Bantuan Cinta Kasih untuk Guru Mengaji dan Marbot Masjid

Jurnalis : Indah Puspita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Indah Puspita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung menyerahkan paket lebaran kepada guru mengaji, marbot, dan pengurus masjid. Pemberian paket lebran ini berisi beras 5 Kg, telur 1 papan, minyak goreng 1 liter, dan biskuit.


“Cinta kasih hendaknya tidak membeda-bedakan ras dan negara, asalkan sebuah kehidupan, semuanya harus dihargai dan diberikan perhatian”
Kata perenungan Master Cheng Yen

Memanfaatkan momen dibulan suci Ramadan, relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung ingin berbagi kebahagiaan dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah bersama guru mengaji, marbot (petugas yang merawat dan membersihkan masjid), dan pengurus masjid yang ada di Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Lampung Selatan.

Paket lebaran 2023 ini wujud dari kepedulian dan apresiasi relawan Tzu Chi Xie Li Downstream Lampung kepada guru mengaji, marbot, dan pengurus masjid dengan memberikan paket lebaran  di Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Lampung Selatan. 

Relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung sebelum penyerahan paket bantuan lebaran beramah tamah dengan para guru mengaji, marbot, dan pengurus masjid.

Pada kesempatan itu, relawan mengimbau kepada guru mengaji dan marbot masjid untuk tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah makin terkendali. “Bapak ibu tetap jaga kesehatan, tidak lupa memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan usahakan mengonsumsi vitamin ya,” ujar Sri Astuti, salah satu relawan.

Imbauan relawan sangat penting disampaikan karena guru mengaji adalah tokoh masyarakat yang bertemu langsung dengan banyak orang. Selanjutnya, marbot Masjid adalah orang-orang baik yang bekerja untuk keperluan beribadah masyarakat, mulai dari menjaga kebersihan Masjid. Namun, terkadang mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung dengan penuh syukur menyerahkan beras dan paket sembako kepada guru mengaji, marbot, dan pengurus masjid.

Para marbot masjid adalah sosok yang tangguh bekerja di tengah masyarakat secara ikhlas dan berjasa dalam menjaga fasilitas umum masjid. Pekerjaan ini dilakukan setiap hari dan kapan pun dibutuhkan. “Mereka-mereka inilah  yang membersihkan masjid, menjaga fasilitas, melayani yang beribadah atau berkunjung, terkadang beberapa dari mereka sekaligus mengajarkan mengaji bagi anak-anak di lingkungan masjid. Bahkan, ada dari mereka yang harus terpaksa tinggal di lingkungan masjid karena tidak memiliki tempat tinggal sendiri,” lanjut Sri Astuti.

Profesi marbot dalam pandangan kami perlu untuk melakukan sesuatu sebagai apresiasi dan bentuk cinta kasih kepada para guru mengaji, marbot (petugas yang merawat dan membersihkan masjid), dan pengurus masjid,” sambung Sri Astuti.

Para relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung berkesempatan untuk foto bersama dengan para guru mengaji dan marbot masjid.

Bantuan paket lebaran 2023 ini berisi 5 Kg beras, 1 papan telur, 1 liter minyak goreng, dan biskuit. Penyerahan paket lebaran ini berlangsung di teras Masjid Al Hikmah Desa Rangai Tri Tunggal pada 10 april 2023.

Turmini Wati salahsatu penerima bantuan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada relawan Tzu Chi yang sudah memperhatikan dirinya. “Terima kasih atas bantuannya ya. Terima kasih juga sudah mau memperhatikan kami,” ujar Turmini terbata-bata. Penerima bantuan lainnya adalah Jumahir, seorang guru mengaji asal Dusun Rangai Selatan II berterima kasih dan mendoakan para relawan Tzu Chi. “Terima kasih semuanya. Semoga semua relawan diberikan kesehatan dan kemudahan dalam bertugas,” ucap Jumahir sambil berdoa.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

09 Mei 2023

Menghimpun berkah di bulan Ramadan, Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda berbagi kebahagiaan untuk anak yatim di sekitar operasional PT SMART Tbk unit Marunda pada 19 April 2023.

Berkah Ramadan Menyelimuti Warga Kelurahan Mangga Dua Selatan

Berkah Ramadan Menyelimuti Warga Kelurahan Mangga Dua Selatan

14 April 2023

Sambut Idul Fitri, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali menyalurkan paket sembako bagi warga prasejahtera. Salah satu lokasi pembagian paket sembako ini ada di Depo Tzu Chi Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat pada Sabtu, 8 April 2023. 

Tzu Chi Bagikan Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir

Tzu Chi Bagikan Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir

08 Mei 2023

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Lurah 13 Ilir dan 14 Ilir serta Polda Sumsel menyalurkan bantuan paket sembako Idul Fitri kepada warga yang membutuhkan.

Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -