Bantuan untuk Warga Terdampak Tanah Longsor di Bandung

Jurnalis : Cintya Dewi Sartika (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Mimin Karmini, relawan Tzu Chi tengah menenangkan salah satu warga yang menjadi korban bencana longsor.

Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan dua wilayah longsor. Banyak warga kehilangan rumah tinggalnya dan sangat membutuhkan bantuan.  Daerah yang terdampak yaitu Desa Sirnagalih dan Desa Cibitung. Pada 4 April 2024, relawan Tzu Chi Bandung datang memberikan bantuan untuk warga yang terdampak bencana. Bantuan berupa bahan pokok 200 kg beras, 25 dus mie instan, 26 liter minyak goreng, 70 pcs terpal, 10 dus air mineral, 380 pax biskuit, 10 pcs diapers bayi, 50 pcs biskuit bayi, 12 pcs betadin 30ml, 200 tablet multivitamin dan beberapa jenis mainan dan alat tulis untuk menghibur anak-anak terdampak bencana. 

Ridwan, sukarelawan Tzu Chi membagikan mainan ke salah satu anak yang mengungsi bersama keluarganya.

Sunawan menyerahkan bantuan kepada kepada kepala dusun yang nantinya dibagikan kepada warga yangmembutuhkan.

Sandi, salah satu penyintas bencana mengungkapkan kesedihannya karena kehilangan rumah tinggal yang ia usahakan sejak lama. “Perasaan saya hancur, sudah nabung bertahun-tahun hilang sekejap akibat bencana, tetapi sebagai manusia hanya bisa sabar, tawakal dan ikhlas.” 

Sandi bersyukur relawan Tzu Chi datang memberi perhatian dan bantuan kepada warga yang terdampak. “Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat pengungsian. Semoga bantuan yang diberikan digantikan dengan yang lebih baik.” 

Kejadian ini menelan korban, dan puluhan rumah hancur terbawa longosoran tanah bahkan masih ada warga yang  masih dalam pencarian saat relwan ke lokasi.

Bencana longsor di Kampung Cigintung ini terjadi pada Senin 25 Maret 2024 lalu.

Beberapa relawan Tzu Chi mengunjungi langsung dua lokasi terjadinya bencana dan melihat seberapa rusaknya rumah-rumah yang terdampak longsor. Sunawan, relawan Tzu Chi turut prihatin atas bencana yang terjadi dan berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga. “Mudah-mudahan para korban diberikan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini. Kami memberikan batuan bagi korban bencana longsor, semoga ini bisa meringankan beban mereka dan diberi kekuatan dan ketabahan bagi mereka." Pungkas Sunawan relawan Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Perhatian Bagi Korban Longsor di Garut

Perhatian Bagi Korban Longsor di Garut

15 Desember 2020

Pada 12 Desember 2020, Tzu Chi Bandung memberikan bantuan bagi para korban bencana longsor di Kecamatan Talegong dan Kecamatan Cisewu, Kab. Garut, Jawa Barat.

Bantuan untuk Warga Terdampak Tanah Longsor di Bandung

Bantuan untuk Warga Terdampak Tanah Longsor di Bandung

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Bandung memberikan bantuan bencana longsor di Kampung Cigintung, Desa Cibenda, Cipongkor Kab. Bandung. Kejadian yang terjadi pada Senin 25 Maret 2024 lalu mengisahkan duka mendalam.

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -