Berbagi 1.000 Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Jurnalis : Novia Ferryani, Fotografer : Tzu Ching Pontianak

Relawan Tzu Chi Pontianak membagian 1.000 paket takjil kepada masyarakat yang akan berbuka puasa.

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan dan paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Karena pada bulan Ramadan inilah umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa, menyucikan diri dari dosa-dosa, dan  pahala yang berlipat-lipat ketika melakukan kebaikan. Di bulan suci ini, pintu kebaikan dibuka selebar-lebarnya untuk semua yang bersungguh-sungguh menjalaninya dengan penuh keikhlasan.

Sebagai bentuk solidaritas dan perhatian kepada sesama, sebanyak 47 relawan Tzu Chi Pontianak dan 18 orang polisi dari Polresta Pontianak membagikan takjil (makanan berbuka puasa) pada Minggu, 9 April 2023.

Sebelum pembagian paket takjil, relawan Tzu Chi dan muda-mudi yang ikut berpartisipasi berdoa bersama. Sebelumnya mereka juga membersihkan ruangan dan menyiapkan makanan.

Sebanyak 18 anggota polisi dari Polresta Pontianak juga turut mendukung kegiatan ini.

Ini merupakan kegiatan pertama relawan Tzu Chi Pontianak setelah adanya wabah Covid-19. Sebanyak 1.000 paket makanan dengan 500 paket berisikan nasi kuning lengkap beserta dengan air mineral, dan 500 paket berisi 4 jenis kue, kurma dan air mineral. Lokasi pembagian dilaksanakan di sekitar Tugu Bambu Runcing Pontianak.

Persiapan kegiatan dimulai dari Jumat (7/4), dimana relawan berkumpul di Kantor Tzu Chi Pontianak untuk membersihkan ruangan supaya bisa dijadikan tempat untuk menyiapkan makanan serta melaksanakan briefing awal. Keesokan harinya dilanjutkan dengan membungkus 500 kotak kue dan menyiapkan air mineral.

Sambutan hangat diberikan oleh warga yang akan berbuka puasa. Sebuah kegiatan yang menggambarkan kerukunan antar umat beragama.

Pada hari minggunya, relawan berkumpul terlebih dahulu dari pukul 09.00 WITA di rumah relawan untuk memasukkan kue ke dalam kotak dan setelah selesai diantar ke Kantor Tzu Chi Pontianak. Dilanjutkan lagi pukul 12.00 WITA untuk memasukkan kotak kue dan nasi ke dalam kantong.

Tepat pukul 15.00 WITA, relawan bersama berjalan kaki menuju ke lokasi pembagian dan bertemu dengan tim dari kepolisisan. Pembagian dibagi menjadi 4 tim di titik arah bandara, arah Ahmad Yani, Arah Tanjung Pura dan arah Daya Nasional. Paket makanan dibagikan kepada pengguna jalan yang melintas seperti pengemudi ojek online, pengemudi sepeda motor, pengendara sepeda, pejalan kaki dan lain-lain tanpa memandang suku, ras, dan agama. Pembagian 1.000 paket makanan berbuka puasa ini selesai dalam waktu sekitar 1 jam setengah.

Relawan Tzu Chi Pontianak, Lina membagikan makanan berbuka puasa (takjil) kepada pengendara motor yang melintas.

Setelah pembagian paket selesai, seluruh relawan berkumpul di Taman Tanjung Pura untuk melakukan sharing serta evaluasi kegiatan sambil menunggu untuk berbuka puasa bersama.

“Senang banget ya hari ini ada kegiatan berbagi 1.000 paket makanan, sudah lama (kegiatan) Tzu Chi Pontianak vakum, hari ini kita ada kegiatan dan ada kesempatan lagi untuk berbuat kebaikan berbagi dengan sesama,” kata Lina, relawan Tzu Chi Pontianak, “hari ini banyak relawan muda-mudi yang ikut serta juga untuk belajar bersama melakukan kebaikan. Mudah-mudahan ke depannya akan sering ada kegiatan seperti ini lagi.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Relawan Tzu Chi di Pematang Siantar Berbagi Takjil Cinta Kasih

Relawan Tzu Chi di Pematang Siantar Berbagi Takjil Cinta Kasih

04 April 2024

Para relawan Tzu Chi di Pematang Siantar dengan semangat toleransi membagikan 250 paket takjil di depan Kompleks Perumahan Megaland, Pematang Siantar.

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

Tzu Ching Makassar Bagikan Takjil, Ojek Online Pun Tersanjung

10 Juni 2019

Tzu Chi Makassar bagi-bagi takjil untuk umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa di Bulan ramadhan yang penuh berkah, Minggu (26/5/2019). Bagi-bagi takjil ini dilakukan di tiga titik yakni, di Taman Segitiga, di Jalan Ince dg Ngoyo, dan di Kwarcab. Ketiga lokasi ini, berada tidak jauh dari lokasi Kantor Tzu Chi Makassar.

Pembagian Nasi Paket untuk Berbuka Puasa

Pembagian Nasi Paket untuk Berbuka Puasa

05 Mei 2021

Relawan Muda-Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) Jakarta dan Tangerang membagikan 640 nasi kotak melalui Gerakan Etalase Nasi Gratis yang berlokasi di area Jakarta Selatan dan BSD Tangerang (02/04/2021).

Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -