Tzu Chi Bantu Korban Kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Tommy Sulianto (Tzu Chi Pekanbaru)

Relawan Tzu Chi Pekanbaru membagikan bantuan berupa uang pemerhati dan 14 paket bantuan kebakaran kepada warga yang menjadi korban kebakaran ruko di Pasar Kelurahan Sungai Apit.

Musibah kebakaran terjadi di Jl. Hang Tuah, Pasar Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau pada Minggu sore, 6 Agustus 2023. Akibat peristiwa ini, ruko-ruko yang sebagian besar terbuat dari kayu hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kebakaran ini menimbulkan kerugian materi yang besar.  

Mendapatkan informasi musibah kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit,  keesokan harinya relawan Tzu Chi Pekanbaru segera menuju lokasi kebakaran untuk melakukan survei dan pendataan yang ditempuh perjalanan darat selama lebih kurang 3 jam. Kegiatan ini juga didamping oleh relawan lokal di Sungai Apit, RT setempat, dan warga.

Lokasi musibah kebakaran ruko yang terjadi di Jl. Hang Tuah, Pasar Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Dari hasil survei, kemudian pada Selasa, 8 Agustus 2023, relawan Tzu Chi Pekanbaru kembali menuju Pasar Kelurahan Sungai Apit untuk membagikan bantuan. Bantuan tersebut berupa uang pemerhati dan 14 paket bantuan kebakaran berupa peralatan kebutuhan rumah tangga yang dikemas dalam boks kontainer kepada keluarga yang terkena musibah tersebut. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada warga oleh relawan Tzu Chi bersama dengan Camat Sungai Apit, Tengku Mukhtasar, S.Sos beserta jajaran.

Camat Sungai Apit, Tengku Mukhtasar, S.Sos memperkenalkan Yayasan Buddha Tzu Chi serta memberikan apresiasi atas perhatian yang diberikan kepada korban kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit.

Dalam sambutannya, Camat Sungai Apit, Tengku Mukhtasar, S.Sos berterima kasih dan mengenalkan Yayasan Buddha Tzu Chi yang sebelumnya sudah dikenalnya sebagai yayasan yang murni sosial, tidak memandang suku dan agama bahkan tidak ada unsur politik.

“Kegiatan ini murni dari hati. Relawan Tzu Chi hadir di tempat kita, ikut merasakan, serta memberikan perhatian kepada para korban yang mengalami musibah kebakaran ini,” jelas Camat Sungai Apit, Tengku Mukhtasar, S.Sos.

Koordinator Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Pekanbaru, Mulyady Salim dibantu oleh relawan lokal di Sungai Apit menurunkan bantuan bagi korban kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit.

Koordinator Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Pekanbaru, Mulyady Salim Shixiong menyampaikan harapan dan ucapan terima kasih kepada para warga korban kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Apit yang sudah bersedia menerima bantuan.

“Semoga ini dapat meringankan beban akibat musibah kebakaran ini. Kami juga sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan hal ini, terima kasih,”ungkap Mulyady Salim Shixiong

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Turut Berempati Meringankan Beban Warga Korban Kebakaran di Kapuk Muara

Turut Berempati Meringankan Beban Warga Korban Kebakaran di Kapuk Muara

07 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi memberi perhatian kepada warga korban kebakaran di Kapuk Muara dengan membagikan 350 paket bantuan. Paket bantuan kebakaran ini masing-masing berisi beras (10 kg), mi instan (1 dus), dan kelambu (1 set).

Bantuan dan Santunan untuk Korban Kebakaran di Medan

Bantuan dan Santunan untuk Korban Kebakaran di Medan

20 Desember 2022

Tzu Chi Medan Mandala memberikan bantuan dan santunan kepada warga korban kebakaran di Jl. Pukat I Gg. Buntu, Kelurahan Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung. 

Bantuan Kebakaran: Bentuk Cinta Kasih dan Menjalin Tali Silahturahmi

Bantuan Kebakaran: Bentuk Cinta Kasih dan Menjalin Tali Silahturahmi

23 Maret 2016
Relawan Adi Wisastra selaku koordinator kegiatan ini mengungkapkan harapannya yaitu agar para warga yang tertimpa musibah dapat segera bangkit lagi semangatnya.
Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -