Berdana Lewat Setetes Darah

Jurnalis : Hilda Rafika, Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung) , Fotografer : Hilda Rafika (Tzu Chi Lampung)

Donor darah pada Sabtu 20 April 2024 ini digelar di Kantor Tzu Chi Lampung. Dari 95 orang mendaftarkan diri, terdapat 80 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

Berdana tak hanya dapat dilakukan oleh orang berada, juga tak melulu berbentuk materi. Melakukan donor darah merupakan bentuk berdana yang sangat bermafaat bagi umat manusia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa donor darah tidak hanya bermafaat bagi penerima, namun juga bagi tubuh donor.

Tzu Chi Lampung rutin menggelar donor darah. Setiap tahunnya, Tzu Chi Lampung menggelar sekitar 3-4 kali. Pada Sabtu, 20 April 2024, Tzu Chi Lampung kembali bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dari Kota Madya Bandar Lampung untuk mengadakan donor darah. Dari relawan, ada 26 orang yang berpartisipasi mendukung lancarnya donor darah. Sementara dari tim PMI ada delapan orang.

Donor darah dimulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sebelum donor, peserta harus melalui 3 tahap yakni mengisi formulir dan mendaftarkan diri, tensi darah dan kemudian cek golongan darah dan Hemoglobin untuk bisa diketahui dapat mendonor atau tidak.

Calon donor saat cek golongan darah bagi pemula khususnya, kemudian pemeriksaan kadar Hemoglobin darah.

Widi Astuti dan Mega Julianti, asal Kota Sepang menuturkan motivasi mereka untuk donor darah. “Kami berdua sudah sejak menjadi mahasiswa sampai saat ini sudah sering melakukan donor darah, dan kami merasa kalau sudah waktunya, dan belum donor itu badan terasa pegal-pegal. Setelah donor, badan sudah tidak merasakan pegal-pegal lagi dan badan merasa ringan dan segar,” cerita Widi. “Selain manfaat untuk diri sendiri, berdonor tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Artinya, badan kita sehat dan juga bisa menolong orang lain dengan sekantong darah kami,” sambung Mega.

Ibu Nurtaijah, asal Kacapiring Kepang, mengungkapkan rasa syukurnya karena masih bisa berdonor. “Ini pertama kali saya donor, dan di umur saya yang sudah 41 ternyata masih bisa donor.Perasaan takut dan deg-degan sih tadi pas ditensi darah saya sempat tinggi dan tensi kembali bisa stabil dan akhirnya bisa donor juga, saya ke sini datang bersama suami saya dan suami sudah dua belas kali donor darah. Ternyata seperti ini orang yang melakukan donor darah,” imbuhnya dengan bahagia.

Widi Astuti, asal Kota Sepang turut mendonorkan darah.

Beberapa relawan Tzu Chi juga turut mendonorkan darahnya. Salah satunya Azelia yang antusias mengikuti kegiatan Tzu Chi. “Ini pertama kali saya donor, awalnya saya takut donor, karena ada dukungan dan semangat dari relawan yang lain saya memberanikan diri untuk ikut donor. Senang akhirnya saya berani dan bisa membantu orang lain yang membutuhkan dengan setetes darah saya. Saat saya donor saya ditemani Duta Donor Darah Daerah Lampung bapak Hardyanto Luke dan saya mendapatkan baju dari beliau,” ujarnya.

Dari 95 orang yang mendaftar, terdapat 80 orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Semoga dengan setetes darah yang diberikan, senantiasa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, dan cinta kasih senantiasa selalu berkembang dalam hati semua makhluk. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Tubuh ini bukanlah hak milik kita, tetapi cuma hak pakai, cinta kasih tidak akan habis bila dibagikan kepada orang lain.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Setetes Darah untuk Sejuta Harapan

Setetes Darah untuk Sejuta Harapan

31 Mei 2023

Mendukung ketersediaan stok darah di PMI, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas yang ada di Xie Li Downstream Marunda menggelar donor darah pada (17/5/2023). 

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

22 Desember 2022

Tzu Chi Makasar bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar pada 17 Desember 2022. 

Donor Darah, Ladang Berkah Untuk Turut Bersumbangsih

Donor Darah, Ladang Berkah Untuk Turut Bersumbangsih

19 Oktober 2021

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Batam, Tzu Chi Batam kembali mengadakan donor darah pada Minggu, 17 Oktober 2021. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Prokes yang ketat.

Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -