Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)
Pak Rusli warga RT 07 RW 09 mengambil air untuk wudhu ditemani Johan, relawan Tzu Chi.

“Cinta kasih bukan hanya di dalam hati, juga harus ditunjukkan dalam tindakan nyata”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Air merupakan sumber kehidupan. Kekurangan air dapat menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), tepatnya Kodim 05/01 Jakarta Pusat membangun titik sumber air bersih di beberapa lokasi. Rabu 12 Juli 2023, 3 relawan ditemani perwakilan dari Sekretariat Tzu Chi Indonesia mengunjungi warga di Jl. Kramat Pulo Gundul III RT 01/RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru dan warga di Jl. Kramat Lontar 14 Buntu, Kelurahan Paseban, Senen dalam rangka melihat titik sumber air bersih yang telah dibangun.

Relawan mengecek kualitas air dari sumur bor yang dibangun di Kelurahan Paseban.

Dandim 0501/JP Letkol Inf. Bangun I.E. Siregar, S.H., M.I.Pol. mengakui betapa bermanfaatnya bantuan ini bagi warga sekitar.

Untuk titik sumber air bersih Johar Baru, selesai dibangun dari Mei 2023. “Pembuatan sumur bor ini sangat membantu warga, karena warga di sini juga bukan warga mampu untuk membayar pam kapasitas besar, terkadang juga ada permasalahan air ya kecil yang keluar, jadi bagus dan berguna, warga sini juga tidak punyak MCK (mandi,cuci,kakus) sendiri, kalau membutuhkan MCK mereka harus berjalan cukup jauh,” jelas Mayor Arm Hendri Nuryanto Danramil 08/JB, yang mendampingi relawan mengunjungi dan melihat situasi tempat tinggal warga RW 09, Kelurahan Tanah Tunggu. Kunjungan ke lokasi sumur bor ini juga dihadiri Dandim 0501/JP Letkol Inf. Bangun I.E. Siregar, S.H., M.I.Pol.

“Selain membantu warga, juga membantu warung sekitar yang mencari nafkah. Ledeng saya punya tapi kadang kecil keluarnya, membantulah untuk saya, untuk ibadah bisa wudhu di sini juga,” ujar Pak Rusli (52) warga RT 07 RW 09.

Jajaran Kelurahan Paseban menyambut kehadiran para relawan yang datang mengecek sumur bor.

Foni sambil menggendong anak, ia membantu kakaknya menjaga warung. Foni dan keluarganya sangat terbantu dengan adanya bantuan sumur bor yang dibangun Tzu Chi.

Saat sore hari warga yang membutuhkan air bersih dapat membawa ember untuk mengambil air yang diperlukan. Senada dengan Pak Rusli, Foni warga Kelurahan Paseban juga mengungkapkan rasa bersyukurnya dibangun sumur bor sejak Februari 2023.

“Sangat membantu Bu, saya dahulu sebelum ada air ini setiap hari harus memesan air pikulan sekitar 20 ribu atau lebih untuk kebutuhan minum dan masak, karena air sumurnya tidak bisa untuk minum” ujarnya yang sehari-hari membantu kakaknya membuka warung di lingkungan RW 01 kramat Lontar.

Jelang malam, warga menenteng ember mengambil air yang dibutuhkan untuk keperluan sehari – hari.

Warga di kedua kelurahan tersebut pun bahu-membahu menjaga dan melestarikan sumur bor yang dibangun Tzu Chi untuk warga yang membutuhkan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Warga Kampung Warung Loa, Bogor  Tak Lagi Khawatir Kekurangan Air bersih di Musim Kemarau

Warga Kampung Warung Loa, Bogor Tak Lagi Khawatir Kekurangan Air bersih di Musim Kemarau

09 Oktober 2023

Tim Tanggap Darurat Yayasan Tzu Chi bersama TNI AD (KOSTRAD) meresmikan bak penampungan air bersih di wilayah Ajisaka Kampung Warung Loa, Tamansari, Bogor. 

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

17 Juli 2023

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 05/01 Jakarta Pusat membangun titik sumber air bersih di beberapa lokasi. Salah satunya di Jl. Kramat Pulo Gundul III RT 01/RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru dan di Jl. Kramat Lontar 14 Buntu, Kelurahan Paseban, Senen.

Bantuan Sumur Bor untuk Pesantren Daarul Maarif

Bantuan Sumur Bor untuk Pesantren Daarul Maarif

31 Mei 2023

Komunitas Relawan APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung menambah suplai air bersih di Pondok Pesantren Daarul Maarif, Desa Banjar Negeri, Kec. Natar, Lampung Selatan. Bantuan diberikan pada Selasa (16/5/23).

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -