Berbelanja Sambil Beramal

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Susi Christine, Sandhora Inda Dewi (He Qi Pusat)

Kemeriahan Bazaar Amal Pangjay, peserta maupun relawan terlihat bersukacita walaupun udara panas menyengat.

“Mari ibu, bapak, bajunya murah meriah, untuk anak cucu dan keluarga, mari… mari…bersiap menyambut Ramadhan, boleh dibeli sekalian donasi bersama.” Lantang suara relawan menyambut antusias pengunjung yang hadir.

Bertempat di Depo Pelestarian Lingkungan, Pangeran Jayakarta No 131, para relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Pusat mengadakan bazaar murah meriah bertema Bazaar Amal Pangjay. Bazar ini berlangsung selama lima hari mulai dari 1 April 2023, lanjut tanggal 2, 7, 8, dan akan berakhir pada 9 April 2023 mendatang.

Bazar ini menjual pakaian layak pakai, perabot rumah tangga, tas, mainan anak dan masih banyak lainnya. Fong Tjie Tju, koordinator bazar mengatakan tujuan diadakannya bazaar ini bukan berjualan semata tetapi untuk menggalang cinta kasih mengajak para pengunjung menjadi dermawan untuk bisa berdonasi untuk kegiatan amal.

“Para pengunjung yang berbelanja kami berikan kupon juga untuk ditukarkan dengan takjil," kata Fong Tjie Tju.

“Mari Bu.. ini bagus untuk anaknya,” ujar Hanny Pangestu sambil menawarkan baju kepada seorang ibu yang membawa anaknya.

Erna (hijab biru) dibantu Wati, relawan Tzu Chi, memilih barang yang hendak dibeli untuk keluarganya.

Erna (45) datang ke bazar bersama anak dan cucunya. Pengajar PAUD ini mengetahui adanya bazar dari PKK kelurahan setempat. “Saya tinggal di RW 05, sudah lama mendengar jejak amal yayasan Buddha Tzu Chi, banyak membantu sesame. Bazar seperti ini menyenangkan, banyak membantu warga sekitar apalagi ini di bulan Ramadan,” ujarnya sembari membeli pakaian.

Di hari pertama, bazar dihadiri sekitar 100 pengunjung. Bazaar Amal Pangjay dilanjutkan kembali esok harinya Minggu 2 April 2023. Karena informasi tentang adanya bazar ini sudah menyebar, jumlah pengunjung pun lebih banyak yakni sekitar 150 pengunjung.

“Saya mengetahui bazaar di sini dari tetangga, saya tinggal di daerah Kebon Kelapa, murah meriah, bagus juga barang – barangnya. Saya senang, terbantu, beli ranjang anak untuk cucu usia 6 bulan dan tas,” ujar Titin (51).

Titin warga Kebon Kelapa membeli tas dan yang lainnya untuk keluarganya.

Stan perabot dan pernak-pernik juga laris manis dikunjungi warga terutama ibu–ibu.

Melalui Bazaar Amal Pangjay ini para relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Pusat bersatu hati menambah jalinan jodoh baik dengan warga sekitar terutama yang tengah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1444 H.

"Melihat antusias peserta yang hadir memberikan kebahagiaan bagi kami karena bisa berbagi, melayani saudara-saudara kita dan sangat bermanfaat membantu mereka yang kekurangan. Jadi sama-sama berbahagia," ujar Suryani, relawan Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membeli, Berbagi, dan Turut Menyelamatkan Bumi

Membeli, Berbagi, dan Turut Menyelamatkan Bumi

11 Desember 2019

Bazar barang-barang yang masih layak pakai digelar di Lapangan Parkir Fresh Market, Green Lake City, Tangerang, Banten (8/12/2019). Tujuan bazar mengajak masyarakat untuk menerapkan Prinsip 5 R (Re-think, Reduce, Repair, Reuse, dan Recycle. Hasil penjualan akan digunakan untuk mendukung pembangunan Tzu Chi Hospital.

Bazar Nyonya Bacang Vegetarian

Bazar Nyonya Bacang Vegetarian

06 Juni 2022

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan Bazar Nyonya Bacang Vegetarian. Keuntungan dari acara ini akan digunakan untuk pembangunan kantor Tzu Chi Karimun nantinya.

Belanja Sekaligus Berdonasi di Bazar Amal

Belanja Sekaligus Berdonasi di Bazar Amal

21 Juli 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 kembali menyelenggarakan kegiatan bazar amal yang berlangsung di kawasan Fresh Market Green Lake City, Jakarta Barat.

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -