Berbagi Sukacita di Pemberkahan Akhir Tahun 2023

Jurnalis : Veronika (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Joni W (Tzu Chi Singkawang)

Penampilan isyarat tangan Tujuh Faktor Pencerahan oleh relawan Tzu Chi Singkawang.

Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di Tzu Chi Singkawang berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 di ballroom Swiss-BelInn Singkawang. Pemberkahan akhir tahun menjadi salah satu kesempatan relawan memperdalam jalinan jodoh dengan para donatur dan masyarakat yang telah mengulurkan tangan dalam mendukung kegiatan kemanusiaan Tzu Chi Singkawang. Pemberkahan berlangsung sangat meriah dan diikuti oleh 448 tamu undangan beserta para relawan.

Kemeriahan Pemberkahan Akhir Tahun 2023 dengan nuansa menyambut tahun baru Imlek ini makin terasa dengan adanya penampilan tarian Barongsai. Tarian Barongsai yang tidak pernah absen dari acara pemberkahan Tzu Chi Sngkawang ini dibawakan oleh para murid Sekolah Asoka Singkawang.

Siswa-siswi Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang membawakan penampilan isyarat tangan Rang Ai Chuan Qu Chi.

Penampilan isyarat tangan Wo Ai Tzu Chi Da Jia Ting oleh relawan Tzu Chi Singkawang.

Video kilas balik seluruh kegiatan dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang yang sudah genap berusia satu tahun pun diputar. Tidak lupa murid-murid Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang juga menampilkan kebolehan mereka dengan membawakan isyarat tangan yang berjudul Rang Ai Chuan Qu Chi. Murid-murid ini tampil penuh percaya diri memukau para penonton dengan kekompakan dan keindahan penampilan mereka.

Kumpulan dokumentasi kegiatan relawan Tzu Chi Singkawang dan TIMA Singkawang ikut disuguhkan. Ini merupakan ungkapan rasa gan en atas bantuan dari para donatur dan uluran tangan para relawan sehingga kegiatan kemanusiaan yang dijalankan berjalan lancar selama tahun 2023.

Sebelum masuk ke sesi ”Kisah Inspiratif penerima bantuan Tzu Chi” para relawan Tzu Chi Singkawang menampilkan isyarat tangan Tujuh Faktor Pencerahan yang termasuk dalam 37 faktor pencerahan. Ajaran dasar agama Buddha yang mengingatkan setiap insan Tzu Chi untuk tidak hanya berbuat kebajikan saja namun harus melatih diri untuk menumbuhkan jiwa kebijaksanaan.

Ha Jit Chiong saat menyampaikan pesan cinta kasih.

Seluruh tamu undangan dan relawan secara khusyuk berdoa bersama.

Mengangkat kisah inspiratif penerima bantuan pengobatan dari Tzu Chi Singkawang, para pasien diundang ke atas panggung untuk berbagi kisah perjuangan mereka. Ada Bornetto, pasien tumor maxilla sinista (tumor rahang) yang sempat menjalankan pengobatan selama 11 bulan di Jakarta. Ada Aliesha pasien implan koklea yang sekarang sudah dapat merespon dengan sangat baik terhadap suara dan mulai berkomunikasi dengan orang lain. Serta Rayyan, pasien penderita tumor otak yang sudah menjalani prosedur pengangkatan tumor di Jakarta dan prosedur radiasi sebanyak 33 kali selama tahun 2023.

Para relawan yang hadir diatas panggung mendampingi para pasien penerima bantuan; Tjew Kim Lan, Ng Fui Mi, dan Lim Sui Khim berharap para pasien semakin sehat. “Semoga jalinan jodoh ini tidak terputus hanya kepada mereka saja. Semoga mereka dapat meneruskan jodoh baik ini sehingga lebih banyak lagi uluran tangan untuk membantu mereka yang membutuhkan.”

Sebagai sebuah keluarga besar Tzu Chi, para relawan membawakan isyarat tangan dengan judul Wo Ai Tzu Chi Da Jia Ting´- Kami mencintai keluarga besar Tzu Chi. Lioe Sio Khian sebagai salah satu koordinator isyarat tangan pada Peemberkahan Akhir Tahun 2023 ini merasa sangat senang dapat membantu kelancaran acara ini.

“Saya senang sekali karena isyarat tangannya sangat kompak walau tantangannya pasti ada. Terutama ketika kebanyakan relawan yang mengikuti isyarat tangan tidak dapat hadir di setiap sesi latihan. Kami sudah latihan sejak jauh hari agar semua relawan bisa kompak melakukan isyarat tangan dengan baik.” Tuturnya.

Para relawan dan tamu undangan mendapatkan angpao berkah.

Penampilan tarian barongsai dari para siswa sekolah Asoka Singkawang membuat suasana makin meriah.

Wakil Ketua Tzu Chi Singkawang, Ha Jit Chiong menghaturkan terima kasih kepada seluruh donatur juga para relawan Tzu Chi Singkawang atas dukungan dan kepercayaannya. “Semoga semakin banyak hati insan yang tergerak untuk membantu sesama, semoga relawan Tzu Chi selalu bersatu hati dan bergotong royong dalam menjalankan visi-misi Tzu Chi.”

Sebelum menyudahi Pemberkahan Akhir Tahun 2023, tidak lupa seluruh tamu dan relawan diajak untuk berdoa bersama untuk kedamaian, kesejahteraan, dan dunia yang bebas dari segala bencana. Pemberkahan kemudian ditutup dengan pembagian Angpau berkah dari Master Cheng Yen dan suvenir kepada seluruh tamu yang hadir. Angpau berkah ini menjadi salah satu ungkapan rasa syukur Master Cheng Yen atas dukungan semua orang yang ikut menjalankan misi Tzu Chi dengan harapan benih-benih baik dapat tumbuh dan tersebar menjadi tidak terhingga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

PAT 2023: Sukacita Bersumbangsih di Lahan Berkah Tzu Chi

PAT 2023: Sukacita Bersumbangsih di Lahan Berkah Tzu Chi

23 Januari 2024

Dalam acara Pemberkahan Akhir Tahun terdapat beberapa sharing inspiratif dari relawan amal, relawan pemerhati rumah sakit, dan relawan pendidikan. Selain itu juga terdapat 5 relawan komite yang dilantik.

PAT 2023: Doa Bersama Pemberkahan Awal Tahun 2023 Bersama para donator dan Penerima Bantuan Tzu Chi.

PAT 2023: Doa Bersama Pemberkahan Awal Tahun 2023 Bersama para donator dan Penerima Bantuan Tzu Chi.

16 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi kantor cabang Medan mengadakan Pemberkahan Awal Tahun 2023 bersama para donator dan masyarakat umum. 

PAT 2023: Bersyukur atas Masa Lalu, Menaruh Harapan di Masa Depan

PAT 2023: Bersyukur atas Masa Lalu, Menaruh Harapan di Masa Depan

02 Februari 2024

Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun berlangsung meriah, dihadiri oleh 100 relawan dan 370 tamu undangan.

Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -