Berbagi Melalui Donor Darah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Para relawan Tzu Chi Palembang membantu proses registrasi para peserta donor darah.

Relawan Tzu Chi Palembang di komunitas Xie Li Kemuning kembali bekerja sama dengan PMI Kota Palembang mengadakan donor darah, Minggu, 11 Desember 2022. Kali ini donor darah digelar di Kampus Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tentu saja, kegiatan ini bertujuan membantu ketersediaan stok darah PMI untuk pasien-pasien yang membutuhkan bantuan transfusi darah.

Para donor mulai berdatangan melakukan cek suhu tubuh, lalu menggunakan Hand Sanitizer, lanjut melakukan registrasi dan pengecekan tekanan darah (tensi). Tercatat ada 100 peserta yang mendaftar, namun yang lolos sebanyak 80 peserta.

Pada donor darah kali ini, sebanyak 80 peserta menyumbangkan darahnya untuk membantu orang yang membutuhkan.

Salah satu peserta yang ikut dalam mendonorkan darahnya adalah Haja Sumiati Sarnoko (57). Ia adalah istri dari Bambang Triharmono yang juga rutin mengikuti kegiatan donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang.

Alhamdulillah proses donor darahnya lancar. Menurut saya para relawannya sangat ramah dalam memeberikan layanan. Pesan saya ayo kita donor darah mumpung kita sehat, masih bisa berbagi, dan beribadah. Inilah kemampuan kita sebagai manusia untuk saling tolong–menolong,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Saatnya untuk Kembali Donor Darah

Saatnya untuk Kembali Donor Darah

25 Mei 2021

Menggalang Donor Darah New Normal sesuai protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan sabun, menyemprotkan disinfektan ke seluruh tempat ruangan dan peralatan yang dipakai bertempat di Ehipassiko School BSD, Tangsel.

Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

Menumbuhkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

16 April 2019

Pada 14 April 2019, Tzu Chi Medan mengadakan donor darah di Gedung PG-TK Sutomo I Yayasan Perg. Sutomo, Medan. Kegiatan yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Pirngadi Medan (UTD RSPM) ini berhasil mengumpulkan 192 kantong darah.

Sekantong Darah Sangatlah Berarti Demi Menyelamatkan Banyak Nyawa

Sekantong Darah Sangatlah Berarti Demi Menyelamatkan Banyak Nyawa

14 Maret 2023

Sejak pukul 8 pagi, kesibukan sudah terlihat di Ruang MCU RS Royal Progress Sunter. Sebanyak 10 relawan Tzu Chi komunitas Sunter bersama 6 tim medis dari RS. Cipto Mangunkusumo sedang menyiapkan keperluan donor darah.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -