Bantuan Sumur Bor untuk Pesantren Daarul Maarif

Jurnalis : Sunano (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Valentino (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Relawan dan pengurus pondok pesantren berfoto bersama di depan tandon air bersih yang menampung air dari sumur bor.

“Hidup manusia tidak kekal. Bersumbangsihlah segera dikala masyarakat memerlukan anda, lakukanlah selama anda masih bisa melakukannya”
- Master Cheng Yen -

Berawal dari seringnya terlibat dalam acara keagamaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Daarul Maarif, relawan APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung, mendengar dan menangkap kesulitan yang dihadapi oleh pondok pesantren ini. Yaitu terbatasnya suplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan operasional seperti kegiatan sekolah maupun kegiatan dengan jamaah, dan para peziarah yang datang ke makam para Habaib yang ada di komplek Ponpes Daarul Maarif, yang terletak di Desa Banjar Negeri, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Relawan bersilaturahmi sebelum mengikuti penyerahan simbolis bantuan air bersih yang dirangkai pengajian.

Sekitar akhir Februari 2023, relawan bersilaturahmi sambil survei ke Pondok Pesantren Daarul Maarif dan diterima langsung pimpinan pondok pesantren, Habib Assadullah bin Muh. Assegaf.  Pada saat survei ini, relawan melihat langsung keterbatasan air bersih yang dialami pesantren ini. Terutama pada jam istirahat siang, yang mana para santri melakukan shalat dzuhur berjamaah. Mereka harus mengantre panjang untuk mengambil wudhu dengan debit air yang tidak mencukupi. Pondok pesantren ini menampung 1.330 santri dari semua jenjang pendidikan.

Sunano, pembina Komunitas Relawan APP Sinar Mas PT Konverta Mitra Abadi mendampingi pimpinan pondok pesantren memanfaatkan bantuan air bersih yang diberikan.

Dari survei ini, relawan menggandeng PT Sucofindo melakukan uji geolistrik untuk memetakan kondisi dan potensi kandungan air bawah tanah di pesantren ini yang dilakukan pada 21 Maret 2023. Pada awal April pengeboran dilakukan dengan merujuk hasil uji geolistrik. Kebetulan titik pengeboran dekat dengan lokasi yang diinginkan oleh pihak pesantren yaitu di area sekolah Tsanawiyah (SMP). Lokasi ini biasa digunakan sebagai tempat shalat berjamaah dan pengajian rutin.

Proses pengeboran selesai dilakukan pada 10 April 2023. Air berhasil keluar dengan kualitas baikdan debit yang mencukupi. Relawan juga menyiapkan sarana pendukung lainnya seperti instalasi pipa dan penampungan air.  Dan pada 16 Mei 2023, secara simbolis relawan menyerahkan bantuan pembuatan sumur bor ini. Tanggal ini dipilih agar serah terima bisa disaksikan tidak hanya para santri, namun juga oleh jemaah lainnya khususnya yang berada di sekitar pondok pesantren melalui kegiatan shalawat yang terlaksana cukup meriah dan penuh khidmat.

Sunano dan Andri Restuni tampak khusyuk mengikuti acara pengajian di pondok pesantren Daarul Maarif.

Penambahan kebutuhan suplai air bersih ini disambut baik Habib Assadullah bin Muh. Assegaf. Ia mengapresiasi bantuan relawan atas bantuan yang diberikan. “Saya mewakili pondok pesantren sangat berterima kasih kepada Tzu Chi Sinar Mas dan relawannya dari PT Konverta Mitra Abadi Lampung yang telah membantu memenuhi kebutuhan air untuk kegiatan di Pondok Pesantren Daarul Maarif. Hal ini tidak hanya bisa dinikmati oleh para santri kami, namun juga bagi jajaran pengurus atau tenaga pengajar. Juga warga sekitar pondok pesantren. Semoga semua kebaikan yang diberikan dibalas oleh Allah SWT,” ujarnya penuh syukur.

Bantuan air bersih ini diharapkan bisa meningkatkan ibadah para santri di pesantren ini. Tidak hanya bermanfaat bagi para santri,  jajaran pengurus dan tenaga pengajar pondok pesantren, bantuan ini juga dinikmati warga sekitar.

Kegembiraan santri saat bisa berwudhu dengan air bersih dari hasil sumur bor juga dirasakan Andri Restuni, salah satu relawan. “Tentu kami ikut senang ya, kami ikut bahagia juga dengan apa yang dirasakan para santri. Semoga kebutuhan air bersih ini bisa tercukupi dengan bantuan yang kita berikan. Semoga juga bisa menambah semangat para santri dan jemaah di sini dalam beribadah,” ungkapnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

Bantuan Sumur Bor Bagi Warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Paseban

17 Juli 2023

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 05/01 Jakarta Pusat membangun titik sumber air bersih di beberapa lokasi. Salah satunya di Jl. Kramat Pulo Gundul III RT 01/RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru dan di Jl. Kramat Lontar 14 Buntu, Kelurahan Paseban, Senen.

Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 3 Kota Besi di Kalimantan Tengah

Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 3 Kota Besi di Kalimantan Tengah

18 Oktober 2022

Sejak berdiri tahun 1993, SMPN Kota Besi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kesulitan air bersih. Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 pun memberikan bantuan sumur bor untuk mengatasi kesulitan ini.

Bantuan Sumur Bor untuk Pesantren Daarul Maarif

Bantuan Sumur Bor untuk Pesantren Daarul Maarif

31 Mei 2023

Komunitas Relawan APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung menambah suplai air bersih di Pondok Pesantren Daarul Maarif, Desa Banjar Negeri, Kec. Natar, Lampung Selatan. Bantuan diberikan pada Selasa (16/5/23).

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -