Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Deddy, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan PMI di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati kembali mengadakan donor darah di Season City.

Bertempat di Season City lantai 1, Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) pada Minggu, 05 Februari 2023 kembali mengadakan donor darah. Kegiatan kali ini juga merupakan lanjutan donor darah bulan November 2022 lalu. Vera, Koordinator Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati yang hari ini bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengungkapkan.

Para peserta yang mendaftar donor darah mengisi formulir pendaftaran dibantu oleh relawan Tzu Chi.

Siti Nurlela untuk keempat kalinya mendonorkan darahnya. Ia merasakan bahwa donor darah hal yang positif untuk dikerjakan.

"Akhir-akhir ini memang banyak permintaan darah, biasa keluarga pasien yang di RSUP Fatmawati juga kita minta menjadi pendonor. Hari ini kami membawa 125 kantong darah, semoga terisi semua ya," ujar Vera. Dalam kesempatan ini, Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati juga hadir dengan 9 orang anggotanya dan dibantu oleh 39 relawan Tzu Chi.

Sekitar pukul 11.00 WIB para pendonor mulai berdatangan dan disambut para relawan. "Apapun kegiatan yang positif saya ikuti sembari mengisi waktu, dan donor darah ini juga merupakan kegiatan positif yang bisa membantu sesama," kata Siti Nurlela (53) yang sudah 4 kali mendonorkan darahnya.

Pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya diberikan makanan dan minuman untuk mengembalikan staminanya.

"Mampu bersumbangsih adalah suatu keberkahan" Kata Perenungan Master Cheng Yen ini juga yang mendorong Koordinator Donor Darah, Haryogi juga ikut berpartisipasi dengan mendonorkan darahnya dalam kegiatan kali ini.

"Saya sangat meyakini setiap perbuatan baik yang sekecil apapun ini akan membawa berkah. Apalagi pada kegiatan donor darah ini begitu ramai yang hadir untuk bersumbangsih. Permintaan darah yang selalu ada jugalah yang mendorong pelaksaan donor darah terus kita laksanakan," jelas Haryogi. Sekitar pukul 13.30 WIB, kegiatan donor darah selesai. Dari 74 pendaftar, sebayak 61 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berdana Lewat Berbagai Cara

Berdana Lewat Berbagai Cara

15 Februari 2023

Ketika ancaman pandemi Covid-19 mulai mereda, beragam kegiatan kembali dilakukan relawan Tzu Chi. Salah satunya donor darah di Mall Pluit Village yang diadakan relawan dari komunitas He Qi Utara 2.

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019

Relawan He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 16 Maret 2019. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019
Tzu Chi Sinar Mas kembali mengajak para karyawan sekitar gedung perkantoran MSIG Tower di Jakarta Selatan untuk berbuat kebaikan melalui donor darah dan Penuangan Celengan Bambu, 12 Maret 2019. 
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -