ismanto untuk sembuh semakin kuat setelah ia merasakan hernia yang ia miliki semakin membesar dan semakin parah rasa sakitnya. Sang istri, Lisnawati (32) pun mendukung Ismanto untuk mendapatkan pengobatan, tetapi terkendala dengan biaya operasi yang mahal. Karena itulah Ismanto mencoba berobat alternatif, meskipun hasilnya masih jauh panggang dari api. Rasa sakit itu masih terus membayanginya.

“Begitu saya tahu suami saya mengidap hernia, saya terus dukung dia untuk berobat cari cara untuk bisa dioperasi. Saya kasih semangat terus, karena kan dia itu tulang punggung keluarga makanya saya selalu bilang ke dia, ‘kalau kamu sayang sama keluarga, kamu harus semangat untuk sembuh’,” kata Lisnawati.

Harapan Kesembuhan itu pun Tiba
Dalam penantian dan harapannya untuk sembuh, Ismanto mendapat kabar baik dari salah seorang tetangganya bahwa di Lampung akan diadakan bakti sosial kesehatan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Tanpa berpikir panjang dan juga berusaha melawan rasa takutnya, Ismanto langsung mendaftarkan diri dan mengikuti tahap demi tahap, hingga kabar mengembirakan datang Ismanto lolos pada tahap screening dan segera akan dioperasi.

Tim Medis Tzu Chi Indonesia sedang mengoperasi pasien hernia, minor GA, minor lolal dan bibir sumbing.

Sabtu, 1 Desember 2023, hari yang dinanti pun tiba. Saat menunggu giliran untuk dioperasi Ismanto terlihat tampak gugup. Tetapi keinginannya untuk sembuh jauh lebih besar dari rasa takutnya. Ia terus menenangkan dirinya sambil berdoa.

“Ada rasa takut sih, tapi berusaha nggak mau mikirin hal-hal itu, dari tadi berdoa semoga operasinya lancar, bisa keluar dari ruang operasi dengan selamat dan bisa cepat sembuh, itu aja saya mikirnya,” ungkap Ismanto di ruang tunggu.

Selesai operasi, keesokan harinya dr.Tegoeh Winandar, Sp.B, memeriksa kondisi Ismanto dan memastikan jaitan bekas operasinya tidak ada masalah.

Tidak menunggu lama Ismanto dituntun para relawan Tzu Chi untuk masuk ke ruang operasi. Para perawat dan dokter membawa suasana dalam ruang operasi menajadi lebih tenang dan Ismanto juga diberikan kata-kata yang memotivasi untuk menghilangkan rasa takutnya. Ini membuat ismanto semakin yakin dan percaya ia berada di tangan para dokter yang tepat dan berpengalaman.

Selang satu jam operasi Ismanto selesai. Lisnawati yang setia menunggu suaminya merasa lega saat mengetahui operasi suaminya berjalan dengan lancar dan berhasil.  “Alhamdullilah bersyukur banget ini yang dinanti-nantikan suami saya selama ini. Benar-benar kado terindah di akhir tahun untuk keluarga saya. Semoga bisa segera pulih kembali,” ungkap Lisnawati.

Ismanto merasakan ketulusan yang diberikan para relawan Tzu Chi kepada ia dan pasien-pasien lainnya beserta pendampingnya. “Bagus sekali pendampingannya dari awal sampai akhir, baik, dan ramah semua, terima kasih untuk Tzu Chi,” ungkap Ismanto.

Setelah operasi, dokter yang mengoperasi datang memeriksa kondisi pasien.

“Selamat pagi Pak Ismanto, bagaimana kondisinya, ada keluhan?” kata dr. Tegoeh Winandar, Sp.B, sambil memeriksa jahitan.

“Kemaren sempat merasa sangat nyeri, Dokter, tapi sekarang alhamdullilah sudah tidak terlalu nyeri lagi,” jawab Ismanto.

“Oh iya itu wajar setelah operasi, apalagi karena sudah 30 tahun lebih jadi memang kemaren itu benjolannya sudah ada yang menempel dengan organ lainnya, jadi nggak papa itu efek setelah operasi, sehat-sehat ya, Pak, jangan beraktivitas yang berat-berat dulu,” kata dr.Tegoeh berpesan.

“Baik, Dokter. Terima kasih ya dokter, suster, makasih semuanya,” ucap Ismanto dengan senyum yang merekah.

Bebas dari Hernia, Ada Harapan Baru Menanti
“Sudah bisa berdiri, jalan juga sudah nggak  sakit lagi, bekas operasinya juga sudah jauh membaik. Benar-benar masih belum percaya akhirnya hernia yang bisa dibilang melekat di hidup saya selama ini sudah hilang,” kata Ismanto haru ketika dikunjungi di rumahnya pascaoperasi. Tak henti-hentinya ia mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tzu Chi yang telah “mengangkat penderitaannya” selama 30 tahun lebih.

Setelah terbebas dari hernia, Ismanto dapat kembali melanjutkan hidupnya tanpa rasa sakit dan nantinya bisa lebih fokus untuk bekerja mencari nafkah untuk istri dan kedua anaknya.

“Saya nggak bisa bilang apa-apa selain terima kasih sebanyak-banyaknya buat Yayasan Buddha Tzu Chi, para dokter dan perawat, juga buat relawan yang sangat perhatian, sungguh suatu kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan,” ungkap Ismanto.

Setelah pulih, Ismanto berencana untuk berusaha lagi mencari nafkah untuk keluarga. Namun, kali ini ia memilih untuk bekerja yang lebih aman bagi kesehatan. “Mungkin berdagang,” kata Ismanto. Ia khawatir jika hernianya kambuh lagi jika bekerja yang terlalu menguras fisik. “Walau belum terpikirkan mau jualan apa, tapi saya yakin akan ada aja jalannya,” kata Ismanto optimis.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi Ke-142 di Lampung: Tiga Puluh Tahun Hidup dengan Penyakit Hernia

Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi Ke-142 di Lampung: Tiga Puluh Tahun Hidup dengan Penyakit Hernia

06 Desember 2023

Baksos kesehatan Tzu Chi ke-142 di Lampung membawa kebahagiaan untuk Ismanto (42) yang mengalami hernia sejak sekolah dasar. Rasa sakit terus menghantui Ismanto saat bekerja. Setelah dioperasi, Ismanto kini terbebas dari sakit yang menyertainya selama 30 tahun lebih.

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 di Lampung: Turut Bantu Pemerintah dalam Bidang Kesehatan

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 di Lampung: Turut Bantu Pemerintah dalam Bidang Kesehatan

13 Desember 2023

Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi ke-142 yang digelar di Lampung pada 1-2 Desember 2023 sangat membantu warga yang selama ini belum berkesempatan berobat karena kesulitan biaya.

Warga Lampung Antusias Sambut Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142

Warga Lampung Antusias Sambut Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142

29 November 2023

Jam dinding di Gedung Aula Sudirman KOREM 043 Lampung baru menunjukkan pukul 06.00 pagi. Udara pagi itu masih terasa dingin karena gerimis. Namun pasien yang akan mengikuti skrining Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 sudah berdatangan memenuhi tenda-tenda pendaftaran.

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -