Berdonor untuk Kesehatan

Jurnalis : Hidayat Sikumbang (DAAI TV Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)
Proses pengecekan kesehatan sebelum donor darah.

Tzu Chi Medan giat menjalankan Misi Kesehatan, salah satunya dengan menggelar donor darah di Depo Pelestarian Lingkungan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara, 6 November 2022. Tidak hanya masyarakat sekitar, insan Tzu Chi juga turut mendonorkan darahnya. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan menargetkan 100 kantong darah.

Donor darah secara rutin tidak hanya membantu ketersediaan pasokan darah, namun juga bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri. Mendonorkan darah secara rutin dan teratur, akan memperlancar sirkulasi peredaran darah serta mampu mencegah penyumbatan arteri sehingga mencegah serangan jantung.

Tjokro, relawan Tzu Chi berbincang dengan Dedy, peserta donor darah.

“Satu sisi lagi donor darah banyak membantu orang. Karena Master Cheng Yen bilang setetes darah kita bisa membantu banyak orang,” tutur Tjokro Suminto, relawan Tzu Chi yang bertugas.

Sebelum donor, para peserta diharuskan mendaftar ulang dan dicek terlebih dahulu kesiapannya dengan metode screening. Ada beberapa persyaratan seperti suhu tubuh normal, bobot berat badan tidak boleh kurang dari 45 kg, berusia cukup matang untuk donor darah, denyut nadi teratur, serta telah terlebih dahulu sarapan sebelum mendonor.

Salah seorang peserta yang juga masyarakat Tanjung Morawa, Dedy Alfitrah Srg menyebut, donor darah merupakan kegiatan yang selalu ia tunggu-tunggu. Baginya, setiap tetes darah yang ia donorkan semoga bermanfaat dan dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan.

“Barusan dibilang kalau cukup cepat aku donornya. Karena kata nakesnya tadi, vena aku cukup besar sehingga darah yang keluar cukup deras. Jadi prosesnya pun cepat. Dan juga, donor darah itu penting karena menyangkut kesehatan kita dan orang lain kan. Jadi kita bisa terhindar dari penyakit,” jelas Dedy.

Donor darah secara teratur dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah serta mampu mencegah penyumbatan arteri sehingga mencegah serangan jantung.

Dengan mendonorkan darah, kita dapat menebarkan benih-benih cinta kasih, melalui setetes darah yang kita bagikan. Semoga pasokan darah dapat tercukupi, melalui realisasi kegiatan donor darah, yang terus rutin dilaksanakan oleh insan Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

 Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

03 September 2019

Donor darah ini rutin dilakukan di Depo Pelestarian Lingkungan Titi Kuning, Medan. Dalam kegiatan kali ini, Minggu, 25 Agustus 2019, sebanyak 72 kantong darah terkumpul dari para donor.

Berbagi Kebahagiaan dengan Donor Darah

Berbagi Kebahagiaan dengan Donor Darah

14 Februari 2023

Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar kegiatan donor darah perdana tahun 2023 di Sinar Mas Land Plaza pada Rabu, 8 Februari 2023. Dalam kesempatan ini berhasil dikumpulkan 292 kantong darah.

Sukacita Donor Darah Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Sukacita Donor Darah Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

29 November 2023

Relawan Tzu Chi di Kota Dumai, Riau mengadakan Donor Darah di Citimall Dumai, (12/11/2023). Donor darah ini dilaksanakan rutin setahun tiga kali dan untuk tahun 2023 ini total sudah terkumpul sebanyak 167 kantong.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -