Peringatan Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Seminar Perenting sesi pertama, dr. Rose Grand Chen, M.Ked(Ped), Sp.A (kiri) membahas tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan, dan dr. Maria Irene Hendrata, Sp.KJ (kanan) membahas tentang Pola Pengasuhan yang Efektif.

Dalam memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022, Tzu Chi Hospital mengadakan seminar offline bertajuk “Parenting yang Baik Agar Anak Tumbuh Sehat, Cerdas, dan Mandiri sesuai dengan Masa Pertumbuhannya”. Seminar yang digelar di lobi lantai 1 Tzu Chi Hospital, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara itu dibagi menjadi dua sesi dengan empat pembicara yaitu dokter anak dari Tzu Chi Hospital. Mereka membahas parenting dalam tema dan porsi yang berbeda-beda.

Menurut Hasan, koordinator acara ini, banyak sekali perkembangan anak yang tidak sesuai dengan usia mereka, ada yang terlihat berlebihan dari usianya, ada juga yang perkembangannya kurang baik.

“Karena banyak melihat anak-anak yang mungkin kurang gizi, atau kenapa anak terjadi stunting atau mungkin bagaimana didikan anak itu berpengaruh, saya sering dengar dari dokter anak atau dokter spesialis kejiwaan. Ternyata memang pola parenting yang harus diperbaiki. Jadi Tzu Chi Hospital ingin memberikan satu kontribusi untuk masyarakat dengan memberikan edukasi dengan menjadi orangtua yang baik,” kata Hasan yang juga adalah Staf Marketing Tzu Chi Hopital.
 

Hasan (tengah) sebagai koordinator acara merasa senang karena seminar offline tentang parenting yang perdana diadakan ini mendapat respon baik dari masyarakat umum.

Di sesi pertama dr.Rose Grand Chen, M.Ked(Ped), Sp.A membawakan tema 1000 Hari Pertama Kehidupan. Dijelaskan bahwa tahap itu adalah awal mula terlihat perkembangan anak apakah anak kekurangan gizi atau sehat, itu akan terlihat di tahap ini. Di sesi yang sama dr.Maria Irene Hendrata, Sp.KJ menjelaskan tentang Pola Pengasuhan yang Efektif, yang di mana ditentukan dari usia-usia yang awal, dan diberi penjelasan seberapa pentingnya mendidik anak di awal-awal kehidupan mereka.

Di sesi kedua dr.Dasman, Sp.A menjelaskan tentang Pentingnya Vaksinasi untuk Mencegah Penyakit pada Anak. Vaksin atau imunisasi lengkap sangat penting untuk menjaga imun anak agar tidak gampang terkena penyakit. Dibahas juga di sesi kedua ini tentang Nutrisi Seimbang pada Anak untuk Cegah Stunting yang disampaikan oleh dr.Valentina Lini Gunawan, Sp.A. Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis yang membuat anak terlalu pendek untuk usianya. Di seminar ini dibahas lebih mendalam tentang bagaimana menjaga nutrisi agar seimbang dan tips-tips agar tidak terjadi stunting pada anak di masa-masa pertumbuhannya.

“Tujuan dari seminar ini untuk masyarakat khususnya yang sudah menikah, atau yang baru pertama punya anak, mereka bisa menyadari bahwa pentingnya mengajari anak-anak supaya sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan bisa bertumbuh sesuai dengan usianya,” harap Hasan.

Hasan menjelaskan adanya acara ini juga mengajak berbagai lapisan masyarakat agar sama-sama memberikan perlindungan kepada anak-anak Indonesia. Dan juga sebagai apresisasi memberikan hak pada mereka karena setiap anak walau memiliki lingkungan sosial yang berbeda-beda tapi memiliki hak dan perlindungan yang sama.

Anak-anak Harapan Bangsa

Peserta-peserta Lomba Fashion Show Anak dengan tema Kostum Profesi.

Untuk memeriahkan Hari Anak Nasional ini, juga diadakan Lomba Fashion Show Anak dengan tema Kostum Profesi. Ada 10 peserta yang mengikuti perlombaan ini. Satu per satu anak-anak yang berusia dari umur 3-6 tahun ini berjalan dan bergaya memeragakan pakaian dengan bermacam-macam profesi, ada yang kostumnya dokter, pemadam kebakaran, pramugari, tentara, bahkan ada juga yang memeragakan kostum ojek online.

Salah satunya adalah Joswin Halim yang baru berusia 3 tahun tetapi sudah berani tampil di depan umum dengan kostum dokter. Mariani Lim, ibu dari Joswin menjelaskan saat mengetahui acara tersebut dari media sosial Tzu Chi Hospital ia langsung mendaftarkan anaknya yang kebetulan memang suka bermain dokter-dokteran.

Memperingati Hari Anak Nasional ini juga dimeriahkan oleh relawan Tzu Ching yang menampilkan isyarat tangan Di Qiu De Hai Zi.

“Pas liat itu langsung tertarik banget buat daftar, memang dia lagi suka main dokter-dokteran, bajunya juga memang sudah punya, saya bilang ‘Jos… nanti ikut lomba ya jadi dokter ya’ dia langsung senang banget,” kata Mariani Lim, ibu Joswin Halim.

Deddy, suami Mariani setelah mendengar semua sesi dari seminar parenting tadi, mengatakan banyak hal-hal positif yang didapat dan hal-hal baru yang tadinya mereka tidak tahu jadi semakin tahu setelah dijelaskan para pembicara. “Jadi nambah wawasan ya, jadi tercerahkanlah yang selama ini mungkin menurut saya mitos jadi lebih lurus lagi, lebih jelas lagi, bagus sekali acaranya,” kata Deddy, ayah dari Joswin Halim.

“Menurut saya acara ini bagus banget, kalo ada acara seperti ini bikin happy anaknya ikutan lomba, kita orang tuanya bisa dapat tambahan ilmu tentang parenting. Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak-anak Indonesia,” ucap Mariani.

Mariani Lim dan Deddy, orang tua dari Joswin Halim salah satu peserta lomba fashion show mendengarkan setiap sesi dalam seminar ini.

Dalam acara ini Tzu Chi Hospital juga mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Uswatun Hasanah untuk bersama-sama merayakan Hari Anak Nasional. Berharap agar mereka dapat merasakan bahwa peringatan hari anak bukan hanya dirayakan untuk anak-anak yang sekolahnya bagus, atau anak-anak yang punya orangtua utuh. Dengan mengundang mereka di acara ini, memberi mereka pemahaman bahwa mereka maupun setiap anak di manapun tanpa kecuali juga berhak merayakan Hari Anak Nasional ini.

“Sebanyak 10 anak panti asuhan Uswatun Hasanah diundang untuk memperingati Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital ini, perasaan mereka senang, gembira,” ungkap Febriansyah selaku pengurus Panti Asuhan Uswatun Hasanah.

Febriansyah foto bersama dr.Suriyanto dan anak-anak panti asuhan Uswatun Hasanah usai menerima santunan.

Di akhir acara Tzu Chi Hospital memberikan santunan kepada Panti Asuhan Uswatun Hasanah. “Kami akan pergunakan untuk kehidupan anak panti sehari-hari kemudian untuk baju seragam mereka, dan untuk alat tulis. Terima kasih kepada Tzu Chi Hospital telah mengundang kami dan santunan yang diberikan ini sangat berguna untuk anak-anak di panti Uswatun Hasanah,” ucap Febriyansah.

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

Berbagi Kebahagiaan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

03 Agustus 2022

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri menggelar lomba mewarnai dan lomba balap karung untuk siswa SD Eka Tjipta Pisifera, Kempas, Riau.

Peringatan Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital

Peringatan Hari Anak Nasional di Tzu Chi Hospital

26 Juli 2022

Tzu Chi Hospital memperingati Hari Anak Nasional dengan mengadakan seminar offline tentang parenting yang baik dan lomba fashion show untuk anak-anak.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -