Bazar Murah Penuh Berkah

Jurnalis : Hilda, Junaedy (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Hilda (Tzu Chi Lampung)

Ashiu Shijie dan relawan lain sedang melayani konsumen saat membeli kupon, dikarenakan penjualan barang bazar harus menggunakan kupon.

Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan kegiatan Bazar pakaian layak pakai bertema Bazar Murah Penuh Berkah, Sabtu 23 Maret 2024. Kenapa bazar murah penuh berkah? Tentu saja, karena kegiatan bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Bazar pakaian layak pakai berawal dari banyaknya orang-orang yang menyumbangkan pakaian mereka, mulai dari donatur, relawan, bahkan orang yang mendengar informasi dari temannya. Kemudian relawan memilah baju yang masih layak untuk dipakai untuk dijual kembali. Hasil penjualannya, tentu masuk dalam kas amal guna membantu orang lain lagi.

Barang-barang di bazar ini dihargai mulai dari Rp 1.000 – Rp 35.000 saja. Karena harganya yang sangat terjangkau, ratusan orang berdatangan dari berbagai tempat untuk berbelanja, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Terlihat konsumen sedang membeli mainan, mangkok dan piring. Ada Tini dan Inge Shijie yang melayani dengan penuh antusias.

Salah satu relawan Abu Putih, Lianywati Shijie yang merupakan relawan aktif juga turut membantu melayani pembeli.

“Kegiatan ini sangat membantu orang-orang yang nggak mampu, karena masih banyak sekali pakaian dan tas yang bagus-bagus. Ini saya belanja lima puluh ribu dapat banyak banget dan dapat gratisan piring juga,” ungkap Eriska sembari menunjukan pakaian yang sudah ia beli. Ia memborong pakaian hingga satu koper besar, tentu hal ini membuatnya sangat bahagia.

Tak hanya Eriska, warga lainnya, Nia yang juga turut berbelanja mengungkapkan rasa bahagianya karena bisa membeli banyak barang dengan harga murah. “Alhamdulillah kegiatan ini sangat bagus dan membantu kami yang kurang mampu. Kalau bisa ini sering-sering diadakan, jangan hanya satu tahun sekali. Semoga ke depannya bukan hanya menjual pakaian saja, tetapi bazar sembako seperti beras, minyak dan yang lainnya,” ucapnya penuh semangat.

Selain masyarakat, ada salah satu relawan dari Tzu Chi yang mengungkapkan rasa bahagianya bisa mengikuti kegiatan bazar pakaian layak pakai. “Saya tentu ikut senang karena dengan harga yang murah kita bisa membantu mereka yang kurang mampu, bahagia juga mendapatkan respon yang positif dari warga dan melihat warga yang penuh sukacita dan sangat antusias,” ungkap Lianywati.

Ibu Eriska dan Ibu Nia, warga Kupang Raya yang turut meramaikan acara bazar dengan berbelanja pakaian, boneka dan baskom. Ia juga mengharapkan kegiatan bazar seperti ini sering-sering diadakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Kondisi stand dipenuhi oleh masyarakat yang antusias menyambut bazar, serta memilih pakaian yang mereka suka, bahkan ada yang kembali lagi setelah selesai belanja.

Pada bazar ini, Tzu Chi Lampung tidak hanya menjual pakaian, tapi juga menjual piring, gelas, gayung, teko, baskom, boneka, dan juga mainan untuk anak-anak dengan harga murah. Bahkan semuanya terjual habis jauh sebelum waktunya selesai.

Penny, salah satu pengunjung yang juga sudah mengikuti kegiatan dua kali bazar ini merasa tidak ingin ketinggalan belanja. “Lumayan ini buat sehari-hari, pakaiannya juga bagus-bagus, terus harganya murah. Walaupun pakaiannya tidak baru, namun sangat membantu sekali untuk kalangan orang-orang yang tidak mampu, apalagi di bulan puasa seperti ini,” ungkapnya.

Melihat antusias masyarakat, hal ini akan menjadi pertimbangan tim relawan untuk mengadakan kegiatan bazar amal lagi. Mengingat masyarakat juga banyak yang meminta untuk sering diadakan, seperti bazar sembako misalnya. “Intinya semua bertujuan untuk membantu masyarakat semoga bisa sering-sering diadakan ya,” kata Lianywati.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bazar Ramadan dan Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke

Bazar Ramadan dan Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke

06 April 2023

Di bulan suci Ramadan ini, relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Utara 1 mengadakan Bazar Ramadan, juga Buka Puasa Bersama di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi, Muara Angke, Minggu 2 April 2023. 

Tzu Chi Makassar Mengadakan Bazar Vegetaris di Bulan Waisak

Tzu Chi Makassar Mengadakan Bazar Vegetaris di Bulan Waisak

31 Mei 2022
Tzu Chi Makassar kembali mengadakan bazar vegetaris pada Sabtu, 28 Mei 2022. Bazar ini selain bertujuan untuk berdana, banyak orang yang mulai sadar dan paham akan manfaat baik dari mengonsumsi makanan vegetaris.
Bazar Vegetarian: “Mengasihi Makhluk Hidup dan Lingkungan”

Bazar Vegetarian: “Mengasihi Makhluk Hidup dan Lingkungan”

03 Juli 2013 Sang pegunjung mengangguk mengerti. Semoga pengertian itu diikuti oleh ribuan hadirin yang belum bervegetaris dan menularkannya pada banyak orang, sehingga misi dari Vegetarian Food Festival kali ini berhasil.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -