Berbagi Berkah Ramadan untuk Petugas Kebersihan

Jurnalis : Dewi Tjandi (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dewi Tjandi (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Dewi Tjandi berbincang dengan salah satu petugas kebersihan di Kota Palembang.

”Perasaan bersyukur harus ditunjukkan dalam tindakan nyata
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatera Selatan (Sumsel) 1 berbagi kasih dengan 120 petugas kebersihan Kota Palembang berupa bantuan sembako. Kegiatan yang turut didukung oleh Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan ini diserahkan langsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, (5/4/2023).

Dr. H. Akhmad Mustain.S.STP, M.Si selaku Kepala Dinas DLHK menyambut baik bantuan yang diberikan relawan. “Jumlah petugas kebersihan kami sebanyak 1,418 orang. Dan kami memang belum ada alokasi dana untuk memberi bingkisan di bulan Ramadan ini. Untuk itu, meski belum bisa membantu semua petugas kami, saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas bantuan ini karena dapat membantu meringankan dan membahagiakan para petugas kebersihan,” ujarnya. 

Relawan bergotong-royong menyiapkan bingkisan yang akan dibagikan untuk petugas kebersihan.

Relawan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang sebelum pembagian bingkisan.

Akhmad Mustain berharap ke depan bantuan-bantuan seperti ini dapat terus bertambah agar lebih banyak lagi petugas kebersihan yang memperoleh bantuan sembako. “Dan semoga ke depan akan terjalin keakraban antara kami dan Paguyuban Sinar Mas bersama Tzu Chi,” harapnya.

Dewi Tjandi, salah satu relawan mengatakan kegiatan ini sebagai dukungan bagi petugas kebersihan Kota Palembang yang sudah banyak kontribusinya bagi kebersihan Kota Palembang. “Selain juga sebagai bagian dari program Berbagi Berkah Ramadan tahun ini,” ujarnya setelah pembagian bingkisan.

Foto bersama sebelum pemberian bingkisan lebaran.

Hal yang tak jauh berbeda juga disampaikan Iwan Setiawan, Ketua Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan. “Ini wujud penghargaan kami kepada petugas kebersihan yang sudah banyak jasanya bagi kebersihan Kota Palembang. Selain juga sebagai dukungan kami agar para petugas kebersihan ini bisa menunaikan ibadah puasa dengan tenang hingga nanti lebaran,” ungkapnya.

Dukungan bagi para petugas kebersihan Kota Palembang ini sudah dilakukan relawan selama tiga tahun berturut-turut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Sembako untuk Mereka yang Membutuhkan

Paket Sembako untuk Mereka yang Membutuhkan

03 Mei 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebanyak 850 paket sembako dibagikan relawan Tzu Chi Bandung kepada warga prasejahtera. Paker berisi beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan, dan masker.

Berbagi Kebahagiaan dengan 1.256 Paket Lebaran

Berbagi Kebahagiaan dengan 1.256 Paket Lebaran

27 April 2023

Tzu Chi Pekanbaru memberikan 1.256 paket sembako (Paket Lebaran) kepada warga prasejahtera di Pekanbaru, Tualang-Kabupaten Siak, dan Kota Dumai.

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

09 Mei 2023

Menghimpun berkah di bulan Ramadan, Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda berbagi kebahagiaan untuk anak yatim di sekitar operasional PT SMART Tbk unit Marunda pada 19 April 2023.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -