Belajar Menyuarakan Kebaikan

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Lily Hermanto (Tzu Chi Medan)

Miss Lisa Zhang memberikan pertanyaan kepada para relawan untuk menilai kepercayaan diri mereka.

Master of Ceremony atau MC adalah sebutan untuk seorang pembicara yang mengontrol atau mengatur jalannya suatu acara, baik acara formal maupun nonformal. Karena itu Tzu Chi Medan pada Minggu, 23 Juli 2023 mengadakan kelas MC supaya semakin banyak relawan yang bisa menjadi MC di acara-acara Tzu Chi.

Juliana, koordinator utama kegiatan ini berharap mendapatkan benih baru setelah para relawan mengikuti kelas ini serta relawan bisa berani mempraktikkannya dan bersumbangsih dalam setiap kegiatan Tzu Chi.

Pagi itu di Gedung Tzu Chi Medan, Lisa Zhang selaku Profesional MC, Public Speaking Coach di SMLONE Medan memandu kelas ini. Sebelumnya Miss Lisa, begitu ia biasa disapa, mengajak para relawan bermain sebuah permainan bernama “Seven Baaaa”. Jadi setiap angka 7 dan kelipatan 7 tidak boleh disebut dan harus menyebut Baaa, gunanya untuk melatih fokus relawan sebelum mulai kelas.

Miss Lisa membawakan kelas dengan santai dan menarik. Para relawan mencatat apa saja yang disampaikan Miss Lisa, seperti bagaimana menyiapkan skrip untuk suatu acara, cara memegang mic dengan benar, posisi berdiri saat di panggung, dan lainnya.

Manjit Kaur (kiri) sedang praktek menjadi MC.

Manjit Kaur (46), relawan yang berasal dari Tanjung Pura sangat antusias mengikuti kelas MC ini. Perjalanan yang harus ditempuh selama 2 jam tidak mematahkan semangat para relawan yang berasal dari Tanjung Pura. Manjit merasa kelas ini sangat penting bagi relawan yang sering mengadakan acara seperti pada peresmian green point.

“Dalam kelas ini kita dapat belajar banyak sekali, seperti apa yang harus kita persiapkan dan kerjakan sebelum memandu suatu acara. Harapan saya semoga kelas seperti ini sering dilaksanakan supaya para relawan bisa terus belajar dan berkembang,” ujar Manjit.

Setelah Miss Lisa menyampaikan apa saja yang perlu dipersiapkan dan dikerjakan saat menjadi MC, saatnya relawan mempraktikkan apa saja yang sudah disampaikan Miss Lisa Zhang. Relawan dibagi 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang dalam satu grup. Satu per satu grup maju kedepan. Setelah satu grup maju, Miss Lisa langsung memberikan saran agar relawan tahu apa saja yang sudah bagus dan apa saja yang perlu ditingkatkan.

Grup Ren Wen sedang berdiskusi apa saja yang akan dipraktikkan nantinya.

“Sebenarnya semua orang bisa berbicara di depan, karena kurangnya percaya diri dan kurangnya berlatih membuat seseorang menjadi nervous saat berbicara di depan. Kunci yang dibutuhkan ada tiga yaitu, Preparation, Practice, and Evaluation. Jadi dengan adanya persiapan membuat kita tambah percaya diri seperti belajar dengan coach yang benar. Setelah itu latihan terus menerus dan terakhir Evaluation yang artinya apa yang sudah bagus dan apa yang perlu ditingkatkan dengan begitu seseorang akan menjadi percaya diri saat berbicara di depan,” jelas Miss Lisa.

Di akhir acara, Tzu Chi Medan memberikan plakat dan suvenir kepada Miss Lisa yang sudah memberikan ilmu yang berharga kepada relawan Tzu Chi. Ditutup dengan foto bersama para relawan dengan Miss Lisa.

Foto bersama para relawan dan Miss Lisa Zhang setelah kelas berakhir.

Miss Lisa berharap para relawan bisa terus menggunakan ilmu yang telah dibagikannya agar memberi manfaat bagi masyarakat, agar bisa mengajak lebih banyak masyarakat untuk berbuat baik. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen “Pengalaman dan kebijaksanaan akan tumbuh dan berkembang ketika kita berbuat atau melakukan banyak hal.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Gathering Relawan: Berbagi Ladang Berkah

Gathering Relawan: Berbagi Ladang Berkah

06 Mei 2013 Penjelasan ini tentu sangat penting mengingat bahwa untuk mengambil sebuah tanggung jawab akan ladang berkah, kita harus terlebih dahulu tahu ladang berkah apa saja yang tersedia.
Mengobarkan Semangat di Jalan Bodhisatwa

Mengobarkan Semangat di Jalan Bodhisatwa

31 Juli 2023

Melakukan kegiatan bersama, relawan Tzu Chi yang tergabung dalam komunitas Xie Li Bogor menjalin keakraban dan menjaga jalinan jodoh baik antarrelawan. Gathering  yang digelar di kawasan wisata alam Kopi Nako Kebon Jati Cipayung Bogor ini diikuti sebanyak 40 relawan.

Berbagi Inspirasi dan Motivasi dengan Gathering Misi Amal

Berbagi Inspirasi dan Motivasi dengan Gathering Misi Amal

23 November 2022

Tzu Chi Medan mengadakan Gathering Misi Amal. Selain sharing kasus amal dari para relawan di wilayah masing-masing, gathering kali ini menghadirkan materi tentang tata cara permohonan bantuan kepada Tzu Chi.

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -