Belanja Sambil Mencintai Bumi

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Asriani, Angelin Wieningsih (Tzu Chi Pekanbaru)

Muda-Mudi Tzu Chi dibantu relawan Tzu Chi menyiapkan pesanan pre-order.

Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru bersama relawan Tzu Chi Pekanbaru mengadakan kegiatan pre-order makanan vegetarian, bertajuk ‘Belanja Sambil Mencintai Bumi’, Minggu 19 November 2023. Sebanyak sebelas muda-mudi didampingi para relawan Tzu Chi menyiapkan 227 porsi makanan; 80 porsi miso, 44 porsi nasi sate urap, 15 porsi salad, 28 porsi ximilu, dan 60 porsi kebab.

“Ini kami adakan atas saran dari Asriani Shigu. Karena Tzu Chi Pekanbaru sangat ingin merealisasikan pusat daur ulang, maka kami sebagai muda-mudi tentu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperoleh berkah. Dengan adanya dukungan shigu shibo semua, kami akhirnya mengadakan kegiatan ini,” jelas Dea.

Muda-Mudi Tzu Chi saat mengemas ximilu.

Kegiatan ini dinamai ‘Belanja Sambil Mencintai Bumi’, karena dengan membeli makanan dari kegiatan ini, pembeli bisa memperoleh berkah, dengan mencintai bumi melalui bervegetaris, juga mencintai bumi dengan membantu pembangunan pusat daur ulang.

Pre-order ini dibuka sejak 27 Oktober 2023, ditutup tanggal 18 November 2023. Selama periode ini, semua orang bisa memesan makanan yang mereka inginkan melalui form. Usai seluruh pesanan dihitung jumlahnya, muda-mudi berbelanja bersama pada Sabtu, 18 November 2023 dan langsung persiapan tahap awal di siang harinya.

“Lewat kegiatan ini, saya belajar bergotong royong dan bermanfaat sekali bagi saya. Hari ini saya bahkan mendapat sebuah kalimat, ‘segala hal yang kita jalani terasa menyenangkan, semua makanan bisa terasa sangat lezat, adalah akibat dari memiliki hati yang riang gembira’,” ujar Sherlyana.

Aroma Urap yang dimasak sungguh sedap.

Pada hari Minggu, muda-mudi berkumpul di pagi hari menyiapkan seluruh pesanan. Muda-mudi dengan penuh cinta kasih memotong sayuran, memasak, dan mengemas setiap porsi makanan yang dipesan.

“Saya membeli makanan dari pre-order kali ini, karena dengan ikut membeli, saya bisa ikut membantu pengembangan pusat daur ulang dan berbuat baik, serta mendukung kegiatan muda-mudi,” ujar Febriana, salah satu pembeli.

Nantinya, seluruh hasil penjualan akan disumbangkan ke dana pembangunan pusat daur ulang Tzu Chi Pekanbaru. Melalui kegiatan pre-order vegetarian ini, muda-mudi berharap mampu menyebarkan semangat bervegetaris, juga memberi kesempatan bagi para pembeli untuk memupuk berkah dan karma baik.

Usai kegiatan pre-order makanan vegetarian, muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru mengunjungi anak-anak yang berada di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Usai menyiapkan masakan, muda-mudi makan siang bersama, bercengkerama, dan membahas kembali kekurangan dan kelebihan dari kegiatan kali ini. Momen makan siang bersama ini merupakan momen kebersamaan, yang mana muda-mudi duduk semeja dan membahas dan bercerita mengenai berbagai hal. Sebelum makan siang, muda-mudi juga membaca doa makan dan mendengarkan sosialisasi vegetarian dari Pricilia.

Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru juga tak ketinggalan menggarap berkah lainnya dengan mengunjungi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang berlokasi di Jalan Kartini. Mereka mengantarkan beragam jenis buah-buahan untuk anak-anak di YKAKI, juga bercengkerama dan bercerita bersama anak-anak. Muda-mudi tertawa riang, mengajak anak-anak bermain dan bercanda, serta bernyanyi bersama mereka untuk menemani mereka di hari Minggu yang cerah. Melalui kegiatan ini, muda-mudi berharap bisa mengisi hari Minggu dengan kegiatan yang bermanfaat, serta berpartisipasi dalam aksi mencintai bumi dan lingkungan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

24 November 2022

Untuk mengajak masyarakat berpola hidup sehat, Tzu Chi Surabaya mengadakan Catering Sehat Vegan mulai dari 18 Oktober - 15 November 2022.  

Belajar Bervegetaris? Yuk Mulai Sekarang Bareng Menu Vegan Catering Tzu Chi

Belajar Bervegetaris? Yuk Mulai Sekarang Bareng Menu Vegan Catering Tzu Chi

10 Agustus 2020

Aroma harum dan gurih dari Nasi Pandan Wangi yang dimasak tim relawan Xie Li Cipondoh, Tangerang pagi itu sungguh menggugah selera. Warna hijau muda dari nasinya juga sangat cantik. Lauk-pauknya ada tempe orek, rendang, bihun, acar, sambal, dan emping. Hmm.. tak sabar rasanya untuk mencicipi menu vegan yang lezat ini. 

Mengajak Masyarakat Luas untuk Bervegetaris

Mengajak Masyarakat Luas untuk Bervegetaris

29 Agustus 2022

Tzu Ching Medan menyelenggarakan Vegetarian Food Sale. Ada berbagai makanan lezat dan bergizi yang mereka jual di seperti bubur Vietnam, nasi lemak, nasi sayur, spaghetti bolognese, dan spaghetti aglio olio. Vegetarian Food Sale ini pun disambut antusias masyarakat sekitar.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -