Bazar Pakaian Menyambut Idul Fitri

Jurnalis : Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Ortwen, Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi)

Warga dengan penuh sukacita membeli pakaian layak pakai dalam bazar yang diadakan relawan Tzu Chi Jambi. Dengan harga yang sangat terjangkau, warga bisa mendapatkan pakaian yang masih sangat bagus.

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Semua harga barang terus naik termasuk pakaian yang tiap tahun selalu mengalami kenaikan harga sehingga ada beberapa masyarakat yang tidak bisa membeli pakaian baru untuk dipakai di hari raya. Hal inilah yang mendorong relawan Tzu Chi Jambi mengadakan Bazar Pakaian Layak Pakai.

Bazar ini diadakan sebanyak 3 kali. Pertama pada tanggal 25-26 Maret 2023 yang bertempat di Halaman depan kantor PT Sumber Agrindo Sejahtera (Kebun Handil), kedua tanggal 1-2 April 2023, bertempat di BPR Pundi Dana Mandiri (Talang Banjar), dan ketiga tanggal 8-9 April 2023 bertempat di halaman depan Shun Da Plafon Jambi (Selincah).

Harga untuk masing-masing pakaian layak pakai sangat murah, mulai dari Rp 5.000 -  Rp 10.000, dan yang terakhir Donasi Sukarela. Untuk donasi sukarela Setiap orang hanya boleh mengambil maksimal 3 buah pakaian saja.

Bazar pakaian layak pakai mendapat respon yang sangat positif oleh warga sekitar, salah satunya Mardiani. “Sangat bersyukur dengan adanya bazar pakaian ini bisa beli pakaian untuk suami dan anak saya. Pakaian yang dijual pun masih sangat bagus seperti baru dan harganya juga murah. Terima kasih untuk Tzu Chi Jambi, bazar kali ini sangat membantu kami yang kurang mampu,” ungkap Mardiani dengan penuh bahagia.

Relawan Tzu Chi Jambi saling bekerja sama mempersiapkan pakaian yang akan dijual dalam bazar.

Bazar dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Sebanyak 25 relawan Tzu Chi Jambi bahu membahu mempersiapkan dan mendukung kegiatan bazar ini. Relawan dengan penuh semangat menggarap ladang berkah. Salah satunya adalah Yeni Lauw. “Melihat semua relawan sangat bersemangat, saya ikut semangat juga. Dari pagi sudah datang sampai selesai bazar. Lelah pasti ada tapi setelah melihat semua relawan semangat dan warga yang beli pakaian juga merasa senang, jadi hilang lelahnya,” ungkap Yeni Lauw bahagia.

Anton, relawan yang menjadi koordinator bazar kali ini merasa sangat bersyukur karena bazar berjalan lancar. Antusias warga yang datang ke bazar juga sangat baik. “Antusias warga Jambi untuk datang ke bazar ini sangat bagus sekali, terlihat ramai warga yang datang untuk membeli pakaian layak pakai yang kita sediakan. Hasil penjualan dari bazar ini akan kami gunakan untuk mendukung kegiatan kemanusiaan Tzu Chi,” kata Anton, “saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah ikut membantu sehingga bazar ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar.”

Kebahagiaan para relawan Tzu Chi Jambi setelah dapat melaksanakan bazar dengan baik dan lancar. Sukacita tumbuh melihat kebahagiaan para warga.

Sementara itu, rasa bahagia juga datang dari Johan, pemilik Shun Da Plafon yang telah mengizinkan Tzu Chi Jambi untuk membuka bazar pakaian layak pakai di halaman depan tokonya. “Saya dapat info dari teman saya kalau Tzu Chi Jambi mau menggunakan halaman depan toko saya untuk kegiatan bazar pakaian layak pakai, tanpa pikir panjang langsung saya izinkan. Jujur saya senang sekali bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan bazar ini. Saya kagum melihat relawan Tzu Chi dalam mempersiapkan bazar sangat kompak,” kata Johan, “saya juga kagum dengan relawan mengucapkan Gan En yang artinya semoga berkah, membuat saya merasa malu karena apa yang telah saya lakukan tidak sebanding dengan apa yang telah dilakukan oleh para relawan Tzu Chi.”

Terinspirasi dari kegiatan ini, Johan bertekad akan lebih mendedikasikan berkah yang dimilikinya untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. “Sangat terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini,” ungkap Johan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bazar Amal Tzu Chi: Menggarap Ladang Berkah Bersama

Bazar Amal Tzu Chi: Menggarap Ladang Berkah Bersama

28 Oktober 2014 Bazar ini dapat dijadikan momentum berkumpul bersama keluarga dan bisa mendidik buah hati untuk ikut belajar bersumbangsih, pasalnya hasil penjualan barang akan disalurkan untuk membangun Rumah Sakit Tzu Chi Indonesia.
Bazar Aneka Sajian Vegetarian

Bazar Aneka Sajian Vegetarian

30 Juni 2014 Ada kegiatan lain yang tak kalah menarik, yaitu Vegetarian Food Festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
Bazar Murah Tzu Chi yang Selalu Dinanti

Bazar Murah Tzu Chi yang Selalu Dinanti

04 Juni 2018
Halaman Kantor Kecamatan Pademangan, pagi itu sudah ramai dengan antrean warga yang mengikuti bazar sembako murah yang digelar oleh Tzu Chi Komunitas He Qi Pusat. Pemandangan seperti ini bahkan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 1-3 Juni 2018.
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -