Bantuan Tanggap Darurat Tzu Chi untuk Korban Angin Puting Beliung

Jurnalis : Eny Herlina, Husni (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Lim Tek Soe relawan Tzu Chi secara simbolis memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Sebanyak 493 rumah warga dan kawasan pabrik mengalami rusak ringan dan berat akibat bencana puting beliung yang terjadi pada hari Rabu sore tanggal 21 Februari 2024 di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung khususnya yang terparah terjadi di Rancaekek Jatinangor, Jawa Barat. Angin terbesar muncul sekitar pukul 15.30 - 15.40 WIB.

Para Relawan Tzu Chi melakukan tanggap darurat pada tanggal 23 Februari 2024 untuk mendatangi rumah-rumah yang paling parah di antaranya 12 rumah warga Dusun Mangunarga Kampung Situbuntu dan 12 rumah warga Dusun Bojong Bolang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Relawan membagikan bantuan berupa 120 kg beras, 24 liter minyak goreng, 24 dus mi instant, 2 dus masker medis, dan bantuan lain seperti selimut, pakaian, serta peralatan mandi.

Susilawati, warga Susun Mangunarga RW 02 menuturkan, “Angin muncul cepat sekali, atap rumah semua habis, kaca-kaca pada pecah. Semua ada 12 rumah, 19KK, kena semua dan mengungsi ke Posko, bahkan kemarin poskonya terbang.”

Salam, Ketua RT 02 setempat juga menambahkan, “Setiap hari angin tuh besar sekali tapi yang paling besar Rabu kemarin dan rumah yang kena adalah rumah saya, rumah Bu Euis, Pak Tawi, Pak Yana, rumah Bu RW Susilawati juga kena, pokoknya semua rumah kena.”

Rumah terdampak di lokasi ini sebanyak 24 rumah di Dusun Mangunarga, Kampung Situbuntu RT04/RW02 dan Dusun Bojong Bolang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Para relawan tanggap darurat yang berjumlah 6 orang mereka membagikan bantuan kepada 24 rumah dimana bantuan yang diberikan di antaranya adalah 120 kg beras, 24 liter minyak goreng, 24 dus mi instant, 2 dus masker medis, dan bantuan lain seperti selimut, pakaian, serta peralatan mandi.

Warga dusun tersebut berharap agar mendapatkan bantuan pemerintah untuk perbaikan rumah, karena sementara ini para warga sedang merenovasi rumah-rumah dengan seadanya demi melindungi diri dari hujan lebat yang belakangan turun. Saat ini, dengan adanya pemberian bantuan berupa makanan dan pihak kepolisian yang membantu bersih-bersih, para warga masih bisa bersyukur tidak adanya korban jiwa.

Relawan meninjau langsung salah satu rumah yang atapnya tersapu puting beliung.

“Kami dari yayasan Buddha Tzu Chi sangat prihatin atas kejadian ini. Kami dari menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak berupa beras, mi instan, minyak, dan peralatan MCK. Semoga masyarakat yang terdampak bisa membaik dan cepat pulih kembali. Semoga semuanya sehat-sehat,” ucap Lim Tek Soe.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Sumbangsih Tzu Chi Padang untuk Palu dan Lombok

Sumbangsih Tzu Chi Padang untuk Palu dan Lombok

09 November 2018

Tzu Chi Padang menggalang dana untuk membantu mewujudkan 3.000 rumah di Lombok dan Palu dengan mengadakan Bazar Amal. Mereka juga menggalang dana dengan datang langsung ke berbagai pusat keramaian di Padang.


Bantuan Tanggap Darurat Tzu Chi untuk Korban Angin Puting Beliung

Bantuan Tanggap Darurat Tzu Chi untuk Korban Angin Puting Beliung

01 Maret 2024

Relawan Tzu Chi memberikan bantuan tanggap darurat bagi 24 rumah korban puting beliung di Dusun Mangunarga, Kampung Situbuntu dan Dusun Bojong Bolang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Saling Bersinergi Membangun Kembali Kota Palu

Saling Bersinergi Membangun Kembali Kota Palu

06 Desember 2018

Sejumlah organisasi filantropi hadir dalam focus group discussion (FGD) yang membahas percepatan pembangunan hunian tetap bagi warga korban tsunami dan gempa Palu. FGD yang digelar di Ambhara Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018 ini diinisiasi oleh Ditjen Cipta Karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -