Pemberkahan Akhir Tahun di Manokwari, Papua Barat

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak) , Fotografer : Marcopolo AT, Hyronimus YND Gobel (Tzu Chi Biak)

Isyarat tangan Satu Keluarga yang ditampilkan para relawan Tzu Chi Manokwari menghadirkan suasana akrab bagi para relawan dan tamu yang memenuhi Ruang Kaimana Swissbell Hotel Manokwari, Sabtu 20 Januari 2024.

Mengawali kegiatan di tahun 2024, insan Tzu Chi Manokwari melaksanakan Pemberkahan Akhir Tahun 2023. Setelah mulai terbentuk kepengurusan di bulan April 2023, para relawan pun telah memulai kegiatan di Misi Amal, Misi Kesehatan, dan Misi Pelestarian Lingkungan.

Pada bulan April 2023 beberapa relawan dan donatur mulai berkomitmen untuk memikul tanggung jawab lebih dengan membentuk kepengurusan Tzu Chi manokwari. Sebelumnya relawan Tzu Chi di Manokwari jikalau mengadakan kegiatan selalu berkoordinasi dengan Tzu Chi biak. Jarak antara Manokwari dan Biak cukup jauh dan hanya bisa dijangkau menggunakan pesawat udara ataupun kapal laut.

Penuangan celengan bambu memberikan kebahagiaan tersendiri.

Sambutan cinta kasih dari drg. Yuni Yanan, Ketua Tzu Chi Manokwari.

Jarak yang jauh ini membatasi pergerakan para insan Tzu Chi. Relawan dari Biak tidak bisa setiap saat mendampingi dan melakukan kegiatan bersama relawan di Manokwari. Selain itu kegiatan relawan di Manokwari mulai meningkat. Atas dasar dua faktor tersebut akhirnya relawan di Manokwari sepakat bersama-sama untuk mulai membuka kantor penghubung yang baru.

Ketua Tzu Chi Manokwari yang juga adalah anggota TIMA Indonesia drg. Yuni Yanan dalam sambutannya berterima kasih atas dukungan relawan dan donatur sehingga beberapa kegiatan berhasil dilaksanakan. “Ke depan di tahun 2024 ini marilah kita bersama-sama bersumbangsih kepada masyarakat Manokwari lebih banyak lagi”. Ujarnya.

Chandra Ferdian memberikan sambutan cinta kasih mewakili Ketua Hu Ai Papua, Susanto Pirono. “Bersumbangsih adalah suatu keharusan, bersumbangsih bukan memohon berkah, dengan tanpa meminta balasan kita akan mendapat balasan. Terima kasih kepada Shixiong dan Shijie di Manokwari yang telah mulai memikul tanggung jawab menggarap ladang berkah ini.” Tutur Chandra.

Samaun Dahlan mendapatkan inspirasi dari betapa tulus dan ikhlasnya relawan Tzu Chi dalam berbagi kasih.

Para relawan dan tamu undangan menerima Angpao berkah dari Master Cheng Yen.

Pemberkahan akhir tahun ini dipandu oleh Supriadi Marthaen, seorang relawan yang pernah mengikuti kegiatan di Tzu Chi Biak. Sementara itu, Samaun Dahlan, relawan Tzu Chi yang sebelumnya tinggal di Biak turut berbagi kisahnya. “Dalam mengikuti kegiatan di Biak saya melihat betapa tulus dan ikhlasnya relawan Tzu Chi dalam berbagi kasih. Dalam Baksos Baksos besar di RSUD Biak ataupun bantuan banjir bandang Wasior relawan Tzu Chi dengan sigap turun tangan melayani masyarakat. Hal ini memotivasi saya untuk juga bersumbangsih bagi sesama di kota yang saya tinggali sekarang.  Dengan adanya Tzu Chi Manokwari saya akan bergabung dan melanjutkan apa yang pernah saya jalani, bersumbangsih bagi masyarakat,” tekadnya.

Pemberkahan pada Sabtu 20 Januari 2024 ini pun diakhiri dengan pembagian angpau dari Master Cheng Yen kepada relawan dan donatur yang tidak disangka-sangka memenuhi ruangan Kaimana ini. Pemberkahan yang digelar pada pukul 19.00 WIT ini dilaksnakan di Ruang Kaimana Swissbell Hotel Manokwari Papua Barat.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

PAT 2023: Mengenang Kembali Perjuangan Master Cheng Yen Mendirikan Tzu Chi

PAT 2023: Mengenang Kembali Perjuangan Master Cheng Yen Mendirikan Tzu Chi

02 Februari 2024

Terinspirasi dari pertunjukan persamuhan Dharma Sutra Makna Tanpa Batas tentang sejarah perjalanan Tzu Chi selama 58 tahun di Taiwan tahun lalu, Pemberkahan Akhir Tahun 2023 Tzu Chi Batam kali ini dirancang dengan konsep yang berbeda.

PAT 2023: Berbuat Baik di Tahun Baru

PAT 2023: Berbuat Baik di Tahun Baru

07 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Palembang dengan semangat dan sukacita mengadakan acara Pemberkahan Awal Tahun (PAT) 2023 bertempat di Hotel Excelton Palembang pada 27 Januari 2023.

Menyatukan Hati dan Tekad dalam Persamuhan Sutra Makna Tanpa Batas

Menyatukan Hati dan Tekad dalam Persamuhan Sutra Makna Tanpa Batas

25 Januari 2024

Pada Pemberkahan Akhir Tahun 2023, insan Tzu Chi Pekanbaru bersama-sama menyatukan kembali tekad untuk terus mendalami ajaran Buddha dan menelusuri jalan Tzu Chi lewat Persamuhan Dharma Sutra Makna Tanpa Batas.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -