Berbagi Kebahagiaan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

Jurnalis : Darmawati Sembiring (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dok. Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Indragiri

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri menggelar lomba mewarnai dan lomba balap karung untuk siswa SD Eka Tjipta Pisifera, Kempas, Riau.

Terik matahari tidak menyurutkan semangat siswa SD Eka Tjipta Pisifera, Kempas, Riau untuk berkumpul di lapangan. Mendengar akan diadakan lomba, mereka tidak sabar menanti kedatangan dari para relawan. Hari itu, 23 Juli 2022 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri berbagi kebahagiaan dengan menggelar lomba mewarnai dan balap karung.

Lomba mewarnai diperuntukkan untuk siswa SD kelas 1, 2, dan 3. Lomba ini dilakukan di dalam kelas dengan pendampingan guru kelas masing-masing. Sementara siswa SD kelas 4 sampai 6 mengikuti lomba balap karung di lapangan sekolah.

Sylfia Renawati, salah satu relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri mengatakan bahwa tumbuh kembang anak harus terus kita perhatikan. “Masa anak-anak adalah masa emas karena mereka banyak menyerap yang kita ajarkan. Yang kita ajarkan semoga bisa menjadi bekal untuk masa depan mereka,” tuturnya.

Relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri dan guru SD Eka Tjipta Pisifera mendampingi para siswa yang sedang mengikuti lomba mewarnai.

Setelah itu kertas bergambar untuk diwarnai segera dibagikan. Seketika relawan berbaur dengan anak-anak. “Sedang mewarnai gambar apa ini, nak? Wah bagus sekali gambarnya ya?” tanya Anggia Erin Novita, relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri yang lain. “Ini gambar anak membawa bendera merah putih Bu,” jawab Mika, siswi kelas 1 SD.

Anak-anak terlihat sangat serius dan antusias dalam mewarnai. Salah satunya Ibnu yang merupakan siswa kelas 3 SD. Ibnu hobi menggambar dan mewarnai. Terlihat Ibnu membawa lengkap pensil warnanya dan sangat tenang sekali dalam mewarnai. Hasil warnanya juga terlihat rapi. “Ibnu sangat antusias bu, kemarin sewaktu mendengar akan diadakan lomba, anaknya segera mendaftar ke saya,” ujar Siti Fatima yang merupakan wali kelas Ibnu.

Sementara itu, sorak sorai juga terdengar di lapangan sekolah SD Eka Tjipta Pisifera. Ini terjadi karena anak-anak dan guru sedang bersiap lomba balap karung. Relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri juga membantu untuk memastikan anak-anak memakai karung dengan kuat. Aba-aba dimulainya lomba dipandu Wahyudi, guru pendidikan jasmani.

Mahir, Ibnu, dan Kevin siswa SD Eka Tjipta Pisifera memperlihatkan hasil mewarnai dan hadiah yang didapat sebagai terbaik di kelasnya masing masing.

Seketika anak-anak melompat sangat cepat. Terkadang jatuh tetapi bergegas bangkit untuk kembali melanjutkan lomba. Tepuk tangan dan gelak tawa terdengar sangat riuh dari penonton ketika anak-anak terjatuh dan kembali berdiri. “Senang sekali melihat anak-anak bisa semeriah ini mengikuti lomba balap karung, jatuh bangun untuk sampai garis finish,” tutur Wahyudi.

Relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri juga bertepuk tangan memberikan semangat kepada anak-anak khususnya anak perempuan yang terjatuh. “Bahagia sekali melihat keceriaan anak-anak tertawa lepas hari ini,” terang Cicih Kurneasih, relawan yang merupakan salah satu juri lomba balap karung.

Setelah seluruh lomba selesai dilaksanakan maka saatnya mengumumkan para pemenang lomba. Untuk mewarnai terbaik tingkat kelas 1 SD jatuh pada Mahir Zakky Mubarok, terbaik tingkat kelas 2 SD jatuh pada Kevin M. Sihamonangan, dan terbaik tingkat kelas 3 SD jatuh pada Ibnu Al Sauvi Sidig.

Relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri membantu salah satu siswa SD Eka Tjipta Pisifera masuk ke dalam karung untuk memastikan keamanan sebelum mengikuti lomba balap karung.

Untuk lomba balap karung putra juara 1 diperoleh M. Akbarul Rizki kelas 5 SD, juara 2 diperoleh Abar kelas 5 SD, dan juara 3 diperoleh Bagas Febrian kelas 5 SD. Untuk lomba balap karung putri juara 1 diperoleh Mutfida Al Vianisa kelas 5 SD, juara 2 diperoleh Safitri kelas 6 SD, dan juara 3 diperoleh Kifani Sabrina kelas 4 SD.

“Saya sangat senang sekali menjadi juara 1 lomba balap karung karena sudah lama gak ada lomba balap karung di sekolah, terima kasih ibu relawan,” kata Via yang berumur 10 tahun.

Relawan menyemangati peserta lomba balam karung saat mendekati garis finish.

Sebagai kegiatan penutup, relawan mengajak anak-anak untuk bernyanyi. Mereka pun terlihat sangat ceria dan penuh dengan kegembiraan. Salah satu anak tiba-tiba naik ke atas kursi sambil bertepuk tangan, bernyanyi dengan sangat cerianya.

“Bahagianya melihat keceriaan anak-anak hari ini. Semoga apa yang kami lakukan hari ini dapat menambah semangat anak-anak dalam menuntut ilmu di sekolah,” ujar Sartika Sembiring, relawan Dharma Wanita Xie Li Indragiri.

Relawan berharap dengan adanya kegiatan peringatan Hari Anak Nasional ini anak-anak mendapatkan pengalaman berharga yang bisa mendukung tumbuh kembang menjadi sosok cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

Berbagi Kebahagiaan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

03 Agustus 2022

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri menggelar lomba mewarnai dan lomba balap karung untuk siswa SD Eka Tjipta Pisifera, Kempas, Riau.

Peringatan Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital

Peringatan Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital

26 Juli 2022

Tzu Chi Hospital memperingati Hari Anak Nasional dengan mengadakan seminar offline tentang parenting yang baik dan lomba fashion show untuk anak-anak.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -