Bantuan Bagi Warga Hegarmanah yang Alami Kebakaran

Jurnalis : Eny Herlina (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Firli, Devis, Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi memberikan 4 paket ember, 8 liter minyak goreng, 4 dus mie instan, 200 pcs masker medis, 20 kg beras, 8 bungkus biskuit, serta pakaian layak pakai.

Kebakaran menimpa dua rumah di Jalan Setiabudi RT 01 RW 03, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap Bandung pada 26 Desember 2023. Menurut Ketua RW 03, Tatang Karuna, api berasal dari sebuah rumah yang mengalami konslet listrik saat anggota keluarga sedang membersihkan rumah akibat banjir usai hujan deras.  Api muncul dari arus pendek kabel yang terbakar menyambar pakaian dan lantai kayu rumah tersebut. Kebakaran terjadi sekitar satu jam setengah dan merembet ke sebelah rumah kost.

“Berkat antipasi petugas pemadam kebakaran tidak melebar kemana-mana, Semoga ke depan ada rezekinya bisa dibangun lagi, untuk sementara keluarga ditampung di rumah RT 01 Dede Rusli,” ujar Tatang Karuna.

Relawan meninjau 4 kamar kost yang terbakar.

Setelah melalui proses survei, relawan Tzu Chi Bandung langsung menyalurkan bantuan berupa 4 paket ember, 8 liter minyak goreng, 4 dus mie instan, 200 pcs masker medis, 20 kg beras, 8 bungkus biskuit, serta baju- baju layak pakai. Relawan Tzu Chi sangat bersimpati, sekaligus ini menjadi pelajaran agar berhati-hati dengan alat-alat listrik di rumah, walau cuaca sedang hujan lebat bukan berarti aman dari bencana kebakaran. Yang terpenting dari kejadian tersebut tetap bersyukur sebab masih diberi keselamatan jiwa dan raga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Duri Utara

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Duri Utara

12 Juli 2023

Selain paket bantuan kebakaran, relawan Tzu Chi juga memberikan bantuan uang pemerhati (dukacita) kepada keluarga korban yang meninggal dunia dalam musibah ini.

Perhatian dan Bantuan Paket Kebakaran di Jatinegara

Perhatian dan Bantuan Paket Kebakaran di Jatinegara

04 Oktober 2019

Untuk meringakan beban para korban kebakaran di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Tzu Chi memberikan paket bantuan kebakaran sebanyak 128 di Kelurahan Rawa Bunga dan 42 di Kelurahan Bali Mester.

Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Mangga Dua

Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Mangga Dua

03 Februari 2022

Sehari jelang Tahun Baru Imlek, para relawan Tzu Chi di He Qi Pusat mengambil ladang berkah, membagikan 88 paket bantuan kebakaran di Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -