Bantuan Renovasi Gedung SMA Xaverius, Bukitinggi

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang) , Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kasuma Laurenzi bersama relawan meninjau renovasi gedung lantai 3 SMA Xaverius, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar tentu harus didukung dengan sarana maupun prasarana yang memadai sehingga bisa menciptakan kualitas siswa yang lebih baik. Hal inilah yang dilakukan Tzu Chi Padang dengan memberikan bantuan renovasi SMA Xaverius di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

SMA Xaverius yang diresmikan pada 17 April 2011 ini berada dibawah naungan Yayasan Prayoga. Untuk meningkatkan kualitas sekolah tersebut, maka SMA Xaverius melakukan renovasi gedung sekolah menjadi 3 lantai. Namun proses renovasi gedung sekolah ini pun harus terhenti karena terkendala biaya. Maka dari itu Kepala Sekolah SMA Xaverius yang sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Ketua Yayasan Prayoga menghubungi relawan Tzu Chi Padang (Rukiat Tasib shixiong dan Melinda shijie) untuk mengajukan proposal bantuan renovasi pada bulan Juni 2018.

SMA Xaverius, Bukittinggi merupakan salah satu sekolah yang dibantu Tzu Chi Padang untuk renovasi gedung sekolah.

Relawan Tzu Chi Padang, bersama siswa, guru, dan staf SMA Xaverius meninjau ruangan laboratorium komputer yang sudah selesai direnovasi dan siap untuk digunakan.

Pada bulan yang sama, relawan Tzu Chi Padang datang untuk meninjau SMA Xaverius yang kondisi renovasinya terhenti. Setelah melakukan peninjauan, Tzu Chi Padang kemudian menyetujui permohonan bantuan untuk membantu penyelesaian renovasi lantai 3 SMA Xaverius. Bantuan yang diberikan pun bukan berupa uang tunai, tetapi Tzu Chi padang mengajak para donatur dan relawan untuk bersumbangsih melalui bahan bangunan berupa seng, keramik, closet, dan bahan bangunan lainya.

Kemudian pada bulan November 2018, proses renovasi SMA Xaverius kembali dilakukan. Namun proses renovasi kembali terhambat saat ini karena pandemi Covid-19. Pada 20 Oktober 2021, Ketua Tzu Chi Padang, Widya Kasuma Laurenzi dan relawan Tzu Chi Padang kembali berkesempatan meninjau ulang renovasi gedung lantai 3 SMA Xaverius. Saat peninjauan, ruangan laboratorium komputer, laboratorium fisika, laboratorium biologi sudah selesai dan sekarang ini yang masih dalam tahap penyelesaian adalah ruangan untuk aula.

Selain meninjau renovasi gedung, relawan Tzu Chi juga mensosialisasikan kembali tentang Misi-misi Tzu Chi.

“Kami sangat berharap untuk renovasi di lantai 3 ini cepat selesai sehingga dapat digunakan. Terima kasih banyak kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah banyak membantu untuk penyelesaian renovasi sekolah. Kami para guru dan murid juga ikut memberikan dukungan kepada Tzu Chi dengan mengumpulkan koin (celengan bambu),” ungkap Selvia, Kepala Sekolah SMA Xaverius. Selain meninjau ulang pembangunan, Ketua Tzu Chi Padang juga mensosialisasikan kembali tentang Tzu Chi dan celengan bambu kepada siswa siswi SMA Xaverius.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Tzu Chi Renovasi Gereja HKBP Unte Mungkur di Tapanuli Utara

Tzu Chi Renovasi Gereja HKBP Unte Mungkur di Tapanuli Utara

15 Oktober 2021

Gereja HKBP Unte Mungkur telah berusia 126 tahun. Bangunannya sudah banyak yang lapuk dimakan usia sehingga terjadi bocor di sana- sini. Usai direnovasi, para jemaat pun merasa nyaman saat melaksanakan kebaktian.

Menanti Awal yang Baru

Menanti Awal yang Baru

19 April 2018
Menjadi salah satu keluarga yang mendapatkan bantuan renovasi rumah dari Yayasan Buddha Tzu Chi bekerja sama dengan Kopassus, Juminah tak habis bersyukur. Tiga puluh empat tahun sudah Juminah berjuang sendiri membesarkan dan menghidupi 8 anaknya. Tak pernah sedikitpun ia mengeluh karena ditinggal suami.
Berkah Tak Terhingga

Berkah Tak Terhingga

07 September 2020
Di tengah keputusasaannya menjalani kehidupan tinggal di rumah yang selalu kebanjiran, Alimatusakdiah yakin bahwa Tuhan akan memberikan berkah tak terhingga untuk hidupnya. Berkah itupun datang dengan hadirnya bantuan renovasi rumah dari Tzu Chi.
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -