Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Elan Bin Lanen menerima paket Lebaran 2023 dari Tzu Chi yang diserahkan oleh relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang di kediamannya Kampung Buni Asih, Kelurahan Karang Baru, Cikarang Utara.

Wajah Elan Bin Lanen (76), tampak bahagia saat dikunjungi kembali oleh relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang (Kabupaten Bekasi, Jawa Barat). Kedatangan relawan kali ini untuk menyerahkan Paket Lebaran 2023 dari Tzu Chi pada Sabtu, 8 April 2023. Kebahagiaan Elan pun semakin lengkap karena bantuan tersebut bisa membuatnya berhemat menjelang lebaran yang nantinya akan ia rayakan dengan sederhana.  

“Bukan seneng lagi (dapat beras dan DAAI mi), duitnya bisa buat lebaran, bisa dipakai buat (kebutuhan) yang lain, he…he…he,” ucap Elan sambil tertawa terkekeh. 

Elan tinggal sendirian di sebuah rumah yang sangat-sangat sederhana di Kampung Buni Asih, RT 03/03, Kelurahan Karang Baru, Cikarang Utara. Dua orang anaknya sudah lama meninggal dunia karena sakit. Sedangkan istrinya juga meninggal dunia saat wabah pandemi Covid-19. Elan sempat depresi karena musibah dan getirnya hidup yang dialaminya. Namun perlahan laki-laki asli Indramayu, Jawa Barat ini mulai bangkit dari keterpurukan untuk bertahan hidup.

“Udah 40 tahun tinggal di Cikarang. Setiap hari memulung, dapat kardus, dapat botol bekas. Kadang juga jadi tukang parkir,” kata Elan.

Karena setiap hari memulung dan kadang menjadi tukang parkir, warga di Kelurahan Cikarang Baru juga sudah tidak asing dengan sosoknya yang juga jenaka. Kadang beberapa warga yang iba juga memberi Elan sedikit rezeki. Penghasilan Elan juga tidak menentu, jumlahnya bervariasi tergantung sedikit banyaknya botol bekas atau kardus yang didapatkannya. “Dapetnya belum tentu, sehari-hari bisa dapet 15 - 17 ribu,” ungkap Elan.

Setiap hari, Elan bekerja sebagai pemulung barang bekas berupa kardus dan botol bekas minuman dengan pendapatan yang tidak menentu. Ia pun sangat bahagia menerima bantuan beras dan DAAI mi dari Tzu Chi.

Pada Sabtu, 1 April 2023, relawan Tzu Chi yang bekerja sama dengan kader Kelurahan Cikarang Baru, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas menyebarkan kupon paket Lebaran 2023. Elan tak luput dari pembagian ini. Saat hari pembagian, Elan sedang bekerja memulung, relawan Tzu Chi kemudian berinisiatif untuk mengantarkan paket lebaran berupa beras dan DAAI mi ke rumahnya didampingi pengurus RT setempat.
“Pokoknya berkahnya saya. Karena kalau beli beras begini kan lama saya, duit ini kan pengen saya simpen. Alhamdulillah, ini sampai Lebaran, awet, he…he,” ucap Elan bersyukur.

Elan juga bersyukur bisa kenal dengan relawan Tzu Chi. Beberapa waktu sebelumnya, relawan juga pernah mengunjunginya dan memberikan bantuan. Ia pun mengungkapkan kekagumannya terhadap relawan Tzu Chi. “Iiihhh, satu baik-baik, kedua hormatnya ke saya. Perduli dan perhatiannya,” katanya. Dalam kesempatan pembagian paket Lebaran 2023 ini, tak lupa Elan juga berterima kasih. “Saya terima kasih banyak, supaya Buddha Tzu Chi itu selalu banyak rizki. Pokoknya terima kasih ke relawannya, ke yayasannya juga,” tambah Elan.

Meringankan Beban Menjelang Hari Raya
Relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang sendiri membagikan 1.000 paket Lebaran 2023 kepada warga Cikarang yang bertempat di dua lokasi yaitu Sekolah Sariputra (Desa Karang Baru), Cikarang dan Kantor Desa Cikarang Kota. Paket yang dibagikan ini berisi beras 10 kg dan 20 bungkus DAAI mi yang bertujuan untuk meringankan beban ekonomi warga di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

Penyerahan simbolis paket Lebaran 2023 oleh relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang. Sebanyak 1.000 paket dibagikan di dua lokasi yaitu Sekolah Sariputra (Desa Karang Baru), Cikarang dan Kantor Desa Cikarang Kota.

Kepala Desa Karang Baru, Komarudin Ambarawa memberikan sambutan kepada warga didampingi koordinator kegiatan, Veryanto dan relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang.

Kepala Desa Karang Baru, Komarudin Ambarawa dalam kesempatan ini juga memberikan sambutan serta ikut dalam seremoni penyerahan paket Lebaran 2023 dari Tzu Chi kepada warga. Ia pun mengapresiasi bantuan dan kepedulian Tzu Chi bagi warganya. “Saya atas nama perangkat Desa Karang Baru memberikan apresias yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Semoga bermanfaat dan jangan diperjualbelikan (beras dan DAAI mi) tetapi dimanfaatkan atau dikonsumsi sendiri karena ini bagian dari bukti nilai-nilai luhur kebersamaan,” ungkap Komarudin Ambarawa.

Jena, warga RT 03/01, Desa Karang Baru, Cikarang yang menjadi salah satu penerima paket Lebaran 2023 ini pun merasa senang. Dalam beberapa hari kedepan ia bisa menghemat pengeluarannya untuk membeli beras. “Senenglah, buat makan sehari-hari. Ini berguna untuk buka puasa, sahur. Bisa menghemat, nggak beli beras. Terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas sumbangannya ini,” ungkap Jena di sela-sela kegiatan.

Selain pembagian paket Lebaran 2023, juga diadakan bazar amal oleh relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang yakni menjual pakaian layak pakai dan beberapa barang lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Ditengah menjalankan ibadah puasa, beberapa warga pulang dengan perasaan bahagia dengan membawa paket Lebaran Tzu Chi berupa beras dan DAAI mi dari Kantor Desa Cikarang Kota.

Selain pembagian paket Lebaran 2023, dalam kegiatan ini relawan Tzu Chi juga mengadakan bazar amal dengan menjual pakaian layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau. Warga juga menyambut gembira karena bisa membeli pakaian dengan harga terjangkau sekaligus bisa berdonasi.

Koordinator pembagian paket Lebaran 2023 di Cikarang, Veryanto yang terlihat sibuk juga merasa gembira. Kegembiraan tersebut karena dengan pembagian paket Lebaran 2023 ini bisa membantu warga dalam menjalankan ibadah puasa dan meringakan pengeluaran menjelang hari raya. “Momen Ramadan dan Lebaran kebutuhan masyarakat pasti meningkat, jadi kita berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringakan beban finansial sehingga mereka lebih nyaman menjalankan ibadah,” jelas Veryanto setelah kegiatan berakhir.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

09 Mei 2023

Menghimpun berkah di bulan Ramadan, Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Marunda berbagi kebahagiaan untuk anak yatim di sekitar operasional PT SMART Tbk unit Marunda pada 19 April 2023.

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

10 April 2023

Dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri, relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang membagikan 1.000 paket Lebaran berisi 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI mi kepada warga di Kelurahan Karang Baru, Cikarang Utara.

Perhatian dan Kehangatan Menjelang Hari Raya

Perhatian dan Kehangatan Menjelang Hari Raya

03 Mei 2023
Menyambut Idul Fitri, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali berbagi berkah kepada masyarakat dengan membagikan paket Lebaran 2023. 
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -