Berbagi Kasih untuk Anak dan Lansia di Posyandu Perkebunan Normark

Jurnalis : Beti Oktora (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Sumut

Pendampingan yang dilakukan relawan Dharma Wanita selama kegiatan posyandu berlangsung.

Dalam melakukan perbuatan baik, janganlah menghitung berapa banyak yang telah dilakukan. Asalkan sesuatu pantas dilakukan, maka lakukanlah dengan sepenuh hati
- Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Para relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatra Utara (Sumut) Kebun Normark berbagi cinta kasih dalam kegiatan posyandu balita dan lansia di Desa Perkebunan Normark. Pada siang hari itu suara riuh anak-anak dan orang tua terdengar dari Balai Penitipan Anak (BPA) Pondok 2 Normark. Di sana telah berkumpul ibu-ibu dari tim kesehatan dan kader posyandu Desa Perkebunan Normark yang hendak melaksanakan posyandu balita dan lansia. Suasana yang ramai oleh anak-anak dan lansia membuat relawan Dharma Wanita semangat untuk membantu dalam kegiatan siang itu. 

Kegiatan posyandu balita dan lansia di Desa Perkebunan Normark rutin dilakukan setiap bulan. Khusus bulan ini dilakukan pada Rabu, 15 November 2023. Kegiatan posyandu ini dilakukan di Balai Penitipan Anak (BPA) Pondok 2 Kebun Normark yang diikuti 29 balita dan 11 lansia dari Desa Perkebunan Normark dan sekitarnya. Rutinitas yang dilakukan seperti penimbangan berat badan, pemberian imunisasi pada balita (Polio, BCG dan PCV), pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, diabetes dan asam urat pada lansia.  Dalam kegiatan hari ini diikuti 8 kader posyandu, 7 tim kesehatan dari Puskesmas Pembantu (Pustu) serta 4 relawan Dharma Wanita Xie Li Sumatra Utara (Sumut).

Penimbangan dan pendampingan balita pada posyandu Desa Perkebunan Normark

Kegiatan yang dilakukan relawan dan kader posyandu mulai dari membantu pendaftaran, penimbangan berat badan, dan pemberian imunisasi bagi balita. “Sini nak kita timbang dulu ya.. beratnya berapa ini ya anak ganteng. Pinternya abang ganteng ini, tidak nangis lho,“ ujar Mariani salah satu kader posyandu.

Para tim kesehatan dari puskesmas pun terlihat mempersiapkan perlengkapan imunisasi. Relawan Dharma Wanita Tzu Chi pun langsung berbaur membantu tim kesehatan untuk mendampingi ibu-ibu dan anaknya yang akan diberi  suntik imunisasi oleh para bidan dari tim kesehatan. “Anak ganteng sini diimunisasi dulu ya sayang... supaya badannya kuat...wah pinternya tidak nangis ya anak kuat,” ujar Nurmawati salah satu relawan mencoba menenangkan anak-anak balita yang akan diimunisasi.

Kegiatan lain yang dilakukan para relawan Dharma Wanita yaitu mengajak Ibu Ibu berdiskusi dan menjelaskan  mengenai asupan gizi yang baik bagi balita dan mengurangi anak  terkena gizi buruk. “Anak ganteng udah makan belum tadi hmm...makan yang bergizi ya biar kuat dan sehat ya nak,” ujar Kartika Pangayoman, salah satu relawan Dharma Wanita.

Imunisasi balita,  pengecekan tekanan darah dan pemberian makanan tambahan  pada Lansia Desa Perkebunan Normark.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan untuk lansia dan para relawan Dharma Wanita membantu kader posyandu mulai dari pendaftaran sampai mendampingi tim kesehatan saat melakukan pemeriksaan pada lansia. Pemeriksaan pertama yang dilakukan yaitu periksa tekanan darah, cek kolesterol, asam urat dan diabetes serta pemberian makanan tambahan bagi lansia.

Kegiatan hari ini berlangsung lancar serta senyum para ibu dan anak anak seakan merupakan kebahagiaan yang sempurna bagi relawan. “Terima kasih kami ucapkan kepada kader posyandu dan bidan pustu yang selama ini telah bekerja sama. Semoga  jalinan kerja sama ini semakin memajukan posyandu di perkebunan Normark ini,” ungkap Bestari Kanthi salah satu relawan Dharma Wanita.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Kasih untuk Anak dan Lansia di Posyandu Perkebunan Normark

Berbagi Kasih untuk Anak dan Lansia di Posyandu Perkebunan Normark

29 November 2023

Para relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatra Utara (Sumut) Kebun Normark berbagi cinta kasih dalam kegiatan posyandu balita dan lansia di Desa Perkebunan Normark.

Baksos Kesehatan untuk Manula

Baksos Kesehatan untuk Manula

02 Januari 2019
Xie Li Kalimantan Selatan 1 memulai menyebarkan cinta kasih dengan melaksanakan Baksos Kesehatan bagi Lansia. Program ini ditujukan untuk orang tua lanjut usia yang membutuhkan pelayanan kesehatan di wilayah sekitar Perkebunan Batu Ampar, Kalimantan Selatan.
Membantu Sesama Melalui Posyandu

Membantu Sesama Melalui Posyandu

27 Februari 2018

Tepat pada hari Senin (19/02), sebanyak 12 orang relawan wanita yang tergabung dalam Dharmawanita melaksanakan kegiatan posyandu. Di sana mereka juga memberikan makanan tambahan bagi anak-anak yang tinggal di area operasional perkebunan Sinar Mas.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -