Bantuan Beras untuk Masyarakat Prasejahtera di Masa Pandemi

Jurnalis : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Liane Megata, relawan Tzu Chi Bandung mendampingi salah satu warga. Warga yang mendapat bantuan merupakan mereka yang belum menerima bantuan.

Relawan Tzu Chi Bandung terus berupaya membantu masyarakat prasejahtera yang terdampak pandemi Covid-19 di masa PPKM darurat. Sebanyak 285 paket beras diberikan kepada masyarakat yang tersebar di beberapa titik di Kota Bandung, seperti Pagarsih, Cibadak, Kelurahan Suka Asih, Kelurahan Kopo, Banjaran, dan Padalarang. Setiap warga menerima bantuan berupa 5 kg beras dan 10 pcs masker medis.

Sebanyak 285 paket bantuan berisikan 5 kg beras dan 10 buah masker medis.

Anisa salah satu warga penerima bantuan Beras PPKM yang berprofesi sebagai penjual baju keliling bersama suaminya. Sejak pandemi, pendapatan mereka menurun drastis.

Pemberian bantuan dilakukan pada Selasa, 2 November 2021. Lianne Megata, salah satu relawan Tzu Chi yang ikut dalam kegiatan ini marasa sangat bahagia karena dapat berkontribusi untuk membantu sesama. “Pemberian bantuan beras ini semoga dapat lebih merata dan tepat sasaran, dimana targetnya adalah warga yang belum mendapat bantuan di masa PPKM ini, dan berharap ke depanya akan semakin banyak lagi paket bantuan yang bisa disalurkan, “ ungkapnya.

Bantuan beras dan masker medis ini disambut baik oleh Anisa, salah satu warga. Ibu satu anak ini bersama suaminya berjualan pakaian dengan sekala kecil. Namun saat pandemi, semakin hari pendapatannya semakin menurun hingga membuatnya terpaksa gulung tikar. Keluarga Anisa sendiri mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

13 orang relawan membagikan kupon bantuan beras kepada warga dari tanggal 30 – 31 Oktober 2021.

“Alhamdulillah ya dapat bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, terima kasih atas bantuannya sangat membantu untuk makan sehari-hari alhamdulillah sekali. Di masa pandemi ini serba susah ya, bantuan ini sangat berguna sekali bagi kami,” kata Anisa.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

21 Desember 2021

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan ICRP menyerahkan bantuan 1 ton beras kepada Pondok Pesantren Fatihatul Qur’an Education Centre di Kemang, Bogor.

Menyalurkan Cinta Kasih dalam Sekarung Beras

Menyalurkan Cinta Kasih dalam Sekarung Beras

19 Agustus 2022

Tzu Chi Batam dipercaya oleh PT. Shimano Batam untuk mendistribusi beras cinta kasih ke warga yang membutuhkan. Total ada 700 karung beras @ 10 Kg yang dibagikan relawan kepada 700 warga Kelurahan Duriangkang, Kota Batam.

Bersyukur atas Bantuan Beras dan Masker

Bersyukur atas Bantuan Beras dan Masker

08 Maret 2021

Kholifah (48) tampak semringah sepulang dari mengambil bantuan beras dan masker di Kantor Sekretariat RW 01, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Tak hanya Kholifah, para tetangganya di pemukiman padat penduduk di RW 01 ini juga bersyukur dengan bantuan beras dan masker dari Tzu Chi Indonesia. Ada 500 paket yang dibagikan pada Jumat 5 Maret 2021 ini, masing-masing terdiri dari 10 kilogram beras dan 20 pcs masker.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -