Berdonasi ke Tzu Chi Kini Bisa Langsung Lewat OCTO Mobile CIMB Niaga

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Metta Wulandari, Syah Farhan Ramadhan (CIMB Niaga)

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh dan Kepala Sekertariat Yayasan Buddha Tzu Chi dan General Director of Tzu Chi Hospital Suriadi menandatangani MoU untuk penerimaan pembayaran donasi/charity melalui mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks CIMB Niaga.

PT. Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk penerimaan pembayaran donasi/charity melalui mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks. Peresmian kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh dan Kepala Sekertariat Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan General Director of Tzu Chi Hospital Suriadi di Jakarta, Kamis (18/4/2024) di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara.

Mewakili CIMB Niaga, Lusiana Saleh menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah memilih CIMB Niaga sebagai bank mitra penghimpunan donasi. Sebagai mitra, CIMB Niaga akan memaksimalkan jaringan yang dimiliki, mengedukasi serta mengajak partisipasi nasabah dan masyarakat dalam memberikan bantuan donasi melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Niat tulus dari Lusiana ini sebenarnya berawal dari sebuah rasa penasaran dan keingintahuannya ketika melihat sebuah gedung megah di PIK, saat ia melintas. Ia pun akhirnya mencari tahu lebih banyak tentang Yayasan Buddha Tzu Chi dan menemukan bahwa ada visi misi yang menurutnya sangat baik yang terkandung dalam aksi sosial kemanusiaan dari Tzu Chi.

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh berbagi kisah tentang rasa penasarannya akan Tzu Chi hingga terlahirnya ide untuk bisa berdonasi langsung melalui CIMB Niaga.

“Jujur saya sangat kagum dengan visi misi, kok ada yang masih seperti ini ada di sini? Lalu hari ini hadir langsung mendengar melihat sendiri. Betul-betul sejalan dengan kami. Jadi semua kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan social responsibility, semua dicover. Secara fundamental kami sejalan.”

Dari rasa penasaran pula, Lusi mencari tahu tentang Tzu Chi yang banyak membantu orang membutuhkan dan ingin turut berdonasi namun belum tahu harus kemana. “(Info) itu yang belum saya punya. Maka saya ingin memfasilitasi melalui CIMB Niaga karena saya pikir, ‘kalau ada orang yang clueless seperti saya, bisa jadi di luar sana, nasabah-nasabah kami ada juga yang seperti itu’. Nah kini dengan adanya donasi di OCTO Mobile dan OCTO Cliks, harusnya lebih mudah bagi mereka untuk berdonasi ke Tzu Chi langsung,” jelas Lusiana.

Lusiana juga menjelaskan, sebagai bank dengan layanan digital banking yang lengkap, CIMB Niaga terus memperluas kerja sama dengan berbagai komunitas secara terbuka (inklusif), termasuk dengan komunitas atau lembaga seperti Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Sebelumnya, layanan CIMB Niaga telah menyasar berbagai lembaga filantropi di antaranya lembaga-lembaga amil zakat, infak, dan sedekah (LAZ).

Langkah Mudah Berdonasi Melalui OCTO Mobile
Bagi nasabah dan masyarakat yang ingin memanfaatkan kemudahan berdonasi melalui OCTO Mobile dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login ke OCTO Mobile dan pilih menu Pembayaran Tagihan. Kedua, pilih Zakat dan Kebajikan, lalu klik Donasi dan pilih Yayasan Buddha Tzu Chi. Ketiga, lengkapi detail termasuk nama (optional) dan nominal donasi. Terakhir, selesaikan dengan konfirmasi PIN OCTO Mobile.

Terhitung sejak Kamis, 18 April 2024, mobile banking CIMB Niaga sudah mempunyai menu dan fasilitas baru, yakni untuk berdonasi langsung ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Adapun bagi pengguna OCTO Clicks, setelah login dapat memilih menu Donasi dan Zakat, kemudian lengkapi detail transaksi dengan memilih nama Yayasan Buddha Tzu Chi, nominal donasi, alamat email, pilih pembayaran, selesaikan dengan OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor terdaftar atau autentikasi transaksi lewat OCTO Mobile, dan transaksi sukses.

Menariknya, untuk pembayaran donasi tersebut, nasabah bisa menggunakan beragam sumber dana seperti Rekening Tabungan, OCTO Pay (e-money), atau Poin Xtra. Selain itu, waktu pembayaran donasi juga dapat diatur sesuai keinginan nasabah, baik sekarang, sesuai tanggal, maupun berulang (terjadwal). Dengan waktu transaksi yang dapat ditentukan, OCTO Mobile dan OCTO Clicks bisa membantu nasabah untuk melakukan donasi secara rutin dan otomatis.

Berbuat Baik Semakin Mudah
Pada kesempatan yang sama, Suriadi menyambut baik dukungan CIMB Niaga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Menurutnya CIMB Niaga juga merupakan pendobrak dimana mau dengan langsung mengajak nasabahnya untuk berpartisipasi dalam kebaikan dan berdonasi melalui mobile banking nya.

Kepala Sekertariat Yayasan Buddha Tzu Chi dan General Director of Tzu Chi Hospital Suriadi memberikan apresiasi kepada CIMB Niaga yang dengan tulus memberikan dukungan langsung kepada Tzu Chi.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan CIMB Niaga yang bekerja sama dengan Tzu Chi untuk mempermudah nasabah CIMB Niaga menyalurkan dana sosialnya melalui CIMB Niaga. Saya pikir ini adalah langkah yang baik sekali dimana masyarakat dipermudah untuk menyalurkan donasi,” ujar Suriadi.

Lebih lanjut Suriadi menyoroti bahwa digitalisasi dalam berbagai hal termasuk dalam metode pembayaran yang marak terjadi pascapandemi membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Namun hal itu sempat menjadi kendala untuk Tzu Chi yang biasa menggalang dana kecil amal besar melalui celengan bambu. Nah kini, Tzu Chi tentu tak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga kerja sama apik dengan CIMB Niaga ini memberikan angin segar dimana CIMB Niaga mau memfasilitasi siapapun nasabah yang ingin berdonasi dengan cara yang sangat mudah.

“Semoga nantinya bukan hanya CIMB Niaga, tentu dari perbankan lain bisa bersama-sama karena di jaman sekarang orang yang menggunakan transaksi mobile banking ini kan sudah seluruh masyarakat Indonesia. Kalau semua bank bisa punya kesadaran untuk mengajak nasabah-nasabah untuk berdonasi dan dipermudah caranya seperti CIMB pada hari ini, tentu kita yakin keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosial itu akan semakin tinggi, dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang dibantu,” tutur Suriadi.

Susan Lionardi (kedua dari kiri) dan beberapa relawan Tzu Chi komunitas He Qi PIK lainnya turut hadir dalam penandatanganan MoU ini. Mereka turut berbahagia karena dengan semakin banyak orang berdonasi, maka semakin banyak pula masyarakat bisa terbantu.

Susan Lionardi, relawan Tzu Chi komunitas He Qi PIK pun ikut menyambut senang dengan kerja sama yang dicanangkan oleh CIMB Niaga dan Tzu Chi ini. Baginya, ini betul-betul membuka pintu dan kesempatan lain untuk masyarakat dalam menyalurkan donasinya. Susan menuturkan bahwa sejauh ini, ia menggalang dana hanya kepada keluarga, saudara, dan paling jauh mungkin kenalan. Metode ini yang memang saat ini digunakan relawan dalam mengajak orang lain untuk bersumbangsih pada sesama yang masih sangat relevan. Selain untuk secara langsung mengajak berbuat baik, mereka juga menjalin jodoh dengan saling berkirim kabar.

“Dari donatur setiap bulan ada transfer ke saya dulu, kemudian saya baru transfer ke Yayasan. Setelah itu baru ada tanda terima donasinya,” kata Susan. “Nah kalau sekarang ada menu khusus di mbanking CIMB, orang yang nggak punya kenalan dengan keluarga relawan, bisa dengan mudah pencet-pencet trus donasi deh. Tentu saya ikut senang sekali karena semakin banyak donasi dan bisa bantu lebih banyak orang kan,” imbuh Susan.

Menyesuaikan dengan perkembangan digitalisasi pula, selain bersama CIMB Niaga, donasi untuk Tzu Chi saat ini juga bisa dilakukan melalui website Tzu Chi (www.tzuchi.or.id/donasi), scan QRIS yang bisa dilakukan melalui berbagai bank dan juga dompet digital seperti: Gopay, Ovo, Dana, Linkaja, juga Sakuku. Demikian pula celengan bambu yang juga sudah dilengkapi dengan QRIS. “Semua ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi dan berbuat kebajikan, berbagi pada sesama yang membutuhkan,” kata Suriadi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Tzu Chi Medan dan Palang Merah Indonesia Teken MoU Soal Donor Darah

Tzu Chi Medan dan Palang Merah Indonesia Teken MoU Soal Donor Darah

25 Oktober 2018

Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan menandatangani MoU dalam hal donor darah. Penandatanganan MoU diadakan pada 18 Oktober 2018, di mana Palang Merah Indonesia akan mendukung Yayasan Buddha Tzu Chi dengan menyediakan tim medis dan juga bersedia memberikan sosialisasi atau edukasi tentang donor darah ke masyarakat.

RSCK Gandeng PT. Nusantara Medica Cemerlang untuk Tingkatkan Tes PCR COVID 19

RSCK Gandeng PT. Nusantara Medica Cemerlang untuk Tingkatkan Tes PCR COVID 19

13 November 2020

Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng meningkatkan kapasitas pengujian Covid-19 dengan prinsip aman, mudah, dan cepat.

Tzu Chi Tj. Balai Karimun Menandatangani MoU Misi Kesehatan dengan Pangakalan TNI AL Tj. Balai Karimun

Tzu Chi Tj. Balai Karimun Menandatangani MoU Misi Kesehatan dengan Pangakalan TNI AL Tj. Balai Karimun

12 Juli 2022

Rabu, 06 Juli 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun menyerahkan alat kesehatan kepada Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -