Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Deddy, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan PMI di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati kembali mengadakan donor darah di Season City.

Bertempat di Season City lantai 1, Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) pada Minggu, 05 Februari 2023 kembali mengadakan donor darah. Kegiatan kali ini juga merupakan lanjutan donor darah bulan November 2022 lalu. Vera, Koordinator Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati yang hari ini bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengungkapkan.

Para peserta yang mendaftar donor darah mengisi formulir pendaftaran dibantu oleh relawan Tzu Chi.

Siti Nurlela untuk keempat kalinya mendonorkan darahnya. Ia merasakan bahwa donor darah hal yang positif untuk dikerjakan.

"Akhir-akhir ini memang banyak permintaan darah, biasa keluarga pasien yang di RSUP Fatmawati juga kita minta menjadi pendonor. Hari ini kami membawa 125 kantong darah, semoga terisi semua ya," ujar Vera. Dalam kesempatan ini, Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati juga hadir dengan 9 orang anggotanya dan dibantu oleh 39 relawan Tzu Chi.

Sekitar pukul 11.00 WIB para pendonor mulai berdatangan dan disambut para relawan. "Apapun kegiatan yang positif saya ikuti sembari mengisi waktu, dan donor darah ini juga merupakan kegiatan positif yang bisa membantu sesama," kata Siti Nurlela (53) yang sudah 4 kali mendonorkan darahnya.

Pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya diberikan makanan dan minuman untuk mengembalikan staminanya.

"Mampu bersumbangsih adalah suatu keberkahan" Kata Perenungan Master Cheng Yen ini juga yang mendorong Koordinator Donor Darah, Haryogi juga ikut berpartisipasi dengan mendonorkan darahnya dalam kegiatan kali ini.

"Saya sangat meyakini setiap perbuatan baik yang sekecil apapun ini akan membawa berkah. Apalagi pada kegiatan donor darah ini begitu ramai yang hadir untuk bersumbangsih. Permintaan darah yang selalu ada jugalah yang mendorong pelaksaan donor darah terus kita laksanakan," jelas Haryogi. Sekitar pukul 13.30 WIB, kegiatan donor darah selesai. Dari 74 pendaftar, sebayak 61 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

15 Agustus 2019

Akhir pekan kemarin, Sabtu 10 Agustus 2019, Tzu Chi Lampung mengadakan donor darah. Terdapat 33 donor yang berhasil mendonorkan darahnya.

Donor Darah untuk Kemanusiaan

Donor Darah untuk Kemanusiaan

13 Maret 2023

Dengan semangat gotong royong, para relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning kembali menggelar donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 12 Maret 2023. Donor darah kali ini digelar di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech.

Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

25 Mei 2018

Pada Minggu, 20 Mei 2018, Tzu Chi Pekanbaru kembali menggelar kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pekanbaru. Kegiatan ini pun berhasil mengumpulkan 87 kantong darah.


Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -